Mengenal Perbedaan Oktan Pertalite Dan Pertamax Serta Pertamax Turbo

05/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ada beberapa jenis BBM yang dijual di SPBU, seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo. Keempatnya merupakan bahan bakar minyak namun begitu keempat jenis ini sangat berbeda. Kali ini kami akan membahas mengenai Perbedaan Oktan Pertalite dan Pertamax serta Pertamax Turbo.

Bagi pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil sangat penting untuk mengetahui apa perbedaan dari keempat bahan bakar tersebut. Termasuk kandungan nilai oktan yang berbeda di setiap kandungannya. Karena jika sudah mengetahui kandungan oktan pada bahan bakar tersebut akan memudahkan untuk memilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Tidak hanya itu saja, terdapat Perbedaan Oktan Pertalite dan Pertamax serta Pertamax Turbo.

Ada banyak pilihan bahan bakar untuk dijadikan energi untuk mobil. Sebut saja, Pertamina, Shell, Total, Akr, British Petroleum, atau Vivo. Dari semua itu, tentu saja yang sangat familiar adalah Pertamina. Pertamina menguasai pangsa pasar di Indonesia. Tak heran, perusahaan plat merah ini memiliki jaringan stasiun pengisian bahan bakar yang tersebar luas di seluruh penjuru negeri. Pertamina juga memproduksi jenis bahan bakar yang cukup lengkap mulai dari bensin hingga diesel.

Gambar ini menunjukkan tangki pengisian bahan bakar di SPBU

Mobil diisi bahan bakar dengam oktan sesuai rekomendasi pabrikan

>>> Baca Juga, Ini Gaya Mengemudi Yang Bikin Mobil Boros BBM Menurut Rifat Sungkar

Bahan bakar yang akrab di telinga kita yaitu jenis bensin. Bensin sendiri dapat dipecah menjadi beberapa bagian. Di antaranya,  premium, pertalite, pertamax hingga pertamax turbo. Tersedianya berbagai jenis bahan bakar itu tentu menguntungkan konsumen karena bebas memilih. Di sisi lain hal tersebut bisa jadi bumerang untuk mesin mobil. Karena meski kelihatannya remeh, pemilihan bahan bakar sangat penting untuk kesehatan mobil dan kocek yang dimiliki.

Nah bagi kamu pengguna bensin, berikut kami jelaskan Perbedaan Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo sesuai nilai oktan yang terkandung agar  lebih mudah memilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil.

Perbedaan Oktan Pertalite Dan Pertamax Serta Pertamax Turbo

1. Oktan Pertalite 90

Jenis bahan bakar ini banyak peminatnya, selain karena harganya terjangkau  pertalite juga memiliki nilai oktan yang terbilang cocok dengan beberapa mobil. Nilai oktan yang terkandung bernilai 90 sehingga cocok bagi kamu yang memiliki mobil yang ditenagai oleh mesin bensin rasio kompresi 9:1 hingga 10:1.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan alat pengisi bahan bakar dengan warna hijau

Pada saat mengisi bahan bakar di SPBU akan terdapat perbedaan gagang untuk mengisi BBM

>>> Baca juga, Penyebab Indikator Bahan Bakar Yang Ngaco Pada Mobil

2. Oktan Pertamax 92

Untuk jenis bahan bakar di atas pertalite kamu bisa memilih pertamax sebagai bahan bakar andalan karena memiliki nilai oktan 92. Mobil-mobil modern keluaran terbaru sangat cocok menggunakan Pertamax karena memiliki rasio kompresi mesin antara 10:1 sampai 11:1. Selain Pertamax, ada Shell Super dan Total Performance sebagai bahan bakar yang cocok dengan mobil jenis tersebut

3. Oktan Pertamax Turbo 98

Pertamax turbo diperkenalkan pada tahun 2016. Bahan bakar ini merupakan kerjasama antara Pertamina dan Lamborghini. Pertamax Turbo diluncurkan sebagai bahan bakar resmi event Lamborghini Super Trofeo European Series. Dan memiliki nilai oktan 98 dan akan sangat cocok untuk mobil dengan rasio kompresi mesin bensin kisaran 11:1 hingga 13:1.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gsmbsr ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat pengisi bahan bakar warna kuning

Pengisian bahan bakar dengan oktan yang tidak tepat dapat membuat kinerja mobil tidak prima

4. Oktan Premium 88

Bahan bakar sejuta umat, begitulah mungkin menyebutkan bahan bakar jenis Premium. Jenis bahan bakar ini cukup ramah bagi semua kendaraan, karena cocok digunakan untuk jenis kendaraan dengan kompresi mesin rendah, yaitu yaitu di bawah 9:1. Kompresi dengan angka ini bisa ditemukan pada mobil-mobil keluaran lama (lawas).

Itulah artikel Perbedaan Oktan Pertalite dan Pertamax serta Pertamax Turbo. Kamu pengguna bahan bakar yang mana untuk kendaraan kamu?

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International