Mengenal Fungsi Stabilizer Pada Kaki-Kaki Mobil, Bikin Mobil Lebih Stabil

07/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Salah satu bagian penting kendaraan adalah stabilizer. Posisinya berada di bagian kaki-kaki mobil. Fungsi stabilizer sangatlah penting karena berhubungan dengan pengendaraan supaya tetap aman dan nyaman.

Banyak komponen mobil dibuat dan dipasangkan pada kendaraan untuk mendukung kenyamanan berkendara. Salah satunya adalah supaya dapat mencegah guncangan terjadi ketika melewati jalanan yang kurang baik seperti bergelombang ataupun berlubang. Lantas apa sih fungsi stabilizer yang terdapat pada kaki-kaki mobil?

Stabilizer memiliki peranan yang penting, akan tetapi tidak semua mobil mempunyai komponen tersebut. Bahkan bisa juga dengan membelinya di luar produk resmi untuk bisa mendapatkan dan memasangkannya pada mobil. Saat sudah dipasangkan maka akan merasakan manfaat yang besar.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi bagian kaki-kaki mobil diberikan stabilizer

Stabilizer memiliki manfaat yang banyak

>>> Baca Juga, Mengetahui Pengertian Teknologi Air Suspension Dan Cara Kerjanya

Fungsi Stabilizer Mobil Pada Kaki-Kaki

Stabilizer memiliki fungsi untuk membuat kendaraan lebih stabil pada saat dikemudikan. Bentuknya berupa batang panjang dan juga melintang dengan konstruksi yang kuat dan tidak mudah rusak. Hal tersebut menjadikan banyak kendaraan besar yang dipasangi komponen tersebut.

Dengan pemasangan komponen tersebut akan dirasakan beberapa manfaat seperti kemiringan saat berbelok akan berkurang yang disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal. Tidak hanya itu, mobil akan tetap stabil ketika melewati belokan. Ban mobil juga dapat mempunyai cengkraman yang lebih tinggi terhadap permukaan jalanan pada saat mobil digunakan untuk membelok. Bagi Sobat yang ingin merasakan manfaatnya maka bisa dilakukan pemasangan komponen tersebut.

Dalam pemasangannya, komponen stabilizer akan dipasangkan pada bagian lower arm di bagian sistem suspensi depan dengan melalui bantalan karet dan linkage. Kemudian pada bagian tengah akan dilakukan pengikatan pada stabilizer bar kepada 2 tempat dengan mengandalkan bushing.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan Toyota Avanza tampak belakang

Pemasangan stabilizer umumnya pada mobil besar atau mobil dengan kapasitas lebih dari 5 penumpang

>>> Baca Juga, Begini Cara Bikin Suspensi Mobil Model Udara Lebih Awet

Selain diberikan pada mobil besar, ternyata fungsi stabilizer juga bisa dimanfaatkan oleh mobil sport. Dengan memasangkannya maka mobil akan lebih stabil saat dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Selain soal tersebut ada pula pertanyaan terkait hal tersebut, apakah semua kendaraan perlu menggunakan stabilizer?

​​​​​Setelah membaca informasi di atas, maka bisa saja seseorang timbul pikiran tersebut. Bila timbul pertanyaan tersebut terkait pemasangan, maka untuk jawaban adalah tergantung dari keperluan dan juga mobil yang dimiliki.

Berdasarkan informasi yang telah disebutkan, stabilizer biasanya kerap dipasangkan pada mobil dengan bodi besar contohnya adalah jenis MPV.  Selain bodi yang besar, mobil juga dapat digunakan lebih dari 5 penumpang. Oleh sebab itulah stabilitasnya perlu dijaga selama perjalanan dengan baik. Ditambah lagi manuver yang kerap dilakukan maka alat bantu dibutuhkan agar mobil tetap stabil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik mengecek kaki-kaki mobil

Pemasangan stabilizer disesuaikan dengan jenis mobil dan kebutuhan

Mengingat fungsi stabilizer pada kaki-kaki mobil memiliki banyak manfaat, banyak saran dipasangkan pada mobil sport. Tujuannya adalah tetap stabil saat melaju pada kecepatan tinggi, jadi bila Sobat ingin memasang stabilizer sebaiknya sesuaikan dengan jenis mobil dan kebutuhan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International