Mengenal Fitur Brake Assist Pada Mobil & Cara Mengetahuinya

11/08/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil jaman sekarang telah dilengkapi dengan fitur serta teknologi modern dan canggih. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Salah satu fitur yang terdapat pada kendaraan masa kini adalah fitur Brake Assist seperti yang diberikan pada mobil Toyota.

Fitur Brake Assist menjadi salah satu pendukung dalam menjaga keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Untuk menunjang keselamatan berkendara, beberapa fitur keselamatan yang tergolong standar di Indonesia adalah Brake Assist (BA) dan ABS (Anti-lock Braking System).

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalan raya

Fitur keselamatan berkendara diberikan pada mobil semakin canggih

>>> Baca Juga, Hampir Mirip, Ini Perbedaan Moonroof, Sunroof Dan Panoramic Roof

Sebagai pengetahuan, fitur ABS merupakan salah satu teknologi pengereman yang berfungsi untuk mencegah roda jadi terkunci ataupun selip saat mengerem secara mendadak. Hasilnya pengendalian mobil jadi lebih optimal sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Sementara untuk fitur Brake Assist  merupakan salah satu fitur keselamatan pada kendaraan yang aktif dan dirancang untuk pengemudi agar saat berhenti dapat diberi bantuan sehingga bisa lebih cepat saat melakukan pengereman darurat. Jadi untuk kinerjanya adalah saat mengerem secara mendadak maka fitur tersebut akan menerapkan gaya tambahan pada sistem pengereman.

Kalau bahasanya disederhanakan bahasa teknisnya adalah kekuatan menjepit kaliper yang terdapat pada kampas rem ditingkatkan. Untuk kinerjanya mengandalkan sensor ECU, untuk mengetahui apakah pengereman darurat atau tidak sesuai dengan injakan pedal rem oleh pengemudi dan juga gaya yang diterapkan.

Apabila cukup keras dan cepat dalam menginjak pedal rem sehingga melewati ambang batas yang  telah diterapkan oleh pihak pabrikan, maka sensor akan mendeteksi adanya keadaan darurat. Dengan begitu sensor ECU akan mengirimkan sinyal pada fitur Brake Assist agar pengereman ditingkatkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Brake Assist pada mobil

Sensor Brake Assist diberikan pada kendaraan jadi satu dengan sensor ABS

>>> Lihat Juga, Mengetahui Cara Kerja i-Talk Yang Lagi Booming Pada Mobil DFSK i-Auto 2019

Jadi untuk BA ini dapat memberikan bantuan kepada pengemudi saat menginjak pedal rem namun tidak cukup gaya dari rem yang telah diterapkan. Untuk lebih tepatnya adalah saat tidak cukup cepat dalam menginjak pedal rem. Tapi untuk fitur ini biasanya tersedia pada kendaraan yang telah dibekali dengan fitur ABS. Hal tersebut dikarenakan sensornya dibuat menyatu yang terdapat pada sistem pengereman kendaraan.

Walaupun begitu, fitur BA ini hanya menjadi pelengkap fitur ABS pada mobil. Jadi kalau untuk menggantikan fitur ABS pada pengereman yang bekerja mencegah ban selip dan mengerem lebih efisien tidak dapat dilakukan. Yang perlu diperhatikan oleh pengemudi adalah ambang batas yang telah ditentukan oleh pihak pabrikan fitur Brake Assist tidak ikut bekerja saat sedang tidak perlu. Apalagi untuk ambang batasnya memang sengaja dibuat tinggi.

Untuk mengetahui apakah mobil mempunyai fitur BA atau tidak bisa dirasakan saat mengemudi atau saat melakukan test drive. Hal tersebut dikatakan oleh pihak Tommy Hermansyah selaku Product Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Kalau secara detail memang dari data spesifikasi, tapi bisa juga dirasakan sendiri, saya sendiri kerap melakukannya, penasaran apakah mobil ini memiliki BA atau tidak. Ternyata perbedaannya cukup terasa antara yang memakai dan tidak,” tutur Tommy.

Pihaknya juga melanjutkan bahwa dalam pengetesan bisa dilakukan dengan sederhana. Cukup dengan menjalankan mobil dan menginjak sedikit rem saja.

“Kalau mobil tidak memiliki BA, efeknya tidak ada pengaruh apa-apa ketika diinjak sedikit remnya, atau bisa disebut kosong. Sementara jika mobil memiliki BA, dengan disenggol sedikit sudah terasa, mobil ini padat remnya,” tutur Tommy.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan kaki sedang menginjak pedal rem dan kopling

Brake Assist menjadi salah satu fitur pendukung keselamatan berkendara

Demikianlah informasi mengenai fitur Brake Assist pada mobil dan juga cara mengetahui apakah mobil mempunyai atau tidak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca