Mengenal Mobil Operasional Menteri Dari Masa Presiden Soekarno Sampai Sekarang

16/09/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil operasional Menteri tentunya mempunyai kenyamanan dan kemewahan. Dimana penggantian model dilakukan beberapa kali, alhasil semakin kesini mobil yang digunakan para Menteri semakin nyaman dan mewah.

Mobil operasional Menteri mengalami pergantian pada beberapa masa kabinet. Sehingga model mobilnya juga berbeda-beda dari Presiden Ir Soekarno sampai Bapak Joko Widodo (Jokowi). Nah kali ini kami akan membahas mengenai mobil yang dipakai para menteri dari Presiden pertama Indonesia.

Model Mobil Operasional Menteri Dari Era Presiden Soekarno

1. Di Masa Presiden Soekarno

Gambar ini menunjukkan mobil Chevrolet Impala tampak depan

Mobil Amerika mewah yang sempat jadi Kendaraan petinggi Pemerintah

Mobil dinas para Menteri pada saat Pemerintahan Presiden IR Soekarno menggunakan mobil buatan Amerika. Dimana kala itu soal kemewahan mobil buatan Amerika sudah terkenal. Dengan dimensi yang bongsor dipadukan dengan performa mumpuni membuatnya dijadikan pilihan.

Chevrolet Impala pada dekade 60-an sempat dijadikan pilihan untuk kementerian di era Presiden Soekarno. Bahkan pejabat tinggi negara lain juga menggunakan mobil full-sized tersebut baik itu yang jabatannya militer maupun sipil.

Jika penasaran bisa melihatnya di Museum Sasmitaloka yang merupakan salah satu peninggalan pada era Presiden IR Soekarno. Lokasinya di bilangan Latuharhari, Jakarta Pusat dengan kondisi terawat.

>>> Baca Juga, Kenapa Mobil Lawas Menjadi Investasi yang Menjanjikan?

2. Di Masa Presiden Soeharto

Gambar ini mneunjukkan mobil Volvo 264L  tampak depan dan sisi kiri

Mobil Volvo mewah yang digunakan para petinggi Pemerintah di tahun 1982

Sementara pada masa kepresidenan bapak Soeharto, mobil operasional pembantu Presiden adalah Chrysler Valiant. Untuk variannya mulai dari Regak dan Ranger yang digunakan sampai pada pertengahan dekade tahun 70-an.

Kemudian Volvo 200 Series mulai digunakan pihak pemerintah pada tahun 1978 untuk kendaraan operasional Menteri dengan model 264 L. Setelah itu kendaraan dinas untuk para menteri berganti menjadi Volvo 264 GLE di tahun 1982.

Untuk model ini mempunyai kelengkapan yang lebih baik dan tampilannya juga terlihat lebih mewah. Memang untuk era Bapak Soeharto ini lebih sering ganti kendaraan untuk mobil Menteri. Bahkan pada 1987 berganti lagi dengan Volvo 740.

Setelah itu pada saat bersamaan dengan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Non Blok, dari pihak pemerintah memborong mobil Volvo 960. Dimana mobil ini merupakan salah satu kendaraan yang memang disediakan untuk kendaraan pemimpin dunia.

Akhirnya ketika KTT telah selesai mobil tersebut dipakai untuk kendaraan operasional Menteri. Mobil Volvo S90 Exclusive juga didapatkan para menteri pada akhir orde baru.

>>> Baca Juga, Daftar Harga Toyota Camry Hybrid: Sedan Mewah Ramah Lingkungan

3. Di Masa Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)

Gambar ini menunjukkan mobil toyota Camry putih tampak sisi samping

Kendaraan sedan mewah yang jadi tunggangan para menteri era SBY

Pemimpin lembaga Kementerian pada era SBY menggunakan mobil buatan Jepang untuk pertama kali sebagai kendaraan operasionalnya yaitu Toyota Camry. Adapun variannya yang dipilih dan dijadikan andalan adalah varian tertinggi 30V AT yang dibekali mesin V6 3.000 cc dengan kode bodi XV30.

Setelah periode kedua karena terpilih lagi menjadi Presiden yakni tahun 2009, Kementerian Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II melakukan penggantian mobil Camry menjadi Crown Royal Saloon yang sama-sama produk Toyota. Kode bodinya adalah S210 dengan mesin V6 3.000 cc yang memiliki tampilan mewah.

4. Di Masa Presiden Jokowi

Gambar ini menunjukkan Toyota Crown tampak depan

Mobil Toyota Crown menjadi andalan era Bapak Jokowi untuk kendaraan petinggi Pemerintah

Pada masa Kepresidenan bapak Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla, mobil operasional Menteri yang diandalkan masih memakai Toyota Crown Royal. Penggantian baru dilakukan setelah periode kedua yakni masa Kepresidenan Bapak Jokowi Dan Bapak KH Ma'ruf Amin.

Dimana kendaraan operasionalnya berubah menjadi Toyota Crown dengan kode body S220. Penyempurnaan dilakukan oleh pihak Toyota pada mobil tersebut. Seperti penggunaan mesin 2.4L yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar karena teknologi hybrid yang diberikan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International