Mengemudi Mobil Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri Saat Tekan Pedal Rem

25/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil matik diklaim lebih nyaman dan mudah. Hal tersebut karena kaki tidak perlu menekan pedal kopling yang terdapat pada mobil manual. Namun tahukah Sobat bahwa terdapat hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil matik yaitu dalam menginjak pedal rem.

Mobil dengan transmisi otomatis awalnya banyak digemari oleh kalangan perempuan. Namun saat ini tidak hanya wanita saja, para pria juga ada yang gemar menggunakan mobil matik. Hal tersebut tidaklah masalah, karena mengemudi mobil matik dapat membuat ketahanan mengemudi bisa lebih lama terutama bagian kakinya.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil matik

Perpindahan gigi transmisi dengan tuas juga berbeda dengan manual

>>> Lihat Juga, Kampas Rem Mobil Matic Lebih Cepat Habis, Jangan Kaget Ini Alasannya

Kenapa bisa begitu? Jadi saat mengemudi mobil transmisi manual kaki kiri akan menekan pedal kopling dengan kuat kemudian memasukkan tuas transmisi. Hal ini membuat kaki kiri kadang merasa pegal karena sering menekan pedal kopling. Meskipun dalam hal ini ada yang menyebutkan bahwa hal tersebut bukan masalah.

Untuk pembahasan mobil matik, salah satu kebiasaan pengemudi yang tidak begitu disarankan adalah menginjak pedal rem dengan kaki kiri setelah sebelumnya sering mengemudikan mobil manual. Jika melakukan kebiasaan tersebut dapat beresiko membahayakan penumpangnya dan diri sendiri selama perjalanan dengan mobil matik.

Alasan mengapa tidak disarankan adalah dapat menimbulkan missed feeling ketika mengerem menggunakan kaki kiri dan juga membahayakan saat mengemudi mobil matik. Bila pengemudi tanpa sengaja menekan pedal rem dan pedal gas dalam kondisi bersamaan, maka bisa beresiko membuat umur komponen Clutch dapat menjadi lebih singkat.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti diungkapkan oleh Samsudin selaku After Sales Support Astra Peugeot dalam keterangan tertulisnya. “Pasalnya pada posisi itu kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan tekanan rem.”

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan 2 pedal pada mobil matik

Mobil matik umumnya pakai 2 pedal yakni pedal gas dan rem

>>> Baca Juga, Kapan Waktu Mengganti Oli Transmisi Matik Yang Tepat?

Pihaknya juga menyebutkan bahwa pengemudi yang sudah biasa mengendarai mobil manual biasanya kaki kirinya juga terbiasa menginjak pedal kopling dalam-dalam. Apabila hal tersebut dipraktekkan pada mobil matik dengan menginjak pedal rem maka beresiko membuat mobil mendadak berhenti dan hal tersebut cukup membahayakan.

Samsudin juga menambahkan bahwa untuk kadar feeling antara kaki kiri dan kaki kanan ketika melakukan pengereman menggunakan mobil matik terdapat perbedaan. Pada penggunaan mobil manual, kaki yang lebih aktif menekan pedal rem adalah yang sebelah kanan. Jadi ketika mengoperasikan mobil matik juga harus dipraktekkan seperti itu.

Soal perawatan juga disinggung pihak Samsudin, sebagian besar para pengemudi yang mengemudi mobil matik masih mempunyai anggapan tanpa perawatan bila dibandingkan dengan mobil manual. Padahal hal tersebut ternyata salah.

“Mobil bertransmisi otomatis juga butuh melakukan perawatan sistem transmisi. Yaitu perawatan terhadap oli transmisi, oli transmisi zaman sekarang sudah memakai jenis Long Life, artinya memiliki usia pakai yang panjang dan hanya menambah jika terjadi kekurangan yang disebabkan oleh kebocoran,” ujar Samsudin.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 kaki berada di pedal mobil matik

Gunakan kaki kanan baik dalam menekan pedal gas atau pedal rem

Dari pihak Samsudin melanjutkan, soal perawatan yakni menjaga kondisi transmisinya supaya lebih awet dan performanya tetap terjaga maka disarankan untuk melakukan penggantian oli transmisi setiap 40 km. Hal tersebut berhubungan dengan suhu yang tinggi dan juga kondisi lalu lintas jalan.

Sedikit tambahan, salah satu pengemudi yang tidak ingin disebut namanya memberikan sedikit panduan kepada pengemudi mobil manual yang ingin belajar mobil matik. Sebaiknya mengemudi mobil matik jika masih baru lebih baik menekuk kaki kiri seperti bersila dan yang bekerja kaki kanan. Dengan begitu potensi kaki kiri menginjak pedal rem dapat dihindarkan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International