Mengetahui Beberapa Kelebihan Mesin Mobil 3 Silinder

29/03/2021 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa jenis mesin yang dipasangkan pada kendaraan. Di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak dengan mesin jenis ini. Nah pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan mesin mobil 3 silinder.

Terdapat kelebihan mesin mobil 3 silinder. Tidak dipungkiri, saat ini kebanyakan menggunakan mesin dengan 4 silinder untuk dipasangkan pada kendaraan. Meskipun begitu masih cukup banyak mobil dengan mesin 3 silinder yang ada di Indonesia. Untuk yang paling baru yaitu Renault Triber. Sementara beberapa mobil lain yang menggunakannya adalah Daihatsu Ceria, Suzuki Karimun Estilo 1.0 M/T, Peugeot 107, Nissan March A/T, Ford Fiesta dan Mitsubishi Mirage Exceed.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dengan 3 silinder

Mesin 3 silinder punya beberapa kelebihan

>>> Baca Juga, Lagi Tren, Ini Keistimewaan Mesin Turbo Pada Mobil

Kelebihan Mesin Mobil 3 Silinder

Nah berikut ini merupakan beberapa keunggulan mesin 3 silinder yang dipasangkan pada mobil:

1. Mempunyai Bobot Yang Ringan

Mesin 3 silinder mempunyai bentuk yang lebih kompak dibandingkan dengan 4 silinder. Hal tersebut karena silindernya yang terpaut 1 buah sehingga membuat produksinya membutuhkan biaya yang lebih murah. Oleh sebab itulah salah satu hal yang telah disebutkan tersebut membuat mobil dibekali mesin 3 silinder harganya lebih terjangkau.

2. Lebih Hemat Konsumsi Bahan Bakar

Selain mempunyai bentuk yang kompak, mesin 3 silinder biasanya mempunyai kubikasi sebesar 1.000 cc saja. Dengan begitu dibandingkan dengan mesin 4 silinder konsumsi bahan bakarnya tentu lebih hemat. Meskipun begitu, soal tenaga yang dimiliki tidak bisa dianggap remeh karena masih dapat untuk melintasi jalanan perkotaan dengan mudah dan nyaman.

>>> Baca Juga, Harap Diperhatikan, Merawat Mesin Turbo Juga Diperlukan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mesin 3 silinder untuk mobil

Mesin 3 silinder memiliki bobot yang lebih ringan

>>> Baca Juga, Melihat Fungsi Turbo Timer Pada Mobil Dengan Mesin Turbocharger

3. Tenaga Mesin Dapat Setara

Kelebihan mesin mobil 3 silinder selanjutnya adalah tenaga mesinnya yang dapat setara dengan 4 silinder meskipun kubikasinya lebih besar. Hal tersebut bisa saja terjadi dengan pemberian turbo pada mesin tersebut yang membuat tenaganya bisa lebih besar. Jadi dengan mengandalkan perangkat turbocharger dapat membuat tenaga mesin jadi melonjak yang bisa membuat tenaganya bisa saja setara dengan mesin yang memiliki tenaga lebih besar.

4. Rendah Emisi

Jadi jika di logika mesin 3 silinder akan lebih rendah emisi gas buangnya dibandingkan mesin 4 silinder. Hal tersebut karena pembakarannya hanya menggunakan 3 silinder saja.

5. Torsi Di Putaran Bawah Handal

Jadi mesin mobil 3 silinder biasanya mempunyai torsi di putaran bawah yang buas. Dengan begitu mobil dengan mesin ini sangat diandalkan untuk digunakan di jalanan perkotaan. Hanya saja saat berada di putaran atas, mesin 3 silinder kurang greget.

>>> Baca Juga, Baterai Remote Keyless Lemah, Bagaimana Cara Menyalakan Mesin Mobil?

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kerja mesin mobil 3 silinder

Harga mobil dengan mesin 3 silinder lebih murah

6. Pajak Lebih Rendah

Kelebihan mesin mobil 3 silinder yang terakhir adalah pajak lebih terjangkau. Salah satu hal yang berpengaruh terhadap besaran pajak kendaraan adalah kapasitas mesinnya. Mesin 3 silinder umumnya mempunyai kapasitas yang tidak terlalu besar sehingga pajaknya lebih rendah. Apalagi dengan adanya insentif PPn BM yang tertuju pada mobil dengan kapasitas di bawah 1.500 cc. Nah mobil dengan mesin 3 silinder tentu akan mendapatkan insentif tersebut karena di bawah kapasitas tersebut.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International