Mengenal Jenis Sistem Kemudi Mobil Untuk Tambahan Informasi

Sistem kemudi mobil merupakan sebuah sistem yang mengatur serta mengendalikan arah dan belokan mobil sesuai keinginan dari pengemudi mobil. Sistem kemudi pada mobil biasanya berada di bagian kanan depan mobil.

Untuk sistem kemudi mobil, praktiknya sederhana. Ketika kemudi mobil diputar baik ke kanan atau ke kiri, maka ​steering column​ akan menerus permintaan ke ​steering gear. Steering gear ini yang akan membuat tenaga memutar lebih besar dan menggerakkan roda melalui​ ​ steering linkage. Hal ini membuat  pengemudi lebih mudah ketika membelokan roda mobil.

Umumnya sistem kemudi dibagi menjadi dua bagian, diantaranya: sistem kemudi secara manual (​manual steering) dan sistem kemudi daya (​power steering). Berikut penjelasan antara dua jenis sistem kemudi pada mobil.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Toyota

Sistem kemudi mobil untuk mengoperasikan kendaraan dalam melaju seperti berbelok

>>> Baca Juga, Beberapa Masalah Pada Sistem Kemudi Mobil Yang Perlu Diwaspadai

Jenis Sistem Kemudi Mobil

1. Sistem Kemudi Secara Manual (​Manual Steering)

Manual steering biasanya ditemukan pada mobil-mobil keluaran lama, pada mobil modern jenis kemudi ini sudah ditinggalkan. Seperti namanya manual, cara kerja kemudi seperti ini dengan menggunakan sebagian besar tenaga manusia menyetir dan memutar roda mobil.

Itu berarti, ketika menggunakan kemudi manual sangat disarankan untuk tidak menggunakannya bepergian jarak jauh, karena akan menyebabkan pengemudi mudah lelah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem kemudi manual

Sistem kemudi manual menggunakan tenaga manusia dalam memutar roda mobil

>>> Lihat Juga, Tips Mudah Merawat Power Steering Supaya Tetap Nyaman

Sistem kemudi mobil manual memiliki beberapa jenis, diantaranya:

a​. ​Recirculating Ball

Tipe kemudi manual yang ada pada​ recirculating ball ​ ini cukup ringan digunakan karena sistem akan mengurangi daya dan putaran kemudi secara maksimal. Keunggulan lain dari recirculating ball ​ yaitu sistem mampu memberikan kemampuan berupa ​leverage sehingga mampu menghasilkan putaran tangan kemudi jadi lebih besar dan maksimal.

Kekurangan dari tipe ini adalah pengemudi harus memutar setir hingga empat kali sampai putaran mobil benar-benar mentok. Hal ini justru akan sangat merepotkan jika dalam keadaan memutar mobil di tempat yang sempit.

b.​ Rack And Pinion

Rack And Pinion ​ merupakan jenis kemudi yang dapat dikatakan jadul, alias ketinggalan zaman. Jenis kemudi ini bahkan sudah bisa didapati era 70an. Di Indonesia sendiri jenis kemudi seperti ini sudah ada sejak tahun 80an melalui Toyota Corolla KE70.

Rack and Pinion tidak cocok digunakan untuk mobil-mobil bertipe besar seperti bus maupun terus karena roda gigi yang umumnya kecil. Jenis ini lebih cocok untuk mobil bergaya sedan hingga SUV.

2. Sistem Kemudi Secara Daya (​Power Steering)

Sistem kemudi secara daya ini merupakan bentuk inovasi dari sistem kemudi manual. Jika manual umumnya membuat pengendara cepat lelah karena sistemnya dominan ditenagai oleh tenaga pengendara, berbeda dengan sistem kemudi daya (power steering) yang dibantu atau ditenagai oleh mesin.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi tentang sistem kemudi mobil secara daya atau power steering

Sistem kemudi dengan Power Steering lebih ringan dibandingkan manual

Sistem secara daya memiliki beberapa jenis, di antaranya:

 a. ​Hydraulic Power Steering ​ (HPS)

Sistem kemudi ini memiliki teknologi yang bernama​ Booster Hidraulis ​ yang terdapat di tengah mesin kemudi sehingga membuat pengemudi lebih mudah dan ringan dalam menjalankan kemudi.

Hydraulic Power Steering didesain untuk mempermudah kendali kemudi ketika kenderaan berada pada kecepatan yang cepat maupun yang lambat.

b. Electric Power Steering (EPS)

Electric Power Steering ​ diciptakan untuk meningkatkan efisiensi kerja kemudi pada mobil. Cara kerjanya adalah dengan mengubah proses kerja ​power steering ​ ke elektrik. Jadinya power steering ​ akan dibantu oleh daya listrik dan dapat membantu mengurangi energi kendaraan yang tidak perlu.

Itulah beberapa Jenis sistem kemudi mobil. Setiap jenis kemudi mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan jenis kemudi mobil bisa jadi krusial, tingkat keamanan dan kenyamanan bisa jadi faktor ketika memilih. Nah dengan membaca artikel ini semoga dapat membantu kamu untuk memilih jenis kemudi mobil yang tepat.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

  • Inilah Plat Nomor Aceh
    Inilah Plat Nomor Aceh Anto Tips & trik mobil

    Plat nomor Aceh menjadi petunjuk identitas khas provinsi dengan julukan serambi Mekkah. Termasuk bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Aceh adalah panduan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi provinsi di ujung utara pulau Sumatra.

  • Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya
    Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya Fat Tips & trik mobil

    Aki mobil Avanza paling recommended memang Toyota Genuine Parts. Meski demikian, ada pilihan lain yang tak kalah bagusnya dengan parts original tersebut.

Harga mobil terbaru

International