Mengetahui Beberapa Jenis Airbag Pada Mobil, Ada Perbedaan Tempat

07/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa jenis airbag pada mobil yang mempunyai tempat berbeda di dalam kendaraan. Yang pasti fungsinya tetap sama yakni untuk melindungi pengendara dan penumpang ketika mengalami benturan atau tabrakan.

Mobil dibekali dengan beragam fitur mumpuni di dalamnya untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan. Salah satu fitur keselamatan yang diberikan adalah airbag. Terdapat beberapa jenis airbag pada mobil dengan perlindungannya masing-masing.

Umumnya mobil dengan harga lebih tinggi maka jumlah airbag yang dipasangkan lebih banyak. Airbag sendiri bekerja dengan perintah dari ECU di dalam mobil yang mengandalkan sensor airbag yang terdapat pada beberapa titik di dalam kendaraan. Jadi ketika sensor mendeteksi adanya tekanan yang besar seperti misalnya tabrakan maka sensor akan memberikan ECU data supaya dapat memberikan perintah kepada airbag untuk mengembang.

Airbag juga dikenal dengan nama kantung udara. Dengan adanya fitur ini membuat pengendara dan penumpang tidak mengalami cedera parah pada saat mobil mengalami benturan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis airbag pada mobil yang kerap digunakan pada kendaraan.

1. Dual SRS Airbag

Gambar ini menunjukkan dual SRS Airbag pada mobil

Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan

Adapun jenis ini merupakan airbag yang hanya terdapat 2 buah saja. Untuk posisinya berada pada bagian depan pengemudi yakni di kemudi mobil dan di depan penumpang depan dengan letak di dashboard mobil. Selain itu, penanda lainnya adalah terdapat tulisan SRS Airbags pada kemudi mobil dan atas dashboard depan penumpang depan. Jadi airbag ini hanya memberikan perlindungan pada penumpang depan dan pengemudi saja.

>>> Baca Juga, Lampu Indikator Airbag Menyala, Berikut Beberapa Penyebab Yang Bisa Terjadi

2. Side Airbags

Gambar ini menunjukkan Side Airbags pada mobil

Airbag jenis ini posisinya di jok atau pilar samping

Selanjutnya untuk side airbags yang posisinya berada di sisi jok pengemudi dan penumpang atau berada di pilar rangka kendaraan. Untuk peletakannya biasanya dekat dengan kaca jendela atau pintu. Airbag ini dalam proses mengembangnya lebih cepat dibandingkan dengan jenis airbag lain yang ditempatkan pada kendaraan. Dengan adanya airbag ini dapat memberikan perlindungan saat terjadi benturan dari arah samping dan juga melindungi kepala dari pecahan kaca.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Curtain Airbags

Gambar ini menunjukkan Curtains Airbags Pada Mobil

Melindungi seluruh penumpang di dalam mobil dari pecahan kaca dan benturan ke dinding samping mobil

Jenis airbag pada mobil yang satu ini posisinya juga di bagian samping. Biasanya airbag jenis ini posisinya di bagian pilar atau dekat kaca samping. Yang mana dengan adanya airbag ini maka seluruh penumpang bisa terlindung dari pecahan kaca atau terbentur ke bagian samping kendaraan secara langsung. Umumnya pemasangannya pada sisi kanan dan kiri jendela mobil pada seluruh kaca.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Knee Airbags

Gambar ini menunjukkan Knee Airbags pada mobil

Airbag untuk melindungi tulang kaki agar tidak patah saat terjadi benturan

Knee Airbags mempunyai fungsi untuk melindungi bagian lutut pengendara atau penumpang. Biasanya jenis ini hanya diberikan pada mobil premium yang sudah memiliki ketiga jenis airbag yang telah disebutkan di atas. Posisinya di bawah dashboard mobil, harapannya airbag ini bisa memberikan perlindungan pada kaki supaya tidak terjadi patah tulang ketika mobil mengalami kecelakaan.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis airbag pada mobil. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat dan ketika membeli mobil bisa jadi referensi fitur yang diberikan pada kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International