Mengenal PCD Pelek Mobil Agar Sesuai Dengan Kendaraan Sebelum Membeli

17/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Salah satu hal yang kerap dilakukan pemilik mobil saat ingin buat tampilannya lebih menarik adalah dengan melakukan penggantian pelek. Jika melakukannya diharapkan mengetahui akan spesifikasi bawaan mobil terlebih dahulu, termasuk PCD pelek mobil yang dianut.

Pelek mobil menjadi salah satu tempat ban mobil yang perlu diperhatikan akan kondisinya. Karena jika bagian ini bermasalah seperti retak atau pecah bisa beresiko kecelakaan yang fatal. Melakukan penggantian boleh saja asalkan sesuai dan cocok dengan mobil, sehingga keamanan tetap terjaga. Salah satunya dengan mengetahui PCD pelek mobil.

Gambar ini menunjukkan pelek mobil dan dibelakangnya banyak dipajang

Pelek mobil menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan

>>> Baca Juga, Waspada! Membeli Velg Bekas Untuk Mobil Tidak Boleh Sembarangan

Jadi sebelum memutuskan ingin memilih dan membeli sebuah pelek untuk mobil yang dimiliki, sebaiknya mengetahui  spesifikasi bawaan yakni PCD nya. Hal tersebut dikarenakan setiap kendaraan mempunyai pelek dengan PCD yang berbeda. Sebagai informasi, PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter. Untuk lebih jelasnya adalah ukuran pola serta jarak antara pelek dengan baut. Untuk cara mengukurnya mulai titik tengah pelek ditarik lurus menuju ke lubang baut roda. Hasilnya pola serta jarak diantara baut dapat diketahui.

Ketika seseorang ingin membeli pelek, untuk mempermudah dalam pemilihan adalah paham dan tahu pola PCD. Hal tersebut bisa dijadikan patokan awal sehingga saat membeli tidak salah pilih. Untuk ukuran PCD memakai satuan milimeter (mm).

Contoh : Sebuah mobil mempunyai pelek dengan PCD yang tertera adalah 4x100 mm. Penjelasan angka tersebut adalah angka 4 berarti konstruksi pelek pakai 4 baut dan angka 100 berarti jarak antar baut adalah ukurannya 100 mm.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi pola PCD pada pelek mobil

Mengetahui PCD pelek maka akan mudah saat beli pelek aftermarket

>>> Mungkin tertarik, Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Velg Mobil Rusak

Yang perlu diingat adalah setiap mobil mempunyai pola PCD pelek mobil yang tidak sama. Untuk mempermudah kita contohkan adalah Hatchback meliputi Mazda2, Honda Jazz ataupun Toyota Yaris memakai PCD 4x100 mm. Berbeda lagi pada mobil dalam segmen MPV yakni Nissan Grand Livina atau Toyota Avanza serta Mitsubishi Xpander yang memakai PCD 5x114,3 mm. Kalau mobil SUV mempunyai jumlah baut lebih banyak, untuk PCDnya adalah 6x139,4 mm seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Triton atau Pajero Sport.

Ternyata ada perbedaan dengan mobil Eropa, karena memang seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa PCD tiap mobil berbeda. Seperti pada mobil BMW PCDnya adalah 5x120 mm dan Mercedes-Benz adalah 5x112 mm. Memang pemilik bisa melakukan perubahan pada pola PCD dengan mengandalkan adaptor supaya bisa menggunakan pelek dengan PCD yang berbeda. Akan tetapi dalam hal ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada mekanik atau toko pelek mengenai keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Dengan begitu ketika melakukan penggantian pelek sesuai yang diinginkan maka dapat dipasang dengan baik dan aman tidak menimbulkan masalah. Untuk mengetahui PCD pelek mobil yang dimiliki bisa melihat pelek bawaan atau bisa juga melihat di buku manual kendaraan. Untuk baiknya memang konsultasi kepada yang lebih tahu seperti mekanik bengkel atau penjual di toko pelek terdekat.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan tromol pada roda mobil dengan 4 baut\

Jumlah baut pada tromol berbeda tiap jenis mobil

Berbeda dengan pelek aftermarket, untuk melihat ukurannya bisa melihat di bagian bibir pelek belakang. Dengan memilih pelek mobil aftermarket yang pas untuk mobil kesayangan yang dimiliki, maka dalam menentukan dress up yang diinginkan menjadi lebih mudah. Jadi nantinya pelek yang dipasangkan pada mobil tidak hanya mempunyai tampilan yang lebih cantik akan tetapi juga aman serta nyaman ketika diajak berjalan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai PCD pelek mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca