Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki Atau Nyeker Itu Bahaya, Ini Alasannya

30/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil merupakan salah satu hal yang diinginkan banyak orang. Saat belum mempunyai sebuah kendaraan roda 4, bisa mengemudi sepertinya menyenangkan. Namun jika ditanya seseorang yang sering mengemudi, jawabnya lebih enak jadi penumpang. Untuk pembahasan kali ini terkait mengemudi mobil tanpa alas kaki alias nyeker.

Mengemudi mobil tanpa alas kaki merupakan salah satu kebiasaan buruk. Bahkan terdapat resiko yang bisa didapatkan jika melakukannya berlarut-larut. Tidak dipungkiri, mengemudi mobil tidak bisa sambil melakukan aktifitas lain. Fokus dan konsentrasi perlu dilakukan demi keselamatan diri sendiri, penumpang dan pengendara lain.

Saat mengemudi membutuhkan pakaian dan juga alas kaki, tidak perlu yang mahal tapi pilih yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan. Ada yang unik di Indonesia, yang mana terdapat kebiasaan seseorang yang menyetir tanpa alas kaki alias nyeker. Untuk alasannya terbilang lucu yaitu tidak dapat merasakan feeling saat pakai alas kaki.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di jalan tol

Mengemudi mobil perlu konsentrasi dan tidak bisa melakukan aktivitas lain

>>> Baca Juga, Mengemudi Mobil Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri Saat Tekan Pedal Rem

Memang tampak sepele, dikutip dari laman Suzuki Indonesia pada 28/8/2020, bahwasanya mengemudi  nyeker ada resikonya seperti kaki cedera dan lainnya. Berikut penjelasannya :

Bahaya Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki Atau Nyeker

1. Membuat Kaki Jadi Mudah Merasa Lelah

Saat menekan pedal gas, rem atau kopling tanpa memakai alas kaki ada anggapan dapat membuat lebih rileks. Tapi kenyataannya aliran darah yang berada di sekitar kaki jadi kurang lancar dan terganggu. Hal tersebut karena tekanan pedal pada mobil langsung ke bagian kaki dan tidak merata. Bila dilakukan dalam waktu yang lama maka bisa timbul rasa kesemutan serta kelelahan. Jika sudah begitu maka mengemudi mobil akan membuat seseorang bisa merasa lebih kelelahan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan kedua kaki menekan pedal tanpa alas kaki

Beberapa bahaya bisa terjadi saat mengemudi nyeker

>>> Lihat Juga, Mengetahui Beberapa Penyebab Mengantuk Saat Mengemudi Perlu Diwaspadai

2. Bagian Tumit Dan Telapak Kaki Pengemudi Terasa Panas

Tidak hanya pegal-pegal yang dirasakan oleh pengemudi saat mengemudi tanpa alas kaki. Namun telapak kaki dan juga bagian tumit akan merasakan panas. Hal tersebut disebabkan oleh saraf serta otot mengalami tekanan yang berasal dari pedal. Apabila terjadi terus menerus maka rasa panas akan dirasakan oleh pengemudi mobil.

3. Muncul Keringat Pada Telapak Kaki

Masalah lain yang timbul saat mengemudi mobil tanpa alas kaki atau nyeker adalah kaki jadi berkeringat. Hal tersebut terjadi karena kaki bekerja dengan ekstra dalam mengoperasikan pedal kopling sehingga kaki lama kelamaan jadi berkeringat.

Bila hal tersebut terjadi maka pedal yang ditekan akan basah dan menjadi licin. Hal tersebut cukup membahayakan karena bisa saja saat menekan pedal rem atau kopling akan meleset.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah kaki menekan pedal rem

Mengemudi nyeker tidak direkomendasikan

4. Saat Mengalami Kecelakaan Kaki Beresiko Cedera Parah

Pada saat kendaraan mengalami kecelakaan seperti benturan dari arah depan maka beberapa komponen pada mobil bisa terlepas. Dengan begitu saat mengenai kaki secara langsung cedera parah tidak bisa dihindarkan. Bahkan saat serpihan kaca yang berhamburan dapat berserakan ke bagian lantai dan saat terinjak dapat membuat telapak kaki terluka.

Melihat beberapa hal di atas, mengemudi mobil tanpa alas kaki atau nyeker sangat tidak direkomendasikan. Bila tetap melakukannya sebaiknya lebih waspada, jika kaki berkeringat sebaiknya dilap terlebih dahulu supaya tidak licin.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International