Mengenal Spion Tanduk Pada Mobil SUV, Apa Fungsinya?

03/12/2019 Abdul Tips & trik mobil

Pada mobil SUV keluaran lama biasanya akan menemui spion tanduk yang posisinya berada di ujung kap mesin mobil. Untuk posisi di kanan atau kiri tergantung dari posisi kemudi mobil, lantas apa sebenarnya fungsi dari spion tersebut?

Bagi Sobat yang belum mengetahuinya tentu akan timbul pertanyaan mengenai fungsi dan juga kegunaan dari spion tanduk yang terdapat pada mobil SUV. Untuk posisinya menghadap ke arah bawah dan menonjol ke bagian luar. Memang untuk spion jenis tersebut hanya ditemui pada mobil keluaran lama, bahkan sebagian pemilik melepasnya karena menurutnya bisa membuat tampilan mobil kurang menarik. Lantas apa sebenarnya fungsi spion model tanduk tersebut?

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil SUV yang masih menggunakan spion tanduk

Sudah jarang zaman sekarang yang memakai spion tanduk

>>> Lihat Juga, Cara Menyesuaikan Kaca Spion Mobil untuk Visibilitas Optimal

Jadi fungsi dari spion model tanduk adalah untuk memberitahukan informasi mengenai posisi roda depan. Jadi ketika parkir terdapat area blind spot yang besar di bagian roda depan sebelah kanan untuk posisi kemudi di kiri dan roda depan kiri untuk posisi kemudi di sebelah kanan. Dengan mengandalkan spion tersebut maka resiko terkena batu atau masuk selokan dapat dihindarkan.

Kadang saat melakukan parkir dan salah memperkirakan posisi ban membuat mobil masuk selokan. Memang jika dilihat dengan mengedepankan fungsi, spion tanduk mempunyai fungsi yang cukup penting.  Kalau boleh jujur, kami lebih suka dengan spion model tanduk dibandingkan kamera 360 angle or bird view. Alasannya adalah saat mengalami kerusakan perlu biaya yang cukup mahal.

Jadi melihat hal tersebut, kegunaan spion model tanduk yang biasanya diberikan pada mobil SUV adalah sebagai patokan pengemudi supaya dapat melihat posisi dari mobil sebelah kiri. Untuk peletakannya umumnya di bagian paling luar kendaraan, dengan begitu saat melewati gang yang sempit maka mobil tidak mudah terkena baret karena yang terkena tembok duluan adalah spion model tanduk.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan spion tanduk pada mobil warna hitam

Spion tanduk mempunyai fungsi yang cukup penting

>>> Baca Juga, Fungsi Dan Jenis Kaca Spion Mobil Yang Perlu Diketahui

Selain penjelasan di atas, kami berikan juga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan spion tanduk pada mobil SUV. Berikut plus minus spion model tanduk yang ditempatkan di ujung depan mobil:

Kelebihan

  • Mengurangi area blind spot pada kendaraan
  • Ketika ingin melihatnya dapat dilakukan dengan mudah karena posisinya yang berada di depan dan ujung kendaraan, cukup melirik saja sudah kelihatan
  • Pada kaca spion tanduk yang tampilannya vintage, klasik dan juga model bulat bisa dilakukan penggantian dengan memakai spion motor seperti milik Honda Scoopy
  • Bodi lebih aman karena yang tersenggol dahulu saat melewati jalan sempit atau ketika macet adalah spionnya dahulu

Kekurangan

  • Saat ingin mengatur posisinya perlu turun naik kendaraan karena tidak menggunakan otomatis yang menggunakan tombol
  • Pada saat turun hujan maka tidak bisa melihat kaca pada spion, karena akan dihalangi oleh hujan. Ditambah lagi air juga akan menutupi kaca depan dan juga kaca di spion dan untuk pembersihannya saat hujan sulit dilakukan karena harus keluar mobil
  • Rawan tersenggol kendaraan lain saat jalanan padat dan juga bisa terkena tembok ketika melewati jalanan sempit

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan spion tanduk pada mobil warna putih

Spion tanduk ada juga yang memiliki desain keren

Mungkin sekarang untuk menemui spion model tanduk sulit untuk dilihat karena sangat jarang yang menggunakannya. Karena sudah pada dilepas dan untuk mobil saat ini tidak memakainya jadi sudah terbilang langka untuk menemukan spion tanduk. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca