Mencari Mobil Keluarga Paling Irit? Ini Dia Panduannya

Masih bingung memilih mobil untuk bepergian bersama keluarga? Kami berikan semacam kisi-kisi sederhana untuk menentukan mobil yang cocok dan tepat untuk Anda.

Pada dasarnya, semua jenis mobil yang tersedia di pasar sebetulnya cocok-cocok saja untuk digunakan oleh siapa saja sebagai mobil keluarga. Bisa saja Anda membeli mobil niaga jenis pick-up (mobil bak) untuk dijadikan sarana mobilitas bagi keluarga. Namun pada sisi lain, ada pula keluarga yang lebih suka mengandalkan MPV karena berbagai alasan.

Sesuai peruntukannya, mobil pick-up punya daya angkut optimal untuk barang, bukan untuk penumpang. Kabinnya juga relatif sempit hanya untuk menampung maksimal tiga orang. Sebaliknya, MPV punya daya angkut banyak untuk penumpang dan barang. Selain itu, MPV menawarkan pengaturan kabin yang cukup fleksibel sesuai kebutuhan pemakainya. Lalu mobil apa yang cocok untuk sarana transportasi keluarga

I. Jenis Mobil Keluarga

1. MPV Keluarga

Sesuai namanya, MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah mobil serbaguna untuk membawa penumpang maupun barang sehingga umumnya menganut konstruksi bodi minibus. Bagi keluarga dengan 5-7 orang memang cocok memakai MPV karena tersedia ruang penumpang dan ruang bagasi yang cukup lapang. Secara umum, MPV memang lebih fleksibel untuk berbagai keperluan. Mesin dan kaki cukup tangguh serta memiliki ground clearance cukup tinggi untuk menghadapi berbagai macam kondisi perjalanan.

Toyota Innova MPV Keluarga

Toyota Innova, MPV yang cukup handal untuk berbagai macam kondisi pemakaian

2. SUV Keluarga

Di Indonesia, SUV menjadi pilihan favorit berikutnya sebagai mobil keluarga. Karena pada dasarnya SUV memiliki kemiripan dengan MPV dalam hal utilitas kabin dan serbaguna. Tersedia pilihan SUV dengan kapasitas lima penumpang (5-seater) hingga 8 penumpang (8-seater). Secara teknis, SUV menawarkan keunggulan tambahan berupa daya jelajah yang lebih maksimal untuk beragam kondisi lintasan berkat ground clearance relatif tinggi.

Mitsubishi Pajero Sport SUV Keluarga

Mitsubishi Pajero Sport, SUV yang juga terkenal sebagai pelari kencang

3. Sedan dan Turunannya (hatchback, estate/station wagon)

Pada dasarnya, sedan beserta derivatifnya (hatchback, city car, estate) dirancang sebagai mobil dalam kota dengan kemampuan angkut penumpang sebanyak 5 orang. Dengan kapasitas 5 orang penumpang, sedan memang disesuaikan untuk keluarga kecil yang tinggal di lingkungan urban. 

Daihatsu Sirion hatchback Keluarga

Daihatsu Sirion, hatchback yang cukup populer di Indonesia dan diproduksi di Malaysia

 

II. Kriteria Mobil Keluarga

Jika menilik jenis mobil yang beredar di Indonesia, boleh disebut lebih banyak didominasi oleh MPV, SUV, dan hatchback. Maklum, mobil-mobil tersebut memang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena terkait dengan berbagai aspek teknis maupun non teknis. Banyaknya pilihan mobil cukup membuat bingung konsumen untuk menentukan pilihan yang paling tepat. Silakan pertimbangkan aspek berikut sebelum menentukan keputusan.

1. Daya Angkut

Hitung jumlah anggota keluarga untuk memastikan kapasitas angkut penumpang dan jangan lupa memasukkan asisten rumah tangga dan pengasuh bayi. Mobil berkapasitas 4-5 penumpang masih sesuai untuk keluarga dengan 1-2 anak plus satu asisten rumah tangga. Kalau putra-putri Anda lebih dari 2 orang, mobil berdaya tampung tujuh penumpang menjadi pilihan terbaik.

2. Mesin & Konsumsi Bahan Bakar

Kapasitas mesin menentukan performa dan selaras dengan konsumsi bahan bakarnya. Pertimbangkan kapasitas mesin dengan kebutuhan pemakaian. Untuk dalam kota dengan sedikit penumpang dan barang, mesin 1.000 cc - 1.500 cc sudah cukup. Sebaliknya, memuat banyak orang dan melewati jalan ekstrem, butuh mesin berkapasitas di atas 1.500cc. Ingat, semakin besar volume silinder, semakin besar kebutuhan bahan bakar.

3. Transmisi

Pilihan transmisi terbagi menjadi manual dan otomatis (matik) dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Transmisi otomatis lebih mudah, praktis dan nyaman untuk pemakaian dalam kondisi macet. Namun biaya servisnya lebih mahal. Sedangkan transmisi manual konvensional, perawatannya mudah dan murah. Sesuaikan dengan kebutuhan. 

4. Kelengkapan Fitur

Mobil-mobil masa kini sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif dan pasif yang komprehensif, sehingga Anda tinggal pilih apa saja yang tersedia. Kalau fiturnya minimalis, langsung pindah ke lapak (merek) sebelah. Karena keselamatan keluarga menjadi yang utama, pastikan memilih mobil dengan fitur keselamatan yang memadai.

5. Sesuaikan budget (pajak,servis)

Memiliki mobil berarti harus siap dengan budget untuk biaya operasional, biaya pajak, dan biaya servis selama masa pakai. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang alias tekor karena biaya jajan mobil melebihi kemampuan keuangan (isi dompet). 

III. Mobil Keluarga Paling Efisien

Bicara mobil keluarga yang paling efisien, tentunya terkait dengan berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas. Namun yang menjadi fokus konsumen Indonesia tetap saja faktor hemat bensin. Dan inilah beberapa mobil keluarga yang terkenal dengan efisiensi bahan bakarnya.

1. Suzuki Ertiga

MPV ini laris manis di pasaran karena memiliki kualitas produk dan kelengkapan fitur serta harga terjangkau. Untuk konsumsi bensin sesuai klaim dan hasil tes media, tercatat 23 km/liter. Tentunya varian hybrid akan lebih hemat lagi konsumsi bahan bakarnya.

2. Honda Mobilio

Teknologi efisiensi bahan bakar khas Honda seperti i-VTEC, CVT, dan Eco Driving menghasilkan konsumsi bensin 17 km/liter. Jika fitur Eco Driving digunakan secara optimal, konsumsi bensin menjadi 22-28 km/liter.

3. Mitsubishi Xpander

Bukan hanya nyaman suspensinya, mesin Mitsubishi Xpander juga hemat bensin dengan konsumsi mencapai 18 km per liter. Namun, mesin-mesin Mitsubishi juga terkenal karena siap untuk diajak berpacu dengan kecepatan tinggi.

4. Toyota Avanza

Toyota Avanza menjadi mobil favorit para operator taksi online. Selain murah, bandel, kencang, juga konsumsi bensin terkenal irit dengan angka 12,5-– 14 km per liternya. Dukungan fitur dual VVT-i menghasilkan kombinasi optimal antara efisiensi bahan bakar dan performa kecepatan. 

5. Toyota Calya

Bekal mesin 1,2 liter membuat MPV 7 seater LCGC ini terkenal hemat bahan bakar. Tercatat konsumsi bensinnya mencapai 20 km/liter (klaim). Tidak heran jika Toyota Calya (dan juga saudara kembarnya, Daihatsu Sigra) menjadi salah satu mobil favorit para operator taksi online.

6. Toyota Agya

Mobil kota anggota program LCGC ini termasuk salah satu mobil paling irit bensin di Indonesia. Angka konsumsi untuk mobil ini mencapai 19,5 km per liternya (klaim) sehingga banyak dipilih oleh keluarga muda yang mencari mobil pertama. 

7. Datsun Cross

Kapasitas mesin 1,2 liter tiga silinder menghasilkan efisiensi bahan bakar yang mencapai 13 km/liter dalam kota dan 22 km/liter untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan. Apalagi Datsun Cross didukung fitur produk unggulan transmisi CVT yang efisien, halus, dan praktis. Hanya sayang, popularitas Datsun Cross kalah dari Toyota Calya/Daihatsu Sigra.

 

FAQ

 

 

 

 

 

 

FAQ umum

1. Mobil apa yang paling irit BBM?

Untuk pilihan mobil keluarga yang paling hemat bahan bakar, inilah pilihannya berdasarkan klaim pabrikan dan pengujian media; Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Toyota Calya, Datsun Cross

2. Mobil MPV itu apa?

Di Indonesia, MPV didefinisikan sebagai mobil serba guna untuk mendukung kebutuhan keluarga dan memiliki kapasitas angkut hingga 7 orang penumpang (people carrier). Selain itu juga dapat membawa barang bawaan sesuai keperluan para penumpang.

3. Apa saja mobil SUV?

 Ada banyak mobil jenis SUV di pasar otomotif Indonesia mulai dari segmen low seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush. Lalu ada Honda CR-V, Mazda CX-5 untuk segmen middle. Sedangkan segmen high diwakili antara lain oleh BMW X series, Mercedes-Benz GL-Class. Untuk segmen mewah, tersedia Jaguar F-Pace, Range Rover.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Harga mobil terbaru

International