Mengenal Cara Kerja Dari Airbag Pada Mobil Toyota Beserta Fungsinya

13/12/2018 Abdul Tips & trik mobil

Airbag merupakan salah satu fitur yang terbilang wajib di jaman sekarang. Apabila tidak ada fitur ini maka mobil jarang dilirik oleh masyarakat di Indonesia. Komponen ini merupakan salah satu fitur keselamatan yang yang terdapat pada mobil Toyota. Lantas sebenarnya bagaimana cara kerja airbag pada mobil Toyota dan fungsinya apa?

Airbag sendiri memiliki banyak nama yang dilihat secara teknis seperti SIR (Supplemental Inflatable Restraint), ACRS (Air Cushion Restraint System) dan SRS (Supplementary Restraint System). Toyota sendiri merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang memasarkan produknya di Tanah Air dan juga seluruh negara di dunia. Produsen asal Jepang ini mengutamakan keselamatan bagi pengendaranya, jadi tidak heran jika memasang fitur airbag pada mobil Toyota.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi penumpang yang terlindung dari benturan oleh airbag pada kemudi mobil

Airbag melindungi bagian kepala, dada dan leher saat terjadi benturan atau kecelakaan

Untuk pengertian dari airbag sendiri adalah suatu fitur keselamatan yang mempunyai bentuk kantung udara. Bagian ini dapat mengembang secara otomatis ketika terjadi benturan keras atau saat kecelakaan di jalan.

Sedangkan untuk fungsinya sendiri adalah untuk  memberikan perlindungan pada bagian kepala, dada dan juga leher pengemudi serta penumpang yang berada di dalam kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap mobil semua merk

Pada mobil Toyota terdapat sensor airbag yang letaknya mengikuti airbag. Maksudnya adalah, dimana tempat airbag berada maka akan terdapat sensor. Contohnya adalah saat airbag posisinya berada di bagian depan, maka sensornya juga berada di depan. Begitu juga saat airbag di posisi samping kendaraan, maka sensornya juga ada di bagian samping.

Selanjutnya untuk cara kerja airbag pada mobil Toyota adalah saat terjadi benturan ataupun kecelakaan maka sensor akan mendeteksinya secara otomatis. Setelah itu akan dikirimkan menuju modul kontrol sehingga airbag dapat mengembang. Pada umumnya sensor berada di bagian depan pada mobil Toyota keluaran lama. Sedangkan untuk mobil keluaran terbaru, sensor posisinya berada di modul airbag.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi airbag yang berada di dalam mobil di bagian depan dan samping

Airbag merupakan fitur keselamatan wajib pada mobil masa kini

>>> Baca juga, Ingin Membeli Mobil Kedua, Sebaiknya Pertimbangkan Hal Ini Terlebih Dahulu!

Jadi untuk modul airbag ini adalah salah satu komponen  yang berupa komputer kecil yang bertugas menerima data benturan yang terjadi dan juga memutuskan airbag mana yang akan mengembang. Dengan adanya airbag pada mobil Toyota tentunya akan memberikan rasa tenang bagi pengemudi dan penumpang. Karena jika tidak ada fitur ini maka pengemudi dan penumpang akan terbentur benda yang terletak di depannya.

Pada saat terjadi kecelakaan atau mengalami benturan maka airbag akan mengembang dan kepala dari pengemuda dan juga penumpang akan mengenai airbag. Setelah itu secara otomatis gas nitrogen yang berada di dalam airbag akan otomatis keluar dengan sendirinya dan akan mengempis dalam waktu yang singkat.

Melihat penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja airbag, tentunya akan memberikan rasa lebih aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Namun jangan sampai melupakan hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada mobil yang terdapat airbag. Seperti misalnya berdiri di tempat lokasi airbag, terlalu dekat dengan bagian airbag ataupun memukul letak dimana airbag berada. Karena jika melakukan hal tersebut maka malah dapat beresiko menimbulkan cedera parah saat terjadi benturan ataupun kecelakaan.

>>> Baca juga, Bagaimana Untuk Menghindari Cedera Ketika Terjadi Kecelakaan

Gambar ini menunjukkan bagian depan interior mobil dengan airbag yang sudah mengempis

Jika pernafasan terganggu setelah airbag mengembang segera buka pintu atau jendela

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi dan cara kerja airbag pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International