Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani

28/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

Kalau sudah begitu, tentu kecurigaan pertama ditujukan dengan mengecek pada bagian kompresor AC mobil. Gejala AC mobil rusak yang ringan seperti embusan udara panas di rpm yang rendah, bunyi yang tidak wajar jadi tanda adanya kerusakan komponen kompresor. Kompresor berfungsi untuk menyalurkan freon yang berada dalam tekanan tinggi dan kemudian disirkulasikan keluar bersama udara.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil

AC mobil dalam kondisi prima membuat kenyamanan lebih terasa selama perjalanan

>>>  Baca Juga, Jangan Mengarahkan AC Ke Wajah, Ini Bahayanya!

Selain kompresor, ada banyak masalah yang dapat menyebabkan AC mobil tidak maksimal atau berhenti bekerja. Untungnya AC mobil yang tidak maksimal sebenarnya relatif tidak membutuhkan anggaran yang besar. Pasalnya, bisa jadi ada selang hawa yang longgar sehingga menyebabkan kecilnya power blower di mobil. Masalah lainnya bisa juga karena filter kabin yang mampet sampai menyumbat aliran udara di dalam mobil.

Di sisi lain, jika masalahnya bukan karena itu. Kabar buruknya adalah kemungkinan terjadi kerusakan pada kompresor mobil yang tentunya membutuhkan biaya servis yang tidak sedikit. Untuk itu, ada berbagai ciri dan gejala yang segera harus kamu waspadai dan mengecek bagian kompresor AC mobil yang rusak.

Beberapa Gejala AC Mobil Rusak

1. Bunyi Yang Tidak Biasa

Gejala AC mobil yang rusak pertama yaitu terdapat bunyi ketika menyalakan tombol AC yang diubah ke posisi satu, dua atau tiga. Hal ini dibarengi dengan bunyi yang cenderung kasar, bunyi ini seperti suara ngorok mirip gesekan. Kemudian ketika tombol digeser kembali ke posisi off/mati, suara tersebut hilang. Bunyi tersebut umumnya disebabkan oleh berbagai masalah, di antaranya oli kompresor yang habis atau berkurang piston yang aus, AS yang kurang berpresisi dan trush bearing longgar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memutar knop putar AC Mobil

Mengetahui gejala AC mengalami kerusakan bisa membuat penanganan lebih cepat

>>> Baca Juga, Perhatikan, Berikut Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Mengalami Masalah

2. Adanya Kebocoran

Gejala AC mobil rusak selanjutnya adalah terdapat kebocoran. Adanya kebocoran bisa dicek melalui udara AC yang tidak dingin secara bertahap, tergantung dari seberapa besar kebocoran tersebut. Semakin besar lubang yang bocor berpengaruh terhadap cepat habisnya freon dan udara di dalam kabin semakin tidak terasa dingin. Namun begitu, kebocoran pada kompresor biasanya rata-rata membutuhkan waktu sampai enam minggu, hingga freon habis total.

3. Kompresi Berkurang

Kompresi yang berkurang ditandai dengan udara AC tidak dingin seperti biasanya pada saat RPM rendah. Namun ketika digas atau mobil  berjalan di kecepatan tertentu, embusan AC berubah jadi lebih dingin. Segeralah bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk penanganan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

gambar ini menunjukkan sebuah tangan ditempatkan di dekat kisi-kisi AC Mobil

Segera bawa ke bengkel jika terasa gejala AC rusak

4. Magnetic Clutch Assy

Magnetic clutch assy  adalah bagian dari kompresor AC. Biasanya alat ini rusak karena gulungan spul yang short atau putus. Gejala kerusakan Magnetic Clutch ditandai dengan perubahan suhu udara pada kabin yang secara tiba-tiba berubah.

Biasanya kasus ini terjadi ketika mobil sedang macet atau jalanan yang merayap, udara kabin yang tadinya dingin kini jadi terasa panas. Setelah dimatikan kemudian dinyalakan lagi, AC akan bekerja seperti biasanya dan udara kembali dingin. Hal ini juga disertai RPM mesin tinggi, di atas angka 1 (1.000 rpm).

Demikianlah informasi mengenai gejala AC mobil rusak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International