Mencegah Penularan Virus Lewat Udara Dengan Cara Sederhana Di Kabin Mobil

31/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Dalam rilisan terbarunya, WHO menyebutkan bahwa pandemi virus Covid-19 dapat menular melalui airborne atau lewat udara. Sejatinya udara juga dapat menularkan penyakit organisme lainnya seperti TBC, Flu dan Rubella. Alhasil mencegah penularan virus lewat udara di dalam kabin mobil juga diperlukan.

Dalam rilisan terbarunya, WHO menyebutkan bahwa pandemi virus Covid-19 dapat menular melalui airborne atau lewat udara. Sejatinya udara juga dapat menularkan penyakit organisme lainnya seperti TBC, Flu dan Rubella. Risiko tertular akan semakin tinggi jika berada di ruangan tertutup dan ramai, apalagi jika di dalam mobil ada yang sedang tidak fit. Di satu sisi juga ruangan tertutup lembab yang menggunakan AC sangat rawan terhadap penularan. Jadi mencegah penularan virus lewat udara di dalam kabin menjadi cukup penting.

Gambar ini menunjukkan seorang pria membersihkan kain mobil dengan vacuum cleaner

Selalu jaga kebersihan kabin untuk membuat viirus pergi

AC mobil menerapkan sistem sirkulasi udara tertutup yang memaksimalkan udara di dalam kabin kemudian didinginkan dan diembuskan kembali melalui AC yang berada di beranda atau blower di atas mobil. Oleh sebab itu, kamu diimbau agar selalu menjaga kebersihan kabin mobil sehingga tidak ada virus yang menempel.

Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Lewat Udara

1. Gunakan Masker Di Dalam Mobil

Untuk menjaga-jaga sebaiknya tetap menggunakan masker saat di dalam mobil, apalagi kalau ada penumpang lain yang tidak tinggal di rumah yang sama.

Gambar ini menunjukkan 3 orang di dalam mobil pakai masker

Pakai masker menjadi salah satu langkah mencegah penyebaran virus dalam kabin

2. Rutin Membersihkan Kokpit Mobil

Kokpit mobil biasanya berhubungan dengan konsol tengah, dashboard hingga panel pintu. Area tersebut merupakan inti mobil yang paling sering disentuh. Bersihkan menggunakan cairan pembersih khusus interior mobil yang bisa kamu dapatkan di dealer terdekat. Jangan lupa juga rutin membersihkan karpet dan lantai penumpang depan karena AC memanfaatkan udara dari wilayah tersebut.

3. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC

Filter AC memiliki tugas penting untuk membersihkan udara kotor yang ada di dalam mobil. Penting untuk merawat dan membersihkan komponen ini karena jika abai maka debu dan kotoran yang menempel di sana akan diembuskan kembali ke dalam mobil.

4. Jaga Kebersihan Evaporator

Jika Filter mengumpulkan kotoran hasil udara, berbeda dengan evaporator yang membuat embusan udara yang keluar dari kisi AC terasa lebih dingin. Pastikan alat yang satu ini selalu dalam keadaan bersih karena evaporator sangat rawan terhadap jamur, bakteri hingga virus.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang membersihkan evaporator AC mobil

AC memiliki peranan dalam menyebarkan udara di dalam kabin mobil

5. Buka Jendela Secara Berkala

Segala jenis virus termasuk corona sangat suka terhadap ruangan yang lembab, selalu buka jendela secara berkala selama 2 hingga 3 menit dalam interval satu jam. Akan lebih baik kalau dibuka dalam keadaan di bawah terik matahari.

Itulah artikel cara sederhana mencegah penularan virus lewat udara.  Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani
    Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani Abdul Tips & trik mobil

    Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

  • Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti
    Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

  • Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya
    Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya Abdul Tips & trik mobil

    Merokok di dalam mobil sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan penumpang dan pengemudi. Selain itu biasanya asap rokok akan tertinggal di dalam mobil lebih lama. Alhasil semuanya menjadi tidak nyaman. Jika begitu menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil sangat diperlukan.

International