Mengapa Harus Cuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasannya!

25/11/2018 Abdul Tips & trik mobil

Apakah harus cuci mobil setelah terkena air hujan? Pertanyaan ini seringkali terucap oleh kebanyakan pemilik mobil. Memang hal tersebut wajar, karena bisa menjadi tanda bahwa mereka sangat memperhatikan kondisi mobilnya.

Pada saat musim penghujan tiba hampir setiap hari jalanan akan diguyur air hujan. Pemilik kendaraan diharapkan selalu waspada dan menambah fokus terhadap jalan dan keadaan sekitar. Pasalnya saat berkendara dalam kondisi hujan, resiko kecelakaan menjadi lebih meningkat. Oleh sebab itu memperhatikan keadaan sekitar sangat diperlukan. Tidak hanya itu saja, kondisi bodi juga perlu diperhatikan. Salah satu yang kerap dilakukan adalah cuci mobil setelah terkena air hujan.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang melaju di jalanan dalam kondisi hujan deras tampak belakang

Air hujan yang terkena bodi mobil dan tidak dilakukan pembilasan bisa membuat cat kusam

>>> Lihat juga, Hati-Hati, Ini Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Mobil

Banyak yang mengeluhkan masalah cuci mobil setelah terkena air hujan. Apalagi bagi pengendara yang terbilang sangat sibuk, bahkan untuk melakukannya pun tidak ada waktu luang. Sehingga bisa timbul rasa takut akan kendaraan yang dimiliki menjadi kusam dan lainnya. Mengingat kegiatan setiap orang berbeda-beda, sehingga tidak semuanya bisa melakukan langkah tersebut.

Mengenai masalah tersebut, dari pihak Ardiansyah selaku pengelola 3M car wash and detailing yang berlokasi di Radin Inten Jakarta Timur juga ikut angkat bicara. Jadi untuk mencuci mobil setelah kendaraan terkena air hujan tidak perlu dilakukan setiap waktu.

Namun dalam hal ini pihaknya juga menambahkan, bahwasanya harus ada langkah-langkah yang perlu dilakukan cukup ringan supaya zat asam yang menempel tidak kering. Karena bisa sampai mengering dapat beresiko membuat cat mobil menjadi rusak.

”Memang kotoran atau debu yang bercampur dengan air hujan jika dibiarkan akan menimbulkan kerak, terus memudarkan warna cat,” kata Ardiansyah kepada salah satu media ternama.

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang sebuah alat untuk menyemprotkan air pada mobil

Pembilasan pada bodi mobil setelah terkena air hujan sangatlah dianjurkan

Bagi pengendara yang sering melewati laut juga harus lebih memperhatikan kondisi mobilnya. Air laut memiliki kandungan garam yang terbilang cukup besar, apalagi ditambah dengan polutan yang berakibat karat akan menyerang dengan mudah dalam waktu yang cukup lama. Jadi pihak Ardiansyah menekankan masalah mencuci kendaraan setelah terkena air hujan bisa dibilang wajib. Namun ada siasat yang bisa dilakukan supaya tidak memakan waktu yang cukup banyak.

”Kalau tiap hari nyuci bisa kecapekan. Dibawa ke tukang cuci tiap hari juga berat di ongkos. Cara gampangnya, bilas saja dulu dengan air biasa, lakukan penyemprotan dengan tekanan yang lebih untuk merontokkan kotoran,” kata Ardiansyah.

>>> Baca juga, Begini Cara Menghilangkan Embun Pada Kaca Spion Saat Musim Penghujan

Jadi dengan melakukan penyemprotan menggunakan air bertekanan dapat membuat kotoran menjadi rontok dan kandungan zat asam jadi hilang. Setelah itu biarkan setengah mengering dan lakukan pengelapan menggunakan kanebo atau kain microfiber. Perlu diketahui bahwa saat dalam kondisi basah umumnya cat akan menjadi sedikit lunak, selain itu apabila menunggu sampai kering sendiri dikhawatirkan dapat menimbulkan bercak atau dapat membuat warna cat jadi cepat kusam.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang selang menyemprotkan air pada bodi belakang mobil

Saat musim penghujan mencuci mobil dengan sabun atau sampo bisa dilakukan 3 hari sekali atau 1 minggu sekali

Jadi untuk masalah cuci mobil setelah terkena air hujan memang diharuskan. Akan tetapi bisa dilakukan dengan cara mudah dan lebih cepat serta tidak memakan banyak waktu. Sedangkan untuk proses pencucian menggunakan sampo atau sabun dapat dilakukan dalam kurun waktu 3 hari sekali atau bisa juga seminggu sekali. Hal tersebut dikarenakan pembersihan menggunakan sampo atau sabun sangat diperlukan agar kondisi mobil bersih dengan maksimal.

Demikianlah informasi masalah cuci mobil setelah terkena air hujan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International