Mengenal Beberapa Jenis Surat Tilang, Ada Yang Diterima Pelanggar Dan Pihak Pengadilan

30/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa jenis surat tilang yang diberlakukan Indonesia. Surat tilang tersebut mempunyai perbedaan yang terlihat yakni dari segi warnanya. Jadi setiap jenis surat tilang digunakan oleh pihak kepolisian tergantung kondisi.

Surat tilang merupakan surat bukti pelanggaran yang diberikan pihak kepolisian kepada pengendara. Di Indonesia sendiri ada 5 jenis surat tilang yang ditandai dengan perbedaan warna yakni putih, biru hijau, kuning dan merah. Untuk penggunaannya sesuai kondisi dan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pengendara.

Di jalanan terdapat rambu-rambu lalu lintas yang perlu diketahui, dipahami dan juga diikuti. Dengan mengetahuinya dan menaati rambu-rambu maka pengemudi tidak akan terkena sanksi tilang. Selain soal tilang menilang, melakukan pelanggaran dapat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Gambar ini menunjukkan beberapa polisi sedang melakukan razia

Jika melakukan pelanggaran maka akan ditilang polisi

>>> Lihat Juga, Hindari Kena Denda, Ketahui Kamera Tilang Elektronik Dengan Aplikasi Ini

Terdapat beberapa surat tilang yang nantinya akan diberikan kepada polisi, kejaksaan, pengadilan dan pelanggar. Berikut ini penjelasan dari 5 surat tilang tersebut yang mempunyai warna berbeda dilansir dari laman Auto2000.

Mengenal Jenis Surat Tilang

Jika pengendara melanggar peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan di jalan raya maka akan diberikan surat tilang sebagai surat bukti pelanggaran. Salah satu contohnya adalah menerobos lampu lalu lintas saat hijau, tidak membawa atau punya SIM dan lainnya. Berikut ini beberapa surat tilang yang salah satunya akan diberikan kepada pelanggar.

1. Warna Merah

Surat tilang yang menggunakan warna merah akan diberikan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran. Dengan surat tersebut pelanggar dapat melakukan pembelaan ketika sedang melakukan persidangan pada tanggal yang telah ditentukan. Umumnya surat tilang dengan warna tersebut diperuntukkan untuk pelanggar yang dapat menghadiri pengadilan dan ikut dalam persidangan. Untuk soal dendanya nanti akan diputuskan pada saat melakukan persidangan.

2. Warna Biru

Untuk surat tilang warna biru juga bisa diberikan kepada pengendara. Hanya saja untuk jenis ini biasanya dapat dilakukan pembayaran langsung tanpa perlu melakukan persidangan. Pelanggar dapat membayar melalui bank BRI ataupun Lembaga lainnya yang telah melakukan Kerjasama dengan pihak kepolisian. Dengan surat tilang ini kasus pelanggaran akan selesai setelah membayar denda jadi tidak perlu sampai ke persidangan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan surat tilang merah dan biru

Ada 5 jenis surat tilang untuk pelanggar dan bukti di persidangan

>>> Baca Juga, Mengenal Jenis Pelanggaran Yang Diintai Tilang Elektronik Dan Dendanya

3. Warna Hijau

Jenis surat tilang selanjutnya menggunakan warna hijau, memang seperti warna kuning karena tidak akan diberikan kepada pelanggar. Surat ini nantinya akan diberikan kepada pengadilan yang nantinya digunakan ketika sidang berlangsung. Jadi pengadilan juga punya bukti atau arsip mengenai pelanggaran yang telah dilakukan oleh pihak pengendara. Dengan surat tilang yang berwarna hijau membuat pengadilan dapat mempertimbangkan nominal denda yang akan dibebankan kepada pihak pelanggar.

4. Warna Kuning

Untuk surat tilang warna kuning merupakan sebuah dokumen yang tidak akan diserahkan kepada pelanggar namun menjadi arsip pihak kepolisian. Surat tersebut akan digunakan untuk pengurusan administrasi. Adapun contohnya adalah polisi dapat membuat laporan terkait pelanggaran yang dilakukan pengendara dan banyaknya kasus yang dilakukan dalam jangka satu bulan ataupun satu tahun yang sudah terlewati.

​​​​​​​5. Warna Putih

Selanjutnya menggunakan warna putih yang akan menjadi milik dari kejaksaan. Umumnya surat tilang akan dibawa oleh pihak kejaksaan sebagai bukti dan menimbang sehingga didapatkan hukuman atau denda yang akan dijatuhkan untuk pelanggar. Jadi semuanya memiliki bukti pelanggaran baik itu orang yang melanggar ataupun pihak kejaksaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan surat tilang dengan warna kuning

Mengetahui surat tilang terbilang penting bagi pengendara

Dengan melihat beberapa info di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hanya 2 jenis surat tilang saja yang bisa diberikan kepada pengendara yang melanggar yakni biru dan merah. Jika dirasa tidak dapat menghadiri sidang bisa meminta surat tilang warna biru supaya dapat membayar denda secara langsung.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International