Mendeteksi Kerusakan Kipas Radiator Sejak Dini untuk Mencegah Overheating

03/12/2018 Fatchur Sag Tips & trik mobil

Meskipun tidak boleh diremehkan dan dapat berpotensi menimbulkan masalah yang jauh lebih serius pada mobil, overheating dapat terjadi kapanpun serta di manapun. Penyebab overheating pun bervariasi, mulai dari selang dan radiator yang bocor, sampai kipas radiator yang mengalami kerusakan.

Foto seorang pengendara sedih mobilnya mogok

Masalah overheating bisa terjadi kapan saja dimana saja

Masalah overheating atau meningkatnya suhu mesin pada mobil memang bukan masalah baru. Hampir semua orang yang memiliki mobil pernah mengalami meski dalam frekuensi yang sangat kecil. Diantara sekian banyak penyebab, salah satunya adalah kipas radiator yang rusak alias tidak berputar.

Sudah pasti hal ini perlu diatasi karena dampak yang lebih buruk bakal terjadi kalau sampai suhu mesin naik tak melebihi batas toleransi, mobil bisa saja mogok di tengah jalan, atau yang lebih buruk mobil bisa terbakar. Cara paling sederhana mengantisipasi terjadinya overheating karena kipas radiator yang rusak, maka Anda perlu kenali tanda-tanda kerusakan tersebut. Apa saja gejalanya? Simak ulasan berikut!

Lampu Peringatan Menyala

Overheating baik itu disebabkan karena rusaknya kipas radiator atau yang lain bisa dideteksi dari menyalanya lampu indikator suhu pada panel. Jangan pernah menyepelekan kalau lampu indikator menyala, meski mobil Anda sedang melaju dalam kecepatan rendah atau terkadang lampu indikator ini normal lagi saat mobil melaju lebih dari 60 km/jam. Tanda tersebut pun bisa muncul atau menyala karena memang ada masalah lain pada radiator Anda.

>>> Mengenal Fungsi Radiator Mobil Dan Cara Kerjanya

Foto indikator suhu pada mobil menyala merah

Lampu indikator suhu menyala, tanda mesin mengalami kenaikan panas

AC Jadi Tidak Dingin Waktu Mobil Melaju Pelan atau Terjebak Macet

Apabila sistem pendingin di dalam mobil Anda jadi tidak terasa sedingin biasanya, bahkan ketika kendaraan sedang melaju perlahan atau berada di tengah kemacetan, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan adanya masalah pada kipas radiator. Sebab, peran kipas radiator bukan sekadar untuk mendinginkan mesin mobil Anda lewat sistem pendingin radiator, tapi juga punya fungsi menjaga agar suhu kondensor AC selalu dingin. Dan letaknya kondensor AC ini biasanya ada di balik radiator, sehingga ketika kipas radiator meniupkan udara masuk ke dalam radiator, udara pun ditiupkan juga pada kondensor AC pada saat yang bersamaan.

Melemahnya Putaran Kipas Radiator

Tanda-tanda adanya masalah pada kipas radiator yang satu ini umumnya hanya dapat diketahui jika Anda mengamati kinerja komponen tersebut pada sebuah mesin secara langsung. Melemahnya putaran kipas radiator dapat diketahui dari rendahnya kecepatan putaran, yang juga bisa Anda ketahui dengan cara melakukan perbandingan dengan mobil yang setipe. Misalnya, jika mobil Anda adalah Toyota Avanza, maka bandingkan hempasan anginnya dengan mobil Avanza lainnya yang kondisinya masih baik atau umurnya relatif masih baru, sehingga kemungkinan besar belum punya masalah.

Cara lainnya adalah dengan mengamati seperti apa daya sedot kipas ketika sedang beroperasi. Akan tetapi, langkah yang satu ini umumnya hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

>>> 11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin

Foto kipas radiator mobil

Kipas berputar lemah juga bisa sebabkan overheating

Munculnya Suara Aneh Ketika Kipas Beroperasi

Kipas radiator yang beroperasi dengan normal tidak akan menimbulkan bunyi atau suara aneh. Hal tersebut dikarenakan suara kipas yang sedang berputar tersebut tersamarkan oleh suara dari putaran mesin mobil. Karena itu, jika Anda mendengar suara aneh ketika kipas radiator bekerja, maka hal tersebut jelas bukan merupakan pertanda yang baik. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera lakukan pengecekan agar masalahnya dapat diatasi dengan segera dan mobil Anda tidak perlu mengalami masalah atau kerusakan yang serius karena overheating.

Apa yang Perlu Dilakukan Selanjutnya?

Apabila mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kipas yang bermasalah, maka langkah terbaik yang paling dianjurkan adalah meminta bantuan mekanik untuk melakukan pemeriksaan. Lakukan dengan segera, tanpa ditunda-tunda, karena masalah pada kipas radiator dapat menyebabkan masalah serius pada mesin. Bahkan, bisa jadi kipas berubah bentuk atau meleleh karena suhu mesin yang kelewat panas. Dengan bantuan mekanik profesional, maka Anda pun bisa segera mendapatkan solusi atas masalah yang Anda alami.

Seorang mekanik sedang memeriksa mobil yang mogok di tengah jalan

Hubungi mekanik untuk mendapatkan penanganan yang tepat

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Begini Tips Memilih Asuransi Mobil Agar Tidak Salah Pilih
    Begini Tips Memilih Asuransi Mobil Agar Tidak Salah Pilih Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah kendaraan tentunya akan ada resiko tersendiri. Sebagai contohnya adalah kehilangan mobil karena tindak kejahatan atau terjadi kecelakaan. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan, namun untuk berjaga-jaga meminimalisir kerugian dan memberikan perlindungan adalah dengan menggunakan asuransi kendaraan. Namun dalam memilih asuransi mobil tidak boleh sembarangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Tips Membeli Mobil MPV Yang Tepat Untuk Keluarga Tercinta
    Tips Membeli Mobil MPV Yang Tepat Untuk Keluarga Tercinta Abdul Tips & trik mobil

    Mobil MPV merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan beragam kelebihan yang dimiliki, salah satunya adalah kapasitas penumpang yang bisa membawa 1 keluarga. Namun saat ingin membeli mobil MPV untuk keluarga tercinta, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  • Ini Dia Fungsi Oli Mesin Pada Mobil Yang Perlu Diketahui
    Ini Dia Fungsi Oli Mesin Pada Mobil Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya harus mengetahui tentang beberapa hal yang cukup penting pada kendaraan. Hal tersebut tujuannya adalah supaya mobil tetap prima dan tidak sering mengalami masalah. Salah satunya adalah dengan melakukan penggantian oli, lantas apa sih fungsi oli mesin pada mobil?