Mengenal Fungsi Water Repellent Untuk Mobil Dan Kelebihannya Saat Musim Hujan

10/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi saat musim hujan membutuhkan beberapa pendukung untuk membuatnya jadi lebih nyaman. Komponen pendukung tersebut seperti wiper dan cairan wiper serta yang berhubungan. Untuk kali ini kami akan membahas mengenai fungsi Water Repellent untuk mobil.

Saat ini sudah mulai musim penghujan, bahkan awal tahun 2020 ini turun hujan lebat dan membuat banjir di beberapa daerah. Namun kali ini kami tidak akan membahas soal banjir, akan tetapi lebih fokus pada fungsi Water Repellent untuk mobil dan kelebihannya.

Gambar ini menunjukkan cairan water repellent

Salah satu contoh cairan Water Repellent

>>>  Baca Juga, Jangan Asal, Berikut Tips Mudah Memilih Wiper Mobil Yang Sesuai Kendaraan!

Dengan adanya Water Repellent dapat membuat visibilitas pengendara tetap dalam kondisi yang prima. Disamping hal tersebut wiper juga berperan sangat penting dan merupakan salah satu fitur utama serta sangat berguna terutama di musim hujan.

Oleh sebab itulah pastikan wiper dapat bekerja dengan prima sehingga dapat menyeka kaca dengan baik. Selain itu, untuk membuat visibilitas pengendara tetap baik, tetap pertahankan suhu kabin agar kaca depan tidak mengalami pengembunan.  Hal ini dapat dilakukan dengan dukungan sistem pendingin kabin yakni AC.

Untuk mendukung hal tersebut terdapat cairan yang dapat membantu pengemudi saat musim hujan yakni Water Repellentt.

Fungsi Water Repellent

Cairan tersebut dapat memberikan efek layaknya daun talas yakni mencegah air menempel pada kaca mobil. Cairan ini tidak hanya dapat digunakan pada kaca mobil saja, bahkan bisa juga digunakan pada bagian bodi mobil. Dengan begitu air dapat meluncur bebas turun ke bawah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan wiper mobil menyapu kaca mobil

Water Repellent dapat memberikan efek daun talas pada kaca dan bodi mobil

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

Jika penggunaan diberikan pada kaca depan mobil, maka tanpa bantuan wiper air hujan akan langsung meluncur. Dengan begitu Water Repellent akan sangat bermanfaat bagi pengemudi terutama soal visibilitas pengemudi terhadap jalan, baik dalam kondisi gerimis ataupun hujan lebat. Bahkan hal tersebut juga mendukung kinerja wiper agar lebih maksimal.

Dengan menggunakan Water Repellent  maka dapat menghindari hujan meninggalkan noda di permukaan bodi mobil. Karena pada umumnya jika air lama menempel pada kaca depan akan menimbulkan bercak putih yang mengganggu. Sedangkan Water Repellent yang digunakan pada kaca spion dan kaca samping akan membantu pengemudi mobil dalam melihat sekitar kendaraan terutama saat kondisi hujan lebat.

Penggunaan Water Repellent

Dalam penggunaan cairan Water Repellent sebenarnya tidaklah sulit. Sobat bisa melakukannya dengan mencucinya terlebih dahulu. Tujuannya agar cairan yang nantinya diberikan dapat menempel dengan maksimal. Setelah kering seluruhnya barulah dilakukan pemberian cairan Water Repellent dengan menyemprotkannya ke kain microfiber baru digosokkan pada kaca mobil. Dalam prosesnya bisa digunakan dengan gerakan memutar dan merata.

Apalagi fungsi Water Repellent yang terbilang sangat berguna ketika musim penghujan.  Apabila ingin memberinya 2 lapis maka bisa melakukannya setelah lapisan pertama kering.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

gambar ini menunjukkan mobil melaju dalam kondisi hujan

Melapisi kaca depan dengan Water Repellent meningkatkan visibilitas berkendara

Kelebihan Water Repellent

Kelebihan Water Repellent tidak hanya untuk mencegah air menempel pada kaca mobil dan memberikan efek daun talas. Masih terdapat kelebihan lainnya seperti eksterior mobil yang terlihat lebih mengkilap dan kinclong. Kelebihan lain yang dimiliki Water Repellent adalah sebagai penghambat pertumbuhan jamur yang bisa saja terjadi pada permukaan kaca dan juga cat bodi mobil. Untuk membelinya Sobat bisa mendapatkannya di toko aksesoris mobil dengan harga bervariasi mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi Water Repellent untuk mobil dan kelebihannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International