Mengapa Orang Enggan Pakai Sabuk Pengaman? Ini Alasannya

20/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Seat belt merupakan salah satu fitur pendukung keselamatan yang dimiliki oleh kebanyakan mobil. Tapi kadang penumpang tidak mau pakai sabuk pengaman. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa alasan.

Seatbelt diberikan pada setiap produk mobil. Fungsinya adalah untuk mencegah dan melindungi pengendara dari cedera saat melakukan pemberhentian mendadak. Dengan fungsi yang penting tersebut diharapkan para pengendara dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Nah kali ini kami akan membahas mengenai beberapa alasan pengendara enggan pakai sabuk pengaman.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memasang sabuk pengaman

Sabuk pengaman dapat mendukung keselamatan berkendara

>>> Baca Juga, Mengetahui Fungsi Dan Cara Memakai Seat Belt Pada Mobil

Berdasarkan data dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) disebutkan, bahwasanya seat belt telah menyelamatkan warga Amerika hampir 15.000 nyawa sepanjang tahun 2016 dan 2017. Adapun persentase penurunan cedera parah akibat kecelakaan dan juga kematian sekitar 50 persen. Di Indonesia sendiri setiap mobil memiliki sabuk pengaman.

Hal tersebut juga ada regulasinya dalam mengatur kendaraan roda empat wajib mempunyai fitur keselamatan. Yang mana regulasi tersebut tersirat dalam UU No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Meskipun begitu, faktanya para pengendara masih mengabaikan  soal seat belt terutama untuk penumpang belakang. Bahkan untuk pengemudi dan penumpang depan kadang tidak benar-benar memakai sabuk pengaman.

Tapi tahukah Sobat bahwa ternyata kondisi tersebut tidak di Indonesia saja terjadi, negara Amerika pun demikian. Hal tersebut diungkapkan oleh NHTSA, yang mana warga Amerika masih banyak mengabaikan untuk memakai sabuk pengaman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seorang wanita memasang sabuk pengaman di jok baris belakang

Regulasi soal sabuk pengaman hanya untuk pengemudi dan penumpang depan

>>> Baca Juga, Pentingnya Memakai Safety Belt Saat Berkendara, Bukan Pajangan Lho!

Alasan Enggan Pakai Sabuk Pengaman

1. Tidak Merasa Nyaman Saat Memakainya

Pada sebagian orang menggunakan sabuk pengaman selama perjalanan dengan mobil merasa tidak nyaman. Hal tersebut karena tubuh terasa seperti tidak bebas dalam bergerak dan terkekang. Sementara di sisi lain pengemudi atau penumpang juga tidak bisa mengatur posisi yang nyaman, walaupun teknologi tinggi telah diterapkan pada seatbelt.

2. Seat Belt Terasa Tidak Penting

Selain soal kenyamanan, sebagian orang juga merasa memakai sabuk pengaman bukan hal yang penting dan argumen yang dikeluarkannya juga beragam. Adapun contohnya adalah perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu sebentar karena jaraknya dekat, tidak ada polisi, tidak ada razia atau kondisi lalu lintas sedang sepi.

Karena argumen tersebut, kadangkala saat mengemudi dan untuk menghindari tilang sabuk pengaman hanya dikalungkan saja. Jadi sabuk pengaman tidak dipakai dengan benar karena hanya dikalungkan di bagian atas saja. Kemudian setelah polisi terlewati atau kamera tilang elektronik seatbelt dilepas kembali.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang polisi membantu pengemudi memasang sabuk pengaman

Banyak alasan pengendara tidak memakai sabuk pengaman

3. Tidak Terdapat Regulasi

Untuk Indonesia sendiri regulasi tentang pakai sabuk pengaman hanya untuk pengemudi dan penumpang depan atau di sebelah pengemudi. Sementara untuk penumpang yang duduk di belakang tidak ada aturan wajib. Hal tersebut menjadi alasan untuk para penumpang belakang tidak menggunakan seatbelt meskipun telah diberikan seatbelt pada baris kedua atau ketiga.

Berkaitan dengan itu pihak Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menyebutkan, “Sebelum mengoperasikan kendaraan, seharusnya pengendara ataupun penumpang sudah paham kalau fungsi sabuk pengaman itu untuk mengurangi resiko cedera saat situasi darurat atau kecelakaan, jadi harus selalu terpasang.”

Bagi para pengendara dan penumpang diharapkan pakai sabuk pengaman selama perjalanan dengan mobil. Bagi penumpang belakang, jika ada fitur seat belt sebaiknya dipakai, waktu pemasangannya juga singkat sekitar 3 detik saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International