Mengenal Penyebab Ban Mobil Bocor Halus Perlu Diperhatikan

02/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ban mobil bocor halus tentu sangat merepotkan, apalagi saat dalam kondisi macet atau terburu-buru. Selain itu apabila dipaksakan, kamu mesti bolak-balik bengkel agar tekanan ban pada mobil kembali seperti normal.

Kerugian yang diakibatkan oleh ban mobil bocor halus tidak boleh dianggap sepele, apabila dipaksakan berjalan, volume angin yang ada di ban akan semakin berkurang, hal ini juga berimbas pada kenyamanan pengemudi seperti setir yang terlalu berat dikendalikan. Lantas, laju mobil yang tidak nyaman tersebut bisa membahayakan pengemudi dan sekitar.

Bukan hanya itu, ada risiko terhadap kesehatan mesin yang bekerja dengan terlalu berat. Hal ini juga bisa berimbas pada penggunaan bensin yang lebih boros.Sebagai wujud perawatan pada mobil kesayangan kamu, selalu cek kondisi ban mobil sebelum berangkat pergi. Ada sejumlah faktor yang membuat ban mengalami halus bocor. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah seperti dikutip dari berbagai sumber.

Gambar ini menunjukkan ban pada mobil warna hitam

Ban mobil perlu diperhatikan kondisinya

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Membeli Ban Mobil Baru Untuk Kenyamanan

Penyebab Ban Mobil Bocor Halus

1. Bersihkan Bebatuan Kecil

Bebatuan kecil seringkali dijumpai masuk ke dalam rongga-rongga ban mobil. Meski kelihatan remeh, bebatuan kecil ini bisa menjadi beban bagi ban karena sisi tajamnya bisa memberi tekanan. Cungkil saja bebatuan tersebut menggunakan kayu atau sejenisnya. Hindari penggunaan benda tajam karena bisa menusuk ban.

2. Periksa Kondisi Ban

Kondisi ban bisa juga sebagai pemicu. Ban-ban yang sudah dimakan usia biasanya rentan terhadap halus bocor. Begitu juga dengan ban yang sering melewati lintasan bebatuan. Jika ban yang saat ini dipakai kamu rasa layak untuk diganti, maka segeralah menggantinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ban mobil dalam kondisi kempes

Terdapat beberapa hal jadi penyebab ban bocor halus

>>> Baca Juga, Masih Masa WHF, Begini Cara Mencegah Ban Mobil Rusak Karena Flat Spot

3. Terjadinya Kerusakan Pentil

Pentil adalah tempat memasukkan udara atau angin ke dalam ban. Kerusakan pentil bisa jadi penyebab ban kamu sedikit-sedikit kekurangan volume angin, karena alat ini juga terhubung  langsung dengan angin yang ada di dalam ban. Namun, agak susah mendeteksi kerusakan pada pentil, apalagi jika pentil tersebut terbuat dari besi. Adakalanya rusaknya di bagian dalam, terkadang juga pada bagian karet pentil yang sudah getas.

4. Tambalan Ban Yang Tidak Sempurna

Menambal ban merupakan opsi paling murah ketika ban mengalami robekan. Ban yang sudah pernah ditambal bisa menjadi pemicu bocor halus lantaran hasil tambalan tersebut kurang bagus atau dikerjakan asal-asalan. Misalnya lubang yang bocor malah dibikin lebih besar agar alat penambal bisa masuk. Rongga itu yang biasanya ada di antara tambalan baru.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ban bocor pada mobil warna putih

Akan sangat merepotkan saat ban mobil bocor di jalan

5. Pelek Yang Penyok

Pelek berfungsi sebagai penopang untuk ban. Jika pelek penyok, maka sangat besar kemungkinan membuat rongga dengan ban. Dari rongga tersebut meskipun kecil ada peluang buat angin keluar. Sehingga pelek yang penyok jadi salah satu penyebab ban bocor halus.

Itulah Penyebab Ban Mobil Bocor Halus. Kelihatan sepele memang, namun damage yang diberikan besar, paling parahnya yaitu kecelakaan. Jaga terus kondisi ban mobil kamu agar selalu aman dan selamat berada di perjalanan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International