Mengenal Fitur FCM Dan UMS Pada Mobil Dukung Keselamatan Berkendara

29/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Ketika seseorang membeli sebuah kendaraan, salah satu hal yang kerap dijadikan pertimbangan adalah fitur yang diberikan. Berkat penggunaan fitur maka kenyamanan dan keamanan seperti fitur FCM dan UMS mengalami peningkatan. Pada beberapa kondisi kadang bisa membuat konsentrasi mengalami penurunan Atau bisa juga karena belum lancar dalam mengemudi sehingga membuat salah menginjak pedal.

Salah menginjak pedal bukan karena faktor kesengajaan. Meskipun begitu, akibat yang bisa terjadi bagi pengendara sendiri dan pengguna jalan lain. Melihat hal tersebut pengembangan fitur dilakukan supaya memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumennya. Salah satunya adalah memberikan fitur FCM dan UMS pada mobil. Salah satu mobil baru yang mendapatkan fitur tersebut adalah Mitsubishi Pajero Sport.

Gambar ini menunjukkan mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru

Salah satu mobil yang diberikan fitur FCM dan UMS

>>> Baca Juga, Beberapa Fitur Mobil Untuk Perjalanan Jauh Dukung Keamanan & Kenyamanan

Fitur UMS atau Ultra Mis-acceleration Mitigation System  adalah sebuah teknologi yang diberikan berhubungan dengan keselamatan yang berupa sensor radar. Di mana sensor tersebut terintegrasi, jadi ketika mendeteksi ada hambatan baik di bagian depan maupun belakang kendaraan maka sinyal otomatis akan dikirim. Hal tersebut mengandalkan 4 buah sensor yang ada di belakang dan di depan juga mengandalkan 4 sensor.

Oleh sebab itu ketika pengemudi salah dalam menginjak pedal maka akselerasi akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem UMS. UMS juga otomatis melakukan pengontrolan pada output mesin jika pengemudi tanpa sadar melakukan penginjakan pedal gas.

Berhubungan dengan fitur FCM dan UMS pada mobil, dari pihak Boediarto selaku Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha memberikan penjelasan tentang fitur UMS.

>>> Lihat Juga, Mengenal Fitur Blind Spot Warning, Perjalanan Lebih Aman Saat Ingin Pindah Jalur Atau Menyalip

Gambar ini menunjukkan fitur UMS saat ada halangan didepanGambar ini menunjukkan fitur UMS saat ada halangan di belakang

Sensor pada fitur UMS ada di depan dan belakang

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

"Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya adalah seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja. Tapi kalau gasnya diinjak pelan-pelan, nggak berfungsi fitur itu. Jadi namanya Ultrasonic Mis-Acceleration, atau akselerasi yang tidak diharapkan baik maju maupun mundur bisa dicegah dengan fitur ini," ungkapnya dilansir dari laman resmi Mitsubishi.

Kemudian terdapat sedikit perbedaan antara fitur UMS dan FCM. Dimana FCM atau Forward Collision Mitigation dapat memberikan bantuan kepada pengendara pada saat di depan terdapat kendaraan tapi pengemudi lengah karena tidak menginjak rem dan mengurangi laju kendaraan. Pada saat dalam kondisi tersebut maka sinyal suara akan diberikan sebagai peringatan.

Apabila saat sudah diberikan sinyal suara tapi pengemudi tetap tidak ada respon, maka akan tetap diberikan sinyal suara namun ada tambahan berupa pengereman secara perlahan atau perlambatan yang terjadi otomatis. Nah bila ternyata masih tidak ada respon dari pengemudi maka sistem akan menganggapnya sedang tertidur dan pengereman akan dilakukan secara otomatis.

>>> Baca Juga, Fungsi Fitur Smart E-Mirror Dan Keuntungan Yang Didapatkan

Gambar ini informasi saat fitur FCM dalam kondisi aktif

Fitur FCM memberikan peringatan terlebih dahulu baru melakukan pengereman

Nah dengan pemberian fitur FCM dan UMS pada mobil, harapannya pengendara dan penumpang di dalam mobil bisa lebih aman. Sehingga di jalanan bisa meminimalisir kecelakaan yang terjadi, karena kecelakaan bisa saja merugikan banyak pihak. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International