Mengenal Istilah Lane Hogger, Salah Satu Kebiasaan Tidak Direkomendasikan Di Jalan Tol

10/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Jalan tol saat ini jadi pilihan favorit bagi pengendara mobil terutama saat ingin melakukan perjalanan jauh. Tidak hanya di jalan raya, di jalan tol juga ada pengendara yang melajukan mobil tidak mematuhi aturan. Salah satunya adalah pengemudi yang sering melakukan lane hogger.

Lane hogger sendiri merupakan pengemudi yang mengemudikan mobil secara statis di lajur sebelah kanan. Padahal di depannya dalam kondisi kosong. Jadi terdapat pengendara yang merasa melaju di lajur kanan merupakan paling aman, padahal di lajur tersebut paling sering terjadi insiden tabrakan. Tidak hanya itu saja, lajur kanan merupakan lajur untuk mendahului pengendara lain. Apabila sudah melewati kendaraan yang dilewati maka harus kembali ke asal yakni lajur kiri.

Gambar ini menunjukkan informasi tentang lajur kanan jalan tol

Tidak dipungkiri bahwa saat melaju di jalan tol akan menemukan kendaraan yang melaju dengan kecepatan sedang atau lambat tapi berada di lajur kanan. Bahkan kadangkala sudah diberi tanda berupa klakson atau lampu isyarat tetap tidak mau berpindah jalur.

>>> Baca Juga, Ada Larangan Putar balik Di Jalan Tol, Ini Alasannya!

Lantas, apakah menyalahi aturan melakukan tindakan lane hogger?

Apabila melihat dari Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang terdapat pada Pasal 108 ayat 2 terdapat penjelasannya. Jadi pada UU tersebut berbunyi:

'Penggunaan lajur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika: (a) pengemudi bermaksud akan melewati kendaraan di depannya; atau (b) diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai lajur kiri'.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di lajur kanan jalan tol

Kemudian masih ada peraturan lainnya yang terdapat pada PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Dimana aturan terdapat di Pasal 41 butir (b) yang berbunyi:

'Lajur lalu lintas sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lebih cepat dari kendaraan yang berada di lajur sebelah kirinya, sesuai dengan batas-batas kecepatan yang ditetapkan'.

>>> Lihat Juga, Jangan Merasa Jago Mengemudi Karena Bisa Jadi Penyebab Tabrakan Di Jalan Tol

Apabila telah melihat beberapa penjelasan dan informasi dari UU dan PP tentunya dihadapkan para pengendara bisa tertib berlalu lintas di jalan tol. Apalagi jalan tol sudah menjadi andalan untuk bisa sampai ke tempat  tujuan dengan lebih cepat dan jalanan terawat. Tentu kita sebagai pengendara harus berpartisipasi dengan mengikuti aturan yang telah ada selain soal pembayaran jalan tol.

Gambar ini menunjukkan mobil hitam sedang menyalip mobil besar di jalan tol

Salah satu yang dapat dilakukan dengan menghindari tindakan lane hogger karena mempunyai potensi dapat mengganggu pengendara lain dan yang lebih parahnya adalah bisa menyebabkan kecelakaan beruntun. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selalu patuhi aturan yang telah diberlakukan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International