Mengajak Balita Bepergian Disarankan Memasang Child Seat Pada Mobil

11/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Sebuah keluarga tentunya akan ada momen bepergian bersama untuk mendapatkan sebuah momen yang menyenangkan. Bagi keluarga yang mempunyai mobil dan ada balita di dalam anggota keluarga tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya adalah dengan memasang Child Seat pada mobil.

Keselamatan menjadi salah satu yang utama, terutama saat membawa balita. Fitur yang dapat memberikan rasa aman selama perjalanan saat membawa balita adalah Child Seat. Bahkan di negara lain seperti Brasil, Australia, Amerika Serikat dan Eropa, memasang Child Seat pada mobil menjadi sesuatu yang diharuskan saat bepergian bersama balita atau anak-anak.

Gambar ini menunjukkan Chil Seat yang ditempatkan pada kursi belakang

Child Seat sangat bermanfaat untuk menjaga sang buah hati tetap aman

>>> Baca Juga, Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Dengan Anak-Anak Memakai Mobil Pribadi

Hanya saja untuk Indonesia masih belum popular penggunaan fitur tersebut. Padahal untuk fitur keselamatan ISOFIX sudah disematkan dan hampir semua mobil di Tanah Air memilikinya. ISOFIX merupakan sebuah standar keselamatan bukan nama produk. Untuk Child Seat sendiri, produsen telah mempunyai standar sehingga produksinya bisa dikaitkan pada jok penumpang. Bahkan bisa menyesuaikan dengan sabuk pengaman yang membuat balita lebih nyaman dan dapat selamat sampai tujuan.

Adapun cara kerja dari Child Seat adalah untuk memberikan tempat duduk untuk anak-anak yang disesuaikan dengan konturnya. Selanjutnya bisa menjaga sang buah hati tetap pada kursi walaupun mobil bergoyang karena akselerasi atau melewati jalan yang berlubang, hal tersebut berkat penggunaan sayap pada bagian pinggir jok ISOFIX. Dengan adanya Child Seat maka anak-anak akan mendapatkan sabuk pengaman sesuai ukurannya dan telah didesain sedemikian rupa sehingga tetap aman.

Disarankan untuk balita sebelum 2 tahun dihadapkan ke belakang. Child Seat sendiri merupakan kursi yang khusus buat anak-anak dan balita yang telah disesuaikan dan mempunyai sabuk pengaman yang dapat dikaitkan di ISOFIX yang terdapat pada mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan fitur ISOFIX pada kendaraan

Mobil saat ini sekarang sudah banyak yang diberikan fitur ISOFIX

>>> Baca Juga, Jangan Khawatir, Memasang Kursi Anak Terbalik Dalam Mobil Telah Diteliti

Selain soal memasang Child Seat pada mobil, dalam pemilihan ketika ingin membeli juga perlu diperhatikan. Untuk tipsnya adalah :

  1.  Memilih sesuai usia sang buah hati dan sesuaikan dengan postur tubuh. Pada umumnya penggunaan maksimal umur 12 tahun dan tinggi 135 cm.
  2. Memastikan bahwa Child Seat yang dibeli dapat kompatibel dengan fitur ISOFIX pada mobil yang dimiliki.
  3. Mengecek keamanan Child Seat seperti sabuk pengamannya, umumnya ada 3 atau 5 titik yang diberikan. Titik tersebut di luar sabuk pengaman bawaan mobil.

Child Seat sendiri terdapat 3 varian model meliputi carrier, booster dan infant carseat.

Pada model carrier umumnya digunakan oleh bayi, hal tersebut disebabkan bisa dijinjing dan bisa juga dipasang dengan stroller. Sedangkan untuk model infant carseat dipakai oleh balita yang usianya sudah 2 sampai 4 tahunan. Pada model yang ini di again kepala dapat disesuaikan dengan ketinggian anak. Yang terakhir adalah model booster yang diperuntukkan pada anak berumur di atas 4 tahun atau bagi anak-anak yang belum dapat sesuai saat memakai sabuk pengaman bawaan.

Untuk pemasangan child seat pada mobil tergolong mudah, yang pertama adalah dengan memastikan bahwa mobil mempunyai fitur ISOFIX dan pastikan bahwa Child Seat yang dimiliki compatible. Selanjutnya mencari titik ISOFIX pada jok mobil yang umumnya terdapat  di bagian jok kedua atau belakang. Setelah itu pasanglah Child Seat sampai muncul bunyi klik. Selanjutnya carilah titik kait atas yang biasanya terdapat di bagian sandaran jok. Jika sudah ketemu bisa mengaitkannya, adapun fungsi pengait ini adalah supaya saat kondisi darurat child seat berkurang pergerakannya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan Child Seat yang sedang diduduki oleh balita

Sebelum 2 tahun Child Seat disarankan untuk dihadapkan ke belakang

Demikianlah informasi mengenai pentingnya memasang Child Seat pada mobil jika mengajak sang buah hati bepergian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya
    Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya Abdul Tips & trik mobil

    Ban menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang berhadapan langsung dengan aspal jalanan. Kondisi ban yang bagus sangat dibutuhkan supaya perjalanan dengan mobil ke tempat yang dituju lebih aman dan nyaman. Namun kadang masalah bisa saja terjadi seperti ban mobil botak sebelah.

  • Bolehkah Penggunaan Oli Sintetis Pada Mobil Lama? Ini Penjelasannya
    Bolehkah Penggunaan Oli Sintetis Pada Mobil Lama? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh mesin mobil. Fungsinya sangat banyak seperti melumasi komponen pada mesin dan juga mendinginkannya. Bahkan penggantian oli ditekankan untuk melakukannya secara berkala. Bukan tanpa alasan tapi menjaga mesin tetap dalam kondisi prima. Untuk informasi kali ini adalah mengenai oli sintetis pada mobil lama.

  • Beberapa Usaha Menggunakan Mobil Pick Up Bisa Jadi Referensi
    Beberapa Usaha Menggunakan Mobil Pick Up Bisa Jadi Referensi Abdul Tips & trik mobil

    Mobil pick up menjadi salah satu kendaraan yang identik untuk mengangkut barang. Hal tersebut tidaklah salah karena memang mobil dalam segmen tersebut adalah kendaraan komersial atau mobil niaga. Namun apabila dibandingkan dengan truk terdapat perbedaan, dari segi dimensi lebih ringkas begitu juga bentuknya yang kecil. Tapi tahukah Sobat, terdapat beberapa usaha menggunakan mobil pick up yang cukup menjanjikan.