Mencuci Kolong Mobil, Jangan Lupa Cek Bagian Ini!

09/04/2019 Abdul Tips & trik mobil

Merawat kondisi kendaraan merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan, salah satunya dengan mencuci mobil. Kendaraan yang kerap digunakan akan mudah sekali kotor sehingga tampilannya menjadi kurang menarik. Selain itu, saat dibiarkan terlalu lama bisa menjadi karat seperti pada kolong mobil.

Mencuci kolong mobil memang diperlukan, karena bagian ini juga memiliki peran pada kendaraan. Apalagi saat musim penghujan, bagian tersebut yang kerap kotor dan dari segi pembersihan kadang terlewat. Hal tersebut dikarenakan posisinya yang berada di bawah dan perlu bekerja lebih ekstra saat mencucinya dibandingkan bagian lainnya. Namun saat membersihkannya terdapat beberapa bagian yang perlu dicek. Tujuannya adalah memastikan bahwa tidak ada masalah di bagian tersebut, apalagi posisinya yang tidak terlihat.

Berikut ini merupakan beberapa komponen yang perlu dilakukan pengecekan saat mencuci bagian kolong pada kendaraan.

1. Bagian As Roda

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang mencuci kolong mobil

As roda perlu diperhatikan terutama pada mobil dengan sistem penggerak roda depan

Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan harus lebih diperhatikan pada as rodanya saat mencuci kendaraan. Karena dapat beresiko karet pelindung yang terdapat pada sambungan as roda bisa mengalami kerusakan. Hal tersebut dikarenakan adanya butiran tanah ataupun kotoran lain. Jika tidak dibersihkan maka efeknya adalah pelumas yang terdapat pada joint kopel bisa hilang dan membuatnya mudah mengalami kerusakan.

>>> Lihat Juga, Manjakan Pemilik Mobil Dengan Layanan Cuci Kendaraan Era Modern

2. Bagian Lantai Pelindung

Gambar ini menunjukkan bagian bawah kendaraan dan terlihat beberapa komponen di dalamnya

Kolong mobil mudah kotor karena letaknya di bawah

Agar terhindar dari cipratan air atau kotoran lainnya yang berada di jalan, terdapat beberapa produsen kendaraan memberikan lantai pelindung. Umumnya bagian ini pemasangannya menggunakan klep karet atau mur. Oleh sebab itu saat mencuci kolong mobil sebaiknya dicek dan tidak ada yang terlepas atau kendur.

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

3. Bagian Steering Rack

Gambar ini menunjukkan Steering Rack pada mobil yang sudah dilepas

Sistem kemudi model rack & pinion jika kotor bisa beresiko bacor

Pada saat karet boot pelindung pada bagian sistem kemudi model rack & pinion dalam kondisi kotor maka dapat beresiko terjadi kebocoran pada bagian oli power steering. Oleh sebab itu saat mencuci bagian bawah kendaraan pastikan tidak ada rembesan oli, sehingga sistem kemudi dapat bekerja dengan semestinya. Sobat bisa melakukan pemeriksaan saat dilakukan pencucian baik dilakukan sendiri atau saat membawa ke salon mobil.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di Cintamobil.com

4. Bagian Kondensor AC Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian kolong mobil dalam kondisi kotor

Lakukan pembersihan kendaraan secara berkala

Untuk bagian kondensor AC dapat dengan mudah kotor, hal tersebut dikarenakan posisinya yang terbilang cukup rendah. Jadi ketika mobil melaju terutama saat kondisi jalanan basah bisa membuat bagian ini terkena cipratan dan membuat kotoran menumpuk. Hasilnya kisi-kisi kondensor jadi terhalang akibat posisinya yang sejajar dengan komponen radiator mobil. Akibatnya mesin jadi terganggu karena proses pelepasan panas AC tidak maksimal. Oleh sebab itu jangan melupakan pemeriksaan bagian ini agar dapat bekerja dengan baik.

>>> Baca Juga, Mengapa Harus Cuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasannya!

5. Bagian Suspensi Kendaraan

Gambar ini menunjukkan bagian bawah kendaraan dan terlihat suspensi, roda dan bagian lainnya

Bagian bawah kendaraan memang gampang sekali kotor

Bagian suspensi juga penting dilakukan pemeriksaan saat mencuci kolong mobil. Hal tersebut dikarenakan komponen tersebut terbilang sensitif terhadap kotoran. Lihat pada bagian yang bergerak dan pastikan tidak kotoran, karena jika kotor maka dapat menimbulkan suara yang berdecit. Jangan sampai membiarkannya karena bisa membuat karet suspensi mengalami kerusakan.

Jadi 5 bagian tersebut memang perlu diperhatikan saat mencuci kolong mobil. Dengan memperhatikan dan melakukan pengecekan maka dapat membuat kondisi mobil lebih baik dan terhindar dari masalah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui
    Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

  • Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll
    Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang sudah dibangun banyak jalan tol yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang mempunyai mobil. Dengan melewati jalur tersebut bisa lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan. Meskipun begitu, ada konsekuensinya yakni pengguna jalan harus membayar sesuai yang telah ditentukan. Dalam pembayarannya sekarang sudah praktis yakni menggunakan kartu E-Toll. Pengemudi perlu mengisi kartu E-Toll agar dapat digunakan saat melintasi gerbang tol.

  • Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara
    Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara Abdul Tips & trik mobil

    Saat mengemudi tidak hanya dengan mengandalkan skill saja, akan tetapi mengetahui dan mematuhi rambu yang diberikan juga diperlukan. Memang banyak yang telah mengerti makna dari rambu yang disediakan, namun tidak sedikit pula rambu lalu lintas yang sering dilanggar.