Mengenal Jenis Dongkrak Mobil Berdasarkan Bentuk Dan Sistem Gaya

26/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa jenis dongkrak mobil dari segi sistem gayanya. Dongkrak sendiri merupakan salah satu komponen yang berguna untuk membantu pengemudi saat mobil mengalami masalah tertentu seperti ban bocor dan akan menggantinya dengan ban cadangan.

Dongkrak yang diberikan di dalam mobil menjadi salah satu alat penting di kendaraan. Oleh sebab itulah pengemudi diharapkan untuk selalu membawanya di dalam mobil. Untuk fungsinya adalah sebagai alat untuk mengangkat kendaraan. Dengan begitu pemilik dapat mudah untuk  menginspeksi kolong mobil. Selain soal jenis dongkrak mobil, fungsi lainnya adalah membantu pemilik atau orang yang akan melakukan penggantian ban mobil karena kempes atau bocor. Berikut informasinya dilansir dari laman resmi Suzuki.

Gambar ini menunjukkan dongkrak mobil warna merah sedang dipakai untuk mengongkrak

Terdapat beberapa jenis dongkrak mobil

>>> Lihat Juga, Ban Mobil Terjebak Di Pasir, Begini Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis Dongkrak Mobil Berdasarkan Sistem Gaya

Apabila melihat dari segi sistem gaya, maka dongkrak dibagi jadi 2 yakni hydrolik dan mekanik.

1. Jenis Dongkrak Hidrolik

Untuk dongkrak hidrolik  tumpuannya mengandalkan cairan fluida yang mempunyai fungsi sebagai pemberi daya tekan. Dengan begitu gaya angkat akan dihasilkan, biasanya dari segi bentuk tampak layaknya mulut buaya namun mempunyai kepraktisan. Tumpuannya memiliki bentuk yang pipih serta memakai roda ukuran kecil yang membuatnya mempunyai ground clearance rendah serta memakai sistem hidrolik.

2. Jenis Dongkrak Mekanik

Pada dongkrak ini tumpuannya berada pada bagian batang dan roda gigi. Pusat dari gaya dongkrak berada di roda gigi kemudian diteruskan dan saat gayanya ke batang telah diperbesar.

Jenis Dongkrak Mobil Berdasarkan Bentuknya

1. Jenis Dongkrak Gunting

Pembahasan pertama adalah dongkrak gunting. Untuk jenis ini disebut juga dengan dongkrak jembatan atau ketupat. Bahkan alat ini menjadi standar dan saat membeli mobil baru akan disertakan dongkrak jenis ini. Kaalu berdasarkan sistem gaya termasuk dalam dongkrak mekanik. Kelebihan yang dimiliki adalah ringan, perawatan mudah, harga murah dan praktis.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan dongkrak mobil jenis gunting

Ada kelebihan dan kekurangan dongkrak yang digunakan untuk mobil

Adapun cara menggunakannya adalah dengan meletakkannya pada posisi yang pas, kemudian memasangkan batang tuas dilubang yang disediakan pada tepinya. Setelah itu putarlah tuas ke kanan atau searah jarum jam agar bisa mengangkat kendaraan.

>>> Baca juga, Mengenal Penyebab Ban Mobil Bocor Halus Perlu Diperhatikan

2. Jenis Dongkrak Botol

Setelah dongkrak gunting, dongkrak botol menjadi terbanyak yang kedua kerap diberikan di dalam kendaraan saat membeli mobil baru. Termasuk dalam dongkrak hidrolik memiliki keunggulan yakni ringan, mudah digunakan dan bentuknya kecil. Dengan mengandalkan dongkrak ini maka dalam mengangkat mobilnya bisa dilakukan dengan mudah dan energi yang dibutuhkan sedikit. Terdapat beberapa ukuran dongkrak jenis ini yakni ukuran 2 ton sampai 100 ton.

Gambar ini menunjukkan jenis dongkrak botol dengan warna merah

Dongkrak botol menjadi yang paling sering digunakan setelah dongkrak gunting

>>> Baca Juga, Masih Masa WHF, Begini Cara Mencegah Ban Mobil Rusak Karena Flat Spot

Dalam penggunaannya hanya dengan menggerakkan tuas naik dan turun, kemudian gayanya akan diteruskan sehingga bisa membuat kendaraan terangkat. Dalam menggunakannya sampa seperti lainnya yakni menempatkan posisi di tempatnya di bawah kendaraan kemudian ambil tuas pengungkitnya dan pengunci hidroliknya diputar secara penuh ke kanan. Tuas dipindahkan ke bagian pompa hidrolik dan tinggal menggerakkannya naik turun, maka otomatis akan naik. Jika ingin menurunkannya maka pengunci hidrolik diputar ke kiri.

3. Jenis Dongkrak Buaya

Jenis dongkrak mobil selanjutnya adalah dongkrak buaya. Yang mana bentuknya mirip dengan mulut buaya dan merupakan salah satu dongkrak hidrolik. Keunggulan yang dimiliki adalah kemudahan yang ditawarkan dibandingkan dengan model gunting ataupun botol. Bahkan dalam penggunaannya bisa dipakai semua jenis mobil. Untuk penggunaannya mirip dengan jenis dongkrak botol.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan jenis dongkrak buaya

Beberapa jenis dongkrak menggunakan teknik pemakaian yang berbeda

4. Jenis Dongkrak Botol M/Buaya

Dongkrak yang terakhir adalah Dongkrak Botol M/Buaya. Jenis dongkrak ini merupakan perpaduan antara dongkrak buaya dan botol sehingga dapat bekerja dengan maksimal dalam membantu pengemudi mengangkat kendaraan. Keunggulan yang dimiliki adalah dalam pengangkatannya bisa lebih besar kapasitasnya. Hanya saja bobotnya cukup berat sehingga ketika akan menggesernya cukup sulit. Jenis dongkrak mobil satu ini mempunyai kapasitas 22 ton sampai 50 ton. Penggunaannya sama dengan jenis dongkrak buaya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International