Mengenal Fungsi Roof Rail Pada Mobil Dan Teknik Pemasangannya

22/02/2021 Abdul Tips & trik mobil

Pada beberapa mobil telah diberikan roof rail yang posisinya di atas kendaraan. Aksesoris tersebut dapat membuat tampilan mobil terlihat gagah. Pemasangan roof rail pada mobil juga dapat dilakukan apabila tidak memilikinya. Bahkan terdapat beberapa tipe roof rail yang diberikan pada kendaraan.

Kali ini kami akan membahas mengenai fungsi roof rail pada mobil serta beberapa teknik pemasangannya. Dengan begitu bila mobil Sobat tidak memilikinya bisa dilakukan pemasangan.

Tipe Roof Rail Pada Mobil

Terdapat 2 tipe roof rail yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat yakni flush mounted dan C. Pada tipe C bentuknya seperti huruf C atau busur panah dan bila dilakukan pemasangan akan terdapat jarak beberapa sentimeter atau rongga antara atap mobil dan roof rail sisi tengahnya. Sedangkan tipe flush mounted dipasangkan ditempelkan secara menyeluruh sehingga tidak mempunyai jarak sama sekali.

Gambar ini menunjukkan roof rail tipe flush mounted di atap mobil

Ada 2 tipe roof rail yakni tipe flush mounted dan tipe C

>>> Tips Memilih Roof Box pada Mobil Yang Tepat

Fungsi Roof Rail Pada Mobil

Selain membuat tampilan mobil terlihat lebih gagah, fungsi lainnya adalah sebagai tempat roof rack dan juga roof box. Dengan begitu bisa sebagai tempat barang bawaan tambahan saat bagasi mobil penuh. Namun saat membawa barang di atas tetap memperhatikan bobot maksimal kendaraan supaya tetap aman. Biasanya seseorang melakukan pemasangan roof box atau roof rack ketika menempuh perjalanan cukup jauh dan akan menginap seperti mudik dan lainnya.

Dapat Membelinya & Memasangnya

Tidak semua kendaraan dibekali dengan roof rail. Sehingga saat akan memasang roof rack dan roof box akan sulit untuk dilakukan. Aksesoris satu ini memang dijadikan sebagai tambahan pada kendaraan. Bila berminat dengan roof rail bisa melakukan pembelian dan memasangnya. Yang perlu diingat adalah saat melakukan pembelian sebaiknya memperhatikan jenis kendaraan dan juga keamanannya. Bahan materialnya juga perlu diperhatikan supaya berumur panjang dan memberikan keamanan saat digunakan.

Dalam pembelian juga perlu mempertimbangkan kegunaannya. Apabila hanya untuk terlihat lebih tangguh maka bisa pasang yang biasa dengan tampilan yang keren dan menarik. Akan tetapi jika ingin dipakai untuk membawa barang maka sebaiknya memilih roof rail yang kuat dan bisa menanggung beban yang berat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan roof rail tipe C pada atap mobil

Roof rail juga buat tampilan mobil lebih gagah

Teknik Melakukan Pemasangan Roof Rail Pada Mobil

Mobil telah didesain sedemikian rupa oleh pihak pabrikan. Begitupun penambahan roof rail atau tidak telah diperhitungkan dengan matang supaya bisa sesuai dengan kebutuhan para konsumennya. Yang perlu diketahui adalah,dalam pemasangan aksesoris tambahan bisa saja membuat tampilan mobil kurang menarik. Oleh sebab itu beberapa hal perlu diperhatikan, salah satunya adalah teknik pemasangannya. Berikut ini merupakan beberapa teknik memasang roof rail pada mobil.

1. Dilakukan Pengeboran

Untuk roof rail yang menggunakan bahan titanium dan juga besi pemasangannya perlu dibor. Karena bahannya yang keras jika dijepit maka tidak akan kuat dan bisa beresiko terlepas. Untuk pemasangan ini bila tidak dilakukan dengan benar maka efeknya adalah saat hujan bisa mengalami kebocoran.

2. Dilakukan Penjepitan

Untuk teknik dijepit bahan yang digunakan sama-sama besi. Namun kekuatannya tidak seperti yang menggunakan teknik dibor. Oleh sebab itu, meskipun hanya dijepit tapi tetap kuat menempel pada atap mobil. Hanya saja untuk efeknya adalah atap bisa saja ketarik roof rail sehingga bengkok.

>>> Ingat, Ada Aturan Pasang Roof Rack Dan Roof Box Di Atap Mobil Untuk Keamanan

3. Dilakukan Pengeleman

Teknik terakhir dengan melakukan pengeleman. Biasanya untuk pengeleman, roof rail yang digunakan menggunakan bahan material serat karbon dan fiber. Umumnya lem yang dipakai dalam teknik ini adalah jenis sealer. Bahkan serat karbon dan fiber mempunyai bobot yang ringan. Hanya saja roof rail bahan ini tidak bisa menahan beban yang berat seperti alumunium atau besi.

Gambar ini menunjukkan roof box ditempatkan di atas roof rail mobil

Roof rail untuk dijadikan memasang roof box dan roof rack

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Demikianlah informasi mengenai fungsi roof rail pada mobil dan juga teknik pemasangannya. Semoga bermanfaat dan utamakan keamanan dan kenyamanan saat melakukan penambahan aksesoris pada mobil yang dimiliki.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International