Mengenal VVT-I Pada Mesin Mobil, Fungsi Dan Cara Kerjanya

08/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil dibekali dengan beragam teknologi yang semakin lama semakin canggih. Salah satunya adalah VVT-I pada mesin mobil. Mobil Toyota terbaru mendapatkan teknologi tersebut, yang jadi pertanyaan adalah apa fungsi teknologi VVT-I yang diberikan pada mobil?

Sebelumnya teknologi VVT yang diberikan yang penerapannya sudah sejak tahun 1991. Setelah itu dilakukan upgrade sehingga teknologinya menjadi VVT-I. Dengan adanya upgrade tersebut akan membuat banyak orang bertanya mengenai kelebihan yang dimilikinya. Daripada penasaran berikut informasinya mengenai teknologi VVT-I pada mesin mobil.

Gambar ini menunjukkan mesin VVT-i pada mobil Toyota

Sebelum VVT-i ada teknologi VVT

Pengertian Teknologi VVTI Pada Mobil

Kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari VVT-I. Jadi VVT-I merupakan singkatan dari Variable Valve Timing-Intelligent. Dimana teknologi ini diberikan pada mobil besutan Toyota dengan keluaran terbaru. Dengan mengandalkan teknologi tersebut membuatnya mampu untuk mengatur kinerja dari katup masuk bahan bakar atau inteks dengan mengandalkan sistem elektronik dan juga otomatis. Dengan begitu akan menghasilkan bahan bakar yang masuk ke bagian ruang penampungan dan menuju sistem pembakaran menjadi lebih efisien. Tidak hanya sampai disitu saja, hasilnya yang bisa dirasakan adalah lebih ramah lingkungan , hemat konsumsi bahan bakar dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin jadi lebih optimal.

>>> Mengenal Fitur VFC Power Steering Pada Toyota Hilux Dan Fortuner

Fungsi Teknologi VVTI Pada Mesin Mobil

Setelah membahas sedikit info tentang pengertiannya, fungsi VVT-I yang utama adalah sebagai pengatur katup buka dan tutup yang mengikuti beban kerja pada mesin mobil. Untuk langkahnya memakai ECU dan perintahnya disesuaikan dengan  posisi throttle, temperature pendingin mesin, volume udara dan putaran mesin. Hasilnya gas buangnya menjadi lebih bersih dan pembakaran jadi lebih sempurna karena suplai udara dan bahan bakar diatur oleh katup.

Gambar ini menunjukkan mesin VVT-I pada mobil Toyota

VVT-i mempunyai keuntungan tersendiri untuk mesin mobil

Cara Kerja Teknologi VVTI

Terdapat beberapa komponen yang ada pada VVT-I sehingga bisa bekerja dengan baik. Adapun yang pertama adalah ECU yang berguna untuk menghitung waktunya supaya tepat dalam mengatur katup masuk dengan optimal yang didasarkan dengan kondisi operasi mesin kendaraan. Komponen selanjutnya adalah katup OVC (katup kontrol oli) yang bertugas untuk mengontrol tekanan hidrolik dengan mengikuti instruksi dari ECU. Yang ketiga adalah katrol VVT-I yang mempunyai fungsi untuk mengubah timing katup secara terus menerus dengan mengandalkan tekanan hidrolik.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Jalur keluar masuk udara dan bahan bakar atau valve timing akan dikoreksi oleh sistem VVT-I. Dimana dalam hal tersebut disesuaikan dengan beban yang ditanggung dan pijakan pedal sehingga bisa membuat torsi yang dihasilkan jadi lebih optimal tiap putarannya. Supaya valve timing bisa tepat maka membutuhkan respons koreksi, dimana hal tersebut didapatkan dengan sinyal yang diberikan oleh sensor posisi crankshaft.

Gambar ini menunjukkan mesin DUal VVT-i pada mobil Toyota

Dual VVT-I menjadi yang paling terbaru

Teknologi Dual VVTI Pada Mesin Mobil

Selain VVT, VVT-I ada juga dual VVT-I. Dimana teknologi ini merupakan yang terbaru memiliki komponen exhaust valve yang sudah dibekali juga dengan pengatur waktu untuk katup membuka dan tertutup. Pada mesin akan diberikan 2 buah aktuator VVT-I yang kinerjanya dilakukan secara independen. Adapun alasan diberikan nama dual VVT-I adalah karena untuk jumlahnya terdapat sepasang meliputi katup buang dan katup isap. Hasilnya mesin jadi lebih ramah lingkungan dan pembakaran juga menjadi lebih sempurna. Bahkan bila dibandingkan dengan VVT-I teknologi dual VVT-I tidak kalah untuk efisiensi bahan bakarnya.

Apabila ingin merasakan mengemudi dengan teknologi VVT-I pada mesin mobil bisa mencoba mengendarai Toyota Yaris, Fortuner, Avanza, Kijang Innova, Corolla Altis dan Camry. Sementara untuk dual VVT-I bisa mencoba mengemudikan Toyota Altis.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah
    Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah Abdul Tips & trik mobil

    Modifikasi kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan tampil beda. Salah satu modifikasi ringan yang kerap dilakukan adalah mengganti velg beserta bannya. Alhasil pemilik perlu menyimpan ban mobil dan velg nya supaya tetap awet serta dapat digunakan kembali.

  • Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu
    Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu Abdul Tips & trik mobil

    Perjalanan menggunakan mobil tidak hanya ingin wisata atau bersenang-senang bersama keluarga saja. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak tempat wisata yang ditutup sementara sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. Namun untuk sektor pekerjaan tetap dilakukan. Jika tidak mempunyai kendaraan bisa sewa mobil untuk perjalanan bisnis. Tujuannya supaya lebih nyaman dan tetap prima sampai ke tempat tujuan.

  • Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV
    Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV Abdul Tips & trik mobil

    Banyak mobil yang dibekali dengan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dimana dengan adanya fitur ini maka kenyamanan selama perjalanan lebih menyenangkan. Nah AC sendiri terdapat Single Blower dan Double Blower. Kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan AC Double Blower.

International