Mengenal Waktu Yang Tepat Menyalakan Lampu Jauh Mobil Saat Malam Hari

04/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beragam jenis lampu pada mobil, salah satunya adalah lampu jauh. Menyalakan lampu jauh mobil di malam hari dapat meningkatkan visibilitas pengendara saat mengemudi di malam hari. Namun dalam menyalakannya tidak boleh sembarangan agar pengendara lain tidak terganggu.

Mengemudi mobil di malam hari tentunya berbeda dengan siang hari. Suasana yang gelap menjadikan visibilitas pengemudi kurang, ditambah lagi mobil ingin dipacu dalam kecepatan cukup tinggi seperti di jalan tol atau di jalanan yang luas dan sepi. Salah satu hal yang dapat dilakukan agar visibilitas bertambah adalah dengan menyalakan lampu jauh mobil.

Kalau soal keselamatan hal tersebut tidak menjaminnya, namun setidaknya resiko terjadi kecelakaan di jalan dapat dikurangi. Penggunaan lampu jauh tidak hanya untuk menambah visibilitas pengendara saja tapi juga dapat mempertajam hal lain yang berada di sekitar jalanan. Bahkan pengemudi juga bisa menyadari akan warna kendaraan lain di sekitar.

Gambar ini menunjukkan indikator lampu jauh saat dinyalakan

Saat lampu jauh dinyalakan akan ada tanda di panel instrument

>>> Baca Juga, Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan

Waktu Menyalakan Lampu Jauh Mobil

1. Dinyalakan Di Jalanan Yang Gelap

Seperti dikutip dari Cars from Japan, untuk pemakaian lampu jauh yang paling tepat adalah ketika berada di jalanan dalam kondisi sangat gelap. Karena tidak semua jalanan diberikan penerangan yang memadai sehingga visibilitas pengendara jadi minim. Bila Sobat menemui jalanan tersebut maka bisa mengandalkan lampu jauh supaya mendapatkan penerangan yang ekstra.

Selain itu, hindari mengemudikan kendaraan dengan kecepatan yang terlalu tinggi saat melintasi jalanan yang tidak pernah dilintasi. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan karena menabrak pengguna jalan lain baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda motor dan mobil serta lainnya.

Hal tersebut juga diberlakukan saat melintasi wilayah pemukiman penduduk yang padat. Dengan mengandalkan lampu jauh, saat ada hewan yang melintas secara tiba-tiba bisa dihindari.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil dengan menyalakan lampu jauh

Lampu jauh memberikan visibilitas lebih saat berkendara di tempat gelap

>>> Baca Juga, Merawat Lampu LED Juga Diperlukan

2. Jalan Tol Yang Minim Penerangan

Menyalakan lampu jauh mobil bisa dilakukan saat melintasi jalan tol yang minim penerangan. Karena tidak semua jalan tol memiliki penerangan yang mumpuni. Bahkan terdapat beberapa ruas jalan tol saat malam hari akan gelap karena penerangan yang dihasilkan hanya dari lampu mobil saja.

Saat Sobat berniat menyalakannya, pastikan kendaraan di depan memiliki jarak cukup jauh. Hal tersebut bertujuan supaya tidak mengganggu penglihatan pengendara di depan mobil yang sedang Sobat kendarai. Jika jaraknya dekat maka beresiko menyilaukan mata pengendara di depan.

Penggunaan lampu jauh tidak disarankan saat cuaca sedang dalam kondisi buruk seperti berkabut atau sedang hujan. Hal tersebut dikarenakan pancaran lampu jauh dapat menjadikan visibilitas malah memburuk dan cahaya yang terpancar bertemu dengan partikel air yang membuatnya terefleksi sehingga malah membuat penglihatan pengendara terganggu.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan cahaya dari lampu jauh pada mobil di jalan gelap

Penggunaan lampu jauh tidak boleh sembarangan

Demikianlah informasi mengenai waktu menyalakan lampu jauh mobil yang tepat. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat dan selalu jaga keselamatan selama berkendara dengan mobil.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International