Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti

11/05/2021 Abdul Tips & trik mobil

Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

Jadi terdapat banyak jenis oli di dalam mobil. Oli gardan pada mobil menjadi salah satu jenisnya yang juga perlu dilakukan penggantian secara berkala. Oleh sebab itulah, kadang kala oli ini kerap terlupakan. Meskipun begitu, bagi pemilik yang tertib melakukan perawatan tidak perlu khawatir karena sudah diurus pihak mekanik bengkel.

Gambar ini menunjukakn kolong mobil dan terdapat ban cadangan

Terdapat beberapa jenis oli dalam mobil

>>> Mengetahui Cara Untuk Pengisian Oli Kompresor AC Mobil

Oli gardan sendiri merupakan sebuah oli yang digunakan untuk memberikan pelumas pada bagian kontak gigi yang terdapat pada box gardan. Selain itu, oli ini juga memberikan perlindungan terhadap pinion gear dengan tujuan supaya tidak langsung bersinggungan dengan bearing. Pada umumnya untuk oli gardan dilakukan penggantian mengikuti pemakaian kendaraan. Biasanya pihak bengkel akan menyarankan untuk  melakukan penggantian ketika mobil mencapai jaran 20.000 km dan maksimalnya adalah 40.000 km.

Apabila dilihat dari penjelasan diatas memang tidak terlalu penting secara sekilas, karena terdapat perbedaan dengan oli mesin. Jadi dengan tugas yang tidak terlalu berat maka hal tersebut menjadi salah satu alasan penggantiannya oli gardan pada mobil tidak dilakukan tepat waktu. Untuk bentuknya, oli gardan umumnya lebih kental apabila dibandingkan dengan oli mesin. Kalau dilihat dari segi hubungan umumnya lebih ke oli transmisi yang biasanya juga dilakukan penggantian dengan waktu yang sama dengan oli gardan.

Biasanya pemilik mobil melakukan penggantian oli gardan bersamaan dengan oli transmisi ketika mobil sudah digunakan untuk mencapai jarak 40.000 km. Perkiraannya adalah mobil telah digunakan untuk menemani aktivitas 1,5 tahun sampai 2 tahunan. Jadi karena penggantiannya setiap 2 tahun sekali kadang menjadikan pemilik mobil kelupaan dalam penggantian. Melihat hal tersebut, untuk mengantisipasi supaya tidak lupa pihak pemilik mobil diharapkan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi. Nantinya saat sudah waktunya mengganti akan diberikan informasi sehingga tidak telat dalam penggantian oli gardan.

>>> Mengenal Beberapa Jenis Dan Komponen Pompa Oli Mobil

Gambar ini menunjukkan gir box pada kendaraan

Penggantian oli gardan biasanya bersamaan dengan oli transmisi

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti

Selain hal tersebut, terdapat pula tanda-tanda oli gardan perlu dilakukan penggantian. Berikut ini merupakan tanda-tandanya:

1. Muncul Suara Yang Berasal Dari Kolong Mobil

Hal pertama yang kerap menjadi tanda oli gardan sudah saat nya diganti dan mudah dikenali adalah dari kolong mobil muncul suara berdengung. Meskipun suara kendaraan tidak terdengar dari kabin dan dalam kondisi tertutup, akan tetapi suara kerusakan akan dapat dikenali. Hal tersebut dikarenakan sudah tidak licinnya permukaan gear sehingga muncul suara dengung karena gesekan.

2. Terasa Getaran Pada Bodi Mobil

Ciri selanjutnya adalah bodi mobil sangat terasa getarannya. Jadi biasanya mobil nyaman saat digunakan tapi karena sudah saatnya mengganti oli gardan maka hal tersebut tidak dirasakan kembali. Sobat bisa melakukan pengujian ketika berbelok atau melintasi jalanan yang menurun. Apabila mobil sulit untuk dikendalikan dan getarannya kuat maka itu tandanya.

3. Warna Oli Berubah

Untuk ciri terakhir adalah warna oli yang mengalami perubahan. Biasanya warnanya berubah menjadi abu-abu metalik gelap atau putih keabu-abuan. Tidak hanya warna saja, oli juga akan berubah jadi lebih encer. Akibat warnanya berubah adalah pada saat mobil digunakan untuk melintasi genangan air atau banjir.

>>> Beberapa Ciri-Ciri Oli Mobil Perlu Diganti Agar Kondisinya Tetap Prima

Gambar ini menunjukkan pengurasan oli gardan pada mobil

Dengan servis berkala maka masalah akan diatasi oleh para mekanik

Demikianlah informasi mengenai fungsi oli gardan pada mobil dan tanda oli perlu dilakukan penggantian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk merawat mobil dengan baik dan secara rutin.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International