Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Tips Hadapi Sinar Lampu Dari Kendaraan Lain

06/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Menghadapi sinar lampu dari kendaraan lain dapat dilakukan pengemudi. Tujuannya adalah untuk memberikan keamanan dan dapat lebih waspada saat menemui hal tersebut. Biasanya hal ini terjadi saat berada di jalanan yang tidak ada pembatas tengah dan di daerah yang minim penerangan seperti jalanan pedesaan dan pegunungan.

Mengemudi di malam hari memiliki kelebihan tersendiri. Meskipun begitu tentu ada kekurangannya, salah satunya adalah terkena sinar lampu dari kendaraan yang berasal dari arah berlawanan. Biasanya hal tersebut saat melintasi jalanan kecil yang hanya untuk 2 sampai 3 kendaraan dan tidak ada  pembatas jalan di tengah. Terdapat cara hadapi sinar lampu dari kendaraan lain saat mengemudi mobil di malam hari.

Saat berkendara malam hari biasanya akan lebih lancar karena kebanyakan orang sedang tidur. Bahkan mobil dapat dipacu dengan lebih cepat tanpa adanya gangguan. Meskipun begitu, salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah cahaya lampu yang asalnya dari arah berlawanan. Bahkan kendaraan mempunyai sinar lampu yang beragam dan ada juga yang telah dilakukan modifikasi.

Gambar ini menunjukkan sinar lampu mobil yang terang

Lampu yang terlalu terang dan menyilaukan bisa buat pengendara lain buta sesaat

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Memilih Kacamata Untuk Mengemudi Mobil Untuk Visibilitas Lebih Baik

Pada beberapa sinar lampu mobil ada yang menyilaukan mata sehingga membuat buta sesaat pada saat terkena sinar yang terlalu tajam. Alhasil hal tersebut cukup mengganggu pandangan saat melihat batas tepi ataupun marka jalan. Kalau melaju di jalanan perkotaan terbilang biasa karena penerangan jalan yang baik. Akan tetapi saat di jalanan pegunungan atau luar jalanan besar yang minim penerangan  terbilang cukup membahayakan. Beberapa hal yang dapat terjadi adalah mobil dapat menabrak sesuatu, terperosok ataupun mobil yang keluar jalur tanpa sadar.

Tidak hanya itu saja, sinar lampu dari kendaraan lain yang menyilaukan ataupun terlalu terang bisa membuat emosi dan uring-uringan sendiri di dalam mobil. Berkaitan dengan menghadapi hadapi sinar lampu dari kendaraan lain seperti diungkapkan oleh Sony Susmana selaku selaku Senior Instructor SCDI (Safety Defensive Consultant Indonesia).

"Mata manusia itu suka terpancing pada sinar. Begitu ada sinar dari depan otomatis kita akan melihat ke lawan. Kadang-kadang kita malah jadi emosi ketika melihat itu karena membuat silau," ucapnya saat berada di Sukabumi Jawa Barat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di  malam hari

Saat berpapasan dengan mobil yang punya lampu menyilaukan sebaiknya tetap waspada dan sabar

>>> Baca Juga, Mengenal Waktu Yang Tepat Menyalakan Lampu Jauh Mobil Saat Malam Hari

Namun jangan khawatir karena dari pihak Soni memberikan informasi terkait menghadapi hadapi sinar lampu dari kendaraan lain yang menyilaukan.

Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan adalah untuk membiasakan mata kita supaya tidak langsung menatap lampu mobil dari arah berlawanan. Pandangan mata dibiasakan melihat objek lain seperti lebar jalanan ataupun marka jalan.

Adapun tips kedua yang diberikan adalah menciptakan garis imajiner. Yang mana garis ini menjadi penghubung antara arah yang sedang dituju dan posisi pengemudi. Namun ada yang perlu diperhatikan, yang mana untuk menciptakan garis imajiner kendaraan perlu berada di tengah jalur di posisi aman. Untuk posisi ini tidak terlalu ke tengah tapi juga tidak terlalu ke pinggir. Kalau misal melewati jalanan perkotaan tentu lebih mudah karena jalanan yang lebar.

Akan tetapi saat berada di jalanan yang cukup sempit ataupun tidak ada markanya  maka pengemudi perlu ciptakan garis imajiner. Jadi pengemudi harus memperkirakan mobil berada di jalur yang aman ketika bertemu dengan kendaraan lain dari arah berlawanan. Apabila terasa tidak pas maka lebih baik kecepatan dikurangi, jika diperlukan dapat menepikan kendaraan dan berhenti sejenak untuk keamanan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalanan yang menurun

Biasanya masalah tersebut ditemui di jalanan kecil atau jalan pegunungan

Untuk tips ketiga dalam hadapi hadapi sinar lampu dari kendaraan lain yaitu tidak membalas sinar lampu mobil dari arah berlawanan dengan lampu jauh. Hal tersebut bisa membuat pengendara lain juga merasakan apa yang kita rasakan yakni emosi dan uring-uringan. Kekhawatiran muncul saat melakukan hal tersebut adalah mobil jadi hilang arah dan menjadi penyebab kecelakaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International