Mengetahui Beberapa Penyebab Mengantuk Saat Mengemudi Perlu Diwaspadai

30/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengantuk ketika berkendara dapat mengakibatkan fokus yang hilang. Lebih parahnya lagi, bisa mengakibatkan kecelakaan fatal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebelum hal itu terjadi, penting untuk menghindari dan mengetahui penyebab mengantuk saat mengemudi.

Dikutip dari situs Nissan, kondisi tersebut sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Korlantas Mabes Polri, yang mengatakan bahwa bahwa sekitar 65,67% kecelakaan lalu lintas ditengarai oleh kesalahan manusia (human error). Perlu diingat salah satu masalah ketika berkendara yaitu mengabaikan kondisi fisik pengemudi. Gejala kondisi yang kurang baik umumnya dua, yaitu kelelahan dan mengantuk. Kedua faktor ini disebut dapat menjadi penyebab sebagian besar kecelakaan yang ada di lalu lintas.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mengantuk di dalam mobil

Mengantuk saat mengemudi bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain

>>> Baca Juga, Jangan Konsumsi Saat Mengemudi, Berikut Makanan Yang Dapat Membuat Ngantuk

Penyebab Mengantuk Saat Mengemudi

1. Gangguan Tidur

Saat orang memiliki ritme tidur yang kurang teratur dan pola yang berantakan maka hal ini bisa disebut sebagai gangguan tidur. Hal itu membuat kamu jadi lebih mudah lelah dan mengantuk.

Kalau sedang dalam perjalanan jauh, pastikan memiliki pengemudi cadangan. Namun alangkah lebih baik saat mengidap gangguan tidur untuk tidak sama sekali mengemudi mobil.

2. Kondisi Tubuh Yang Tidak Sehat

Penyebab Mengantuk Saat Mengemudi selanjutnya adalah kondisi tubuh yang kurang sehat. Kondisi yang seperti ini ancamannya tidak main-main karena berbagai kemungkinan bisa kamu alami, seperti kepala pusing bahkan pingsan. Keadaan akan semakin diperparah apabila mengkonsumsi obat yang membuat rasa kantuk semakin menguasai tubuh. Selalu waspada dan mendiagnosis diri secara mandiri sebelum mengemudi mobil.

3. Pengaruh Minuman Beralkohol

Hal-hal yang menyebabkan rasa kantuk selanjutnya yaitu adanya pengaruh minuman keras beralkohol. Meski gejala yang diberikan kepada setiap orang berbeda-beda namun minuman keras umumnya membuat seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk. Janganlah mengemudi jika kamu masih dipengaruhi oleh minuman beralkohol.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan pengemudi mengemudi di jalan yang lurus

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa kantuk muncul saat mengemudi

>>> Baca Juga, Wow, Ini Dia Makanan Anti Ngantuk Bagi Pengendara Yang Perlu Dibawa!

4. Jalanan Yang Lurus Dan Panjang

Jalanan yang panjang dan lurus kerap kali diremehkan pengemudi apalagi ketika berada di jalan tol. Selain faktor meremehkan, jalanan yang panjang dan lurus juga membuat pengemudi jadi lebih mudah mengantuk. Hal tersebut yang menjadi alasan terjadinya kecelakaan di jalanan panjang atau jalan tol.

Di Indonesia sendiri tol Cipali merupakan salah satu tol yang rawan akan kecelakaan fatal. Lantas, dengan kondisi seperti ini alternatif yang bisa digunakan yaitu dengan memanggil teman sebagai kontrol dan menemani kamu selama dalam perjalanan.

Tips Meminimalisir Ngantuk Saat Mengemudi

Penyebab mengantuk saat mengemudi bisa disebabkan dari empat poin yang sudah dijelaskan di atas. Berikut ini tips dan cara meminimalisir rasa kantuk ketika mengemudi.

1. Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh jauh lebih segar. Namun, efek kafein dari kopi baru akan bekerja setelah 30 menit mengkonsumsinya. Sambil menunggu waktu, istirahatlah sejenak.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang makan makanan

Ada cara meminimalisir agar tidak ngantuk saat mengemudi

2. Makan Secukupnya

Kantuk umumnya datang ketika perut sedang kosong. Makanlah dengan porsi yang cukup agar kantuk tersebut hilang dan kamu mendapat sedikit energi dari makanan tersebut. Perlu diingat, makanan yang masuk ke perut tidaklah terlalu banyak. Pasalnya jika kamu kekenyangan akan membuat kamu semakin mengantuk.

3. Tidur Sejenak

Kita semua tau batas maksimal kerja diri masing-masing, oleh sebab itu jangan terlalu memaksakan diri untuk tetap menyetir karena banyak risiko yang mengintai. Cobalah mengalah dengan rasa kantuk tersebut, tubuh kamu mungkin memang butuh istirahat. Lakukanlah hingga 15-30 menit. Istirahat yang singkat ini setidaknya memulihkan sebagian tenaga yang kamu punya.

Itulah artikel penyebab mengantuk saat mengemudi. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita semua bertanggung jawab dan jadi pelopor utama keselamatan di jalan. Untuk itu, selalu pastikan kondisi tubuh sebelum memacu mobil di jalanan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani
    Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani Abdul Tips & trik mobil

    Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

  • Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti
    Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

  • Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya
    Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya Abdul Tips & trik mobil

    Merokok di dalam mobil sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan penumpang dan pengemudi. Selain itu biasanya asap rokok akan tertinggal di dalam mobil lebih lama. Alhasil semuanya menjadi tidak nyaman. Jika begitu menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil sangat diperlukan.

International