Mengenal Beberapa Komponen Bahan Bakar Pada Mobil, Ada Banyak Lho!

16/12/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa komponen bahan bakar pada mobil yang tentunya berfungsi untuk tempat dan menyalurkan bahan bakar pada kendaraan. Dengan adanya komponen tersebut maka mobil dapat bekerja dengan semestinya. Setiap komponen mempunyai fungsi masing-masing dan saling berhubungan.

Mobil terdapat beragam fitur dan komponen untuk mendukung kinerjanya. Dengan beragam komponen yang diberikan pemilik dapat pergi ke tempat yang dituju sesuai keinginannya dengan nyaman. Nah kali ini kami akan membahas mengenai komponen bahan bakar pada mobil.

Beberapa Komponen Bahan Bakar Pada Mobil

Adapun pembahasan kali ini terkait akan sistem pembakaran yang terdapat pada mobil konvensional. Berikut beberapa komponennya:

1. Tangki BBM Mobil

Pembahasan pertama adalah tangki yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menyimpan bahan bakar sementara atau menampung bahan bakar. Umumnya tangki ditempatkan di bagian bawah belakang mobil dengan kondisi tertutup. Hal tersebut bertujuan supaya terhindar dari bahaya seperti bisa mengalami benturan.

Gambar ini menunjukkan tangki bahan bakar di bawah kendaraan

Posisi tangki di bawah bagian belakang dan ter;indung dengan sangat baik

>>> Baca Juga, Mengetahui Beberapa Komponen Pada Suspensi Mobil

Tidak hanya itu saja, tangki bahan bakar juga mempunyai lapisan anti karat karena untuk mengantisipasi sifat dari bahan bakar. Ada juga separator yang mempunyai fungsi sebagai penahan ketika terjadi guncangan yang berlebih dan berguna supaya bahan bakar tetap berada di tangki meskipun mobil mengalami kemiringan karena kondisi jalan dan hal lainnya.

2. Saringan BBM

Komponen selanjutnya yang kita bahas adalah saringan BBM. Yang mana untuk fungsinya adalah sebagai penyaring saat ada kotoran yang ikut masuk bersamaan dengan bahan bakar mobil. Untuk posisinya biasanya ditempatkan diantara pompa bahan bakar dan tangki BBM. Meskipun begitu, ada juga kendaraan yang punya 2 saringan. Jadi tidak hanya digunakan sebagai saringan kotoran saja, akan tetapi juga untuk memisahkannya dengan air supaya tidak masuk ke bagian ruang bakar mesin mobil. Dengan begitu pembakaran yang terjadi dapat lebih bersih dan dapat memaksimalkan proses kinerja mesin mobil.

3. Pompa BBM

Komponen bahan bakar pada mobil selanjutnya adalah pompa bahan bakar. Fungsinya adalah untuk memompa BBM supaya bisa ke karburator dari tangki mobil. Apalagi tangki BBM posisinya berada di bawah, jika tidak dipompa maka bahan bakar tidak akan naik ke bagian karburator. Pompa sendiri ada 2 jenis yang dipasangkan kendaraan yakni yang mengandalkan sistem elektrik dan sistem mekanik.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan pompa  bahan bakar dipegang dengan tangan

Pompa bahan bakar atau fuel pump untuk memompa bahan bakar supaya sampai ke karburator

>>> Baca Juga, Mobil Tidak Nyaman Dikendarai? Bisa Saja Ada Masalah Pada Suspensi Mobil

4. Pipa BBM

Pipa BBM mempunyai fungsi untuk menjadi jalan dari tangki ke bagian karburator. Jadi tugasnya sangatlah penting karena menjadi perantara komponen-komponen lain seperti saringan, pompa bahan bakar dan juga tangki.

5. Pipa Pengembali BBM

Untuk bagian ini jarang yang mengetahuinya, jadi jika karburator sudah penuh dan tidak dibutuhkan lagi maka bahan bakar akan dikembalikan ke bagian tangki BBM. Pengembalian ini mengandalkan pipa pengembali BBM.

6. Charcoal Canister

Komponen bahan bakar pada mobil satu ini memiliki fungsi sebagai penampung uap yang dihasilkan oleh BBM di tangki. Setelah terkumpul nantinya akan diteruskan ke bagian intake manifold. Dengan begitu polusi udara yang terdapat pada uap tetap terjaga dengan baik.

7.Karburator

Karburator menjadi tempat bahan bakar setelah berada di tangki. Setelah itu bahan bakar akan dicampurkan dengan udara dengan mengandalkan rasio yang tepat. Dengan begitu pembakaran yang terjadi akan sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan. Jika ternyata rasionya salah maka bisa menyebabkan kebanjiran di bagian karburator. Untuk posisinya biasanya dekat dengan pompa bahan bakar dan dihubungkan dengan intake manifold secara langsung.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan karburator sedang dilakukan pengaturan

Karburator menjadi tempat untuk mencampur udara dan bahan bakar

8. Fuel Emission Line

Bagian ini merupakan tempat untuk mengalirkan emisi BBM menuju ke bagian sistem pembakaran kendaraan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komponen bahan bakar pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan bagi Sobat semua dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International