Mengemudi Mobil Matic Di Tanjakan Macet, Ini Yang Perlu Diperhatikan

14/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mobil matic menjadi primadona banyak orang karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Meskipun begitu ternyata ada yang menganggap pengendaraan susah-susah gampang. Memang lebih simple dibandingkan mobil transmisi manual namun butuh keterampilan ketika mengemudi nya di hill driving atau mountain (Yakni jalanan menanjak dan menurun). Lantas bagaimana mengemudi mobil matic di tanjakan macet?

Apalagi kondisi jalanan sedang macet, tentu harus lebih berkonsentrasi dan memperhatikan beberapa hal. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil matic di tanjakan macet dikutip dari laman Daihatsu.

1. Melihat Permukaan Jalan

Adapun hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah medan jalan. Jadi pengemudi perlu mengenali medan jalan nya, paling tidak mengetahui akan kecenderungan dari jalan yang menanjak atau miring. Jika mengetahuinya maka persiapan bisa dilakukan sebelum menghadapi tanjakan salah satunya memindahkan perseneling ke D2 atau low dahulu. Bila sudah melakukannya maka mobil matic akan menanjak dengan stabil. Jenis persneling pada tiap mobil kadang mempunyai perbedaan, jadi pemilik perlu memahaminya terlebih dahulu.

Gambar ini menunjukkan banyak mobil berada dalam kondisi kemacetan

Kondisi jalanan tidak bisa diketahui apakah lancar atau macet jadi pengemudi perlu selalu kesiapan

>>> Baca Juga, Apakah Benar Mobil Matic Boros Bahan Bakar?

2. Tuas Transmisi Disesuaikan Dengan Kondisi Tanjakan

Saat mengendarai mobil matic di tanjakan dalam kondisi macet pemilihan transmisi menjadi faktor penting. Memang pastinya sudah banyak mengetahui saat melintasi tanjakan pakai gigi rendah. Akan tetapi ketika mobil sudah berjalan perlu memperhatikan persneling yang dipilih bisa memberikan daya dorong mobil sehingga dapat melintasi tanjakan dengan lancar. Untuk medan yang curam transmisi yang digunakan adalah mode D ke atasnya.

Adapun maksudnya yaitu opsi D2, pada mobil yang memilikinya maka tenaga yang didapat kendaraan bisa lebih saat menggunakannya. Akan tetapi bila tanjakannya sangat curam baik ketika melalui turunan atau tanjakan maka perlu menggunakan mode D. Jadi ketika melewati tanjakan atau turunan sangat ekstrim maka direkomendasikan menggunakan mode D atau D1.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan tangan memegang tuas transmisi matic pada mobil

Jika sudah biasa melewati jalanan menanjak kondisi macet maka akan mudah dilakukan

>>> Baca Juga, Perhatian, Jangan Lakukan Ini Pada Mobil Matic Anda

3. Perlu Membiasakan Diri

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam mengemudi mobil matic di tanjakan macet adalah membiasakan diri. Jadi ketrampilan pengemudi diperlukan saat mengendalikan mobil maticnya terutama di tanjakan dalam kondisi macet. Jika sudah biasa melewatinya maka hal tersebut menjadi sesuatu hal yang bukan masalah dan dapat dilewati dengan mudah. Begitupun ketika macet di jalanan menanjak, pengemudi perlu melakukan refleks ketika melakukan pengereman dan perpindahan tuas transmisi.

4. Tidak Pakai Rem & Pindah Perseneling Bersamaan

Ketika melewati tanjakan maka keterampilan dibutuhkan terutama saat jalanan macet. Jadi Sobat perlu mengetahui dimana Sobat perlu menggunakan rem tangan atau hanya menginjak pedal rem saja. Hal tersebut penting, karena bisa saja kemacetan dalam waktu yang cukup lama. Namun perhatian tertuju pada penggunaan rem dan perpindahan transmisi, hal tersebut tidak boleh dilakukan bersamaan. Jadi lakukanlah secara perlahan dan menekan secukupnya saja sambal melakukan perpindahan hoho ke D2, D1 atau Low tergantung kebutuhan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mengemudi mobil dalam kondisi macet

Ketrampilan diperlukan dalam mengoperasikan mobil matic di tanjakan dan kondisi macet

Demikianlah informasi mengenai hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil matic di tanjakan macet. Semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati di jalan dengan  menjaga kondisi tubuh dan kondisi mobil tetap maksimal.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International