Mempunyai Beragam Fungsi Dan Bahan, Ini Beberapa Jenis Karpet Mobil

06/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Dengan adanya karpet mobil maka kabin akan terjaga kebersihannya. Bahkan karpet juga dapat meredam kebisingan dengan efektif. Akan tetapi sebelum melakukan pembelian sebaiknya mengetahui jenis karpet mobil.

Pada kabin mobil terdapat peranan penting untuk mendukung kenyamanan selama berkendara. Seperti misalnya dashboard, kursi, kemudi dan lainnya. Bahkan karpet mobil juga dapat membuat tampilan jadi lebih indah dan menambah kenyamanan selama berkendara. Menariknya lagi adalah terdapat beberapa jenis karpet mobil, sebelum membelinya sebaiknya mengetahuinya.

Memang karpet bukan merupakan komponen yang vital. Meskipun begitu, keberadaannya  terbilang penting seperti menjaga lantai supaya tidak terkena debu dan kotoran. Selain itu, kebisingan yang dihasilkan oleh mesin juga bisa diredamnya. Tidak hanya itu saja, dengan penggunaan karpet juga bisa menjadikan tampilannya tambah cantik.

Gambar ini menunjukkan karpet yang terdapat di dalam lantai mobil

Karpet mobil mempunyai peran penting di dalam kabin mobil

>>> Baca Juga, Jangan Lupa Membersihkan Karpet Mobil Agar Kenyamanan Tetap Terjaga

Apabila melihat dari fungsinya, terdapat beberapa 2 jenis karpet yakni karpet dasar dan karpet pelapis. Untuk karpet dasar tempatnya di bagian paling bawah di atas lantai. Dengan adanya karpet ini maka plat lantai akan terjaga. Biasanya bagian ini sudah dipasang oleh pabrik atau bawaan dan umumnya pakai bahan fabric. Dengan adanya karpet ini peredaman dengan baik sehingga pemilik mobil umumnya memberikan tambahan karpet supaya lebih tebal.

Kemudian untuk karpet pelapis ditempatkan di atas lantai yang berguna sebagai pelapis lantai dasar. Adapun fungsinya adalah supaya lantai terlindung dari debu dan kotoran yang tidak sengaja terbawa oleh alas kaki. Bahkan dengan adanya karpet ini tampilannya bisa lebih cantik jika motifnya menarik.

Tidak hanya 2 itu saja, jenis karpet mobil juga bisa dilihat dari bahannya. Jadi terdapat perbedaan dengan karpet dasar yang penempatannya sangat kuat. Untuk karpet pelapis hanya ditempatkan saja di atas lantai sehingga mudah dipasang dan dilepaskan. Lekukannya juga sudah disesuaikan dengan lantai mobil dan didesain anti selip.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Berikut beberapa jenisnya yang dijual di pasaran berdasarkan bahannya.

1. Sintetis

Gambar ini menunjukkan karpet mobil bahan sintetis

Karpet bahan sintetis mudah dibersihkan dan juga harganya murah

>>> Baca Juga, Ternyata Manfaat Karpet Mobil Tambahan Sangat Beragam

Adapun jenis pertama adalah karpet sintetis. Untuk jenis ini mudah didapatkan dipasaran karena memang penggunanya cukup banyak. Ditambah lagi dari segi harga cukup terjangkau, mudah dibersihkan dan juga awet. Selain itu, karpet sintetis bisa menyerap bau dengan cukup baik.

2. Karet

Jika melihatnya dari fungsinya, maka akan sama dengan yang lain yakni sebagai penyerap bau dan juga melindunginya dari debu dan kotoran. Adapun keunggulan yang dimiliki adalah mudah ketika dibersihkan dan dibandingkan dengan jenis sintetis lebih awet bahan karet.

3. Beludru

Dengan menggunakan karpet jenis ini maka tampilan interior mobil bisa lebih mewah. Umumnya jenis karpet mobil ini dipasangkan pada mobil yang berkelas premium dan lebih diunggulkan tampilannya. Tidak hanya itu, karpet beludru juga halus dan lembut. Adapun kekurangannya adalah sulit dalam pembersihan serta membutuhkan peralatan yang khusus seperti vacuum cleaner supaya lebih maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

4. PVC

Gambar ini menunjukkan karpet mobil dengan menggunakan bahan PVC

Karpet bahan PVC mempunyai tampilan seperti mie

Untuk karpet terakhir dalam pembahasan kali ini adalah bahan PVC. Yang mana jenis karpet ini sangat ngetren. Nama lain dari PVC adalah karpet mie karena permukaannya yang serupa dengan mie yakni keriting. Meskipun begitu, tekstur yang dimiliki bisa membuat debu dan kotoran tidak akan terbang lagi setelah jatuh ke lantai. Adapun kelebihan yang dimiliki adalah tampilannya yang elegan dan ketika kotor mudah dibersihkan yakni dengan mengibaskannya atau disemprot saja dengan air.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International