Mengemudi Mobil Saat Angin Kencang, Ada Hal Yang Perlu Diperhatikan

26/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil harus siap dengan segala situasi, seperti hujan, panas terik dan juga angin kencang. Untuk pembahasan kali ini adalah mengenai mengemudi mobil saat angin kencang. Jadi terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan supaya perjalanan tetap aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Kenyamanan selama berkendara ada beragam faktor yang mempengaruhinya seperti kondisi kendaraan, kondisi infrastruktur jalanan, tubuh yang sehat hingga kondisi cuaca yang baik. Meskipun begitu kadang hambatan bisa terjadi seperti adanya angin kencang. Mengemudi mobil saat angin kencang perlu memperhatikan beberapa hal yang tergolong penting. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Jika membicarakan angin kencang, sebenarnya angin yang kencang tidaklah terjadi setiap saat atau setiap hari. Meskipun begitu terdapat juga beberapa wilayah atau area yang sering mengalami cuaca angin kencang sehingga para pengendara perlu lebih waspada. Kita ambil contoh adalah jembatan dan juga jalan pegunungan, umumnya area tersebut akan ada tanda pemberitahuan seperti ‘Hari-hati! Hembusan Angin Kencang’ dengan begitu para pengendara bisa melakukan persiapan.

Gambar ini menunjukkan mobil melaju dalam kondisi angin kencang dan melewati genangan air

Mengamudi saat angin kencang perlu memperhatikan beberapa hal

>>> Baca Juga, Jaga Visibilitas Berkendara, Beberapa Cairan Pembersih Jamur Di Kaca Mobil

Berikut ini merupakan beberapa tempat yang biasanya memiliki angin yang berhembus kencang.

1. Berada Di Ketinggian

Umumnya di jalanan dengan area yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah mempunyai angin yang lebih kencang. Kita ambil contoh di pegunungan ataupun jembatan. Para pengendara diharapkan selalu waspada dalam mengemudi mobil saat angin kencang.

2. Jalanan Yang Lapang

Ketika melintasi jalanan pesisir atau persawahan maka biasanya akan lebih sering terjadi hembusan angin yang cukup kencang. Hal tersebut karena tidak adanya pelindung yang seperti bangunan atau pohon sehingga angin akan langsung mengenai mobil.

Tips Mengemudi Mobil Saat Angin Kencang

Meskipun disebutkan 2 area yang sering berhembus angin kencang, namun angin kencang bisa saja terjadi dimanapun. Adapun hal utama yang perlu diperhatikan adalah teknik mengemudi yang aman ketika berhadapan dengan angin kencang. Mengingat saat mobil terkena angin yang kencang bisa membuat keseimbangan jadi terganggu.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pohon menimpa mobil di jalan

Masalah bisa saja terjadi dimana saja, oleh sebab itu perlu berhati-hati saat berkendara

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

Jadi pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi maka terpaan angin kencang bisa membuat mobil mudah tergelincir. Kondisi tersebut cukup berbahaya, bahkan bagi pengendara sepeda motor pada saat terkena angin kencang bisa terjatuh karena terbanting. Melihat kondisi tersebut dalam berkendara perlu lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengemudi mobil saat angin kencang yang dibagikan oleh pihak Jasa Marga.

1. Mewaspadai Kondisi Sekeliling Kendaraan

Hal pertama adalah selalu waspada terhadap objek atau benda di sekeliling. Tetap fokus karena beragam kemungkinan bisa saja dialami. Contohnya adalah mobil lain yang tidak stabil akibat angin kencang ataupun pohon yang rawan tumbang, konsentrasi berkendara sangat diperlukan.

2. Mengontrol Kecepatan Agar Keseimbangan Terjaga

Pada saat terjadi angin kencang maka bisa membuat kendaraan mendapatkan efek melayang. Hal tersebut tergolong cukup berbahaya bila mobil sedang dalam kecepatan yang tinggi. Sobat bisa mencegahnya dengan kendaraan dijaga keseimbangan dengan cara mengurangi kecepatan sampai mobil stabil dalam melaju.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil

Tetap fokus dan janga konsentrasi saat mengemudi

3. Menurunkan Kecepatan

Kecepatan mobil menjadi salah satu faktor yang mendukung keamanan selama perjalanan. Jadi saat angin kencang sebaiknya kurangi kecepatan dan jaga laju mobil tetap di jalurnya.

4. Selalu Berkonsentrasi Dan Tetap Tenang

Konsentrasi harus dijaga selama berkendara, baik itu dalam keadaan normal atau saat sedang kondisi angin kencang. Jadi ketika mengemudi mobil saat angin kencang yang terpenting adalah konsentrasi dan tetap tenang serta mematuhi aturan lalu lintas.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International