Memilih Talang Air Diperlukan Saat Ingin Memasangkannya Di Mobil

23/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Saat ingin membeli door visor jangan lupa untuk memilih talang air. Tujuannya adalah mendapatkan yang berkualitas dan awet saat dipakai. Mengingat aksesoris ini ditempatkan di luar kendaraan.

Talang air memiliki banyak fungsi sehingga mobil yang belum ada dari pabrikan biasanya akan dipasangkan. Meskipun begitu, pemilik perlu memilih talang air sebelum melakukan pemasangan. Tujuannya adalah mendapatkan yang sesuai dan mempunyai kualitas

Gambar ini menunjukkan beberapa talang air dalam etalase

Banyak pilihan talang mobil sepertiukurannya yang berbeda

>>> Baca Juga, Begini Cara Buat Kaca Mobil Tidak Mudah Tertempel Air Hujan Secara Alami

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih door visor pada mobil adalah:

1. Kualitas Yang Dimiliki Pada Bahannya

Posisi talang air berada diluar mobil sehingga akan terkena air hujan, angin dan juga panas matahari langsung. Dengan begitu kualitas bahannya menjadi salah satu yang tergolong penting. Kualitas yang baik dapat membuat talang air jadi awet, Sobat bisa memilih door visor yang elastis dan agak tebal. Dengan bahannya yang lebih tebal maka saat terkena angin tidak akan mudah pipih ataupun pecah. Selain itu untuk soal elastis, bahan yang kaku umumnya adan mudah mengalami keretakan ataupun pecah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

2. Warna Talang Air

Gambar ini menunjukkan talang air Mitsubishi warna silver

Ada beberapa pilihan warna talang air untuk mobil

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Mobil Bisa Tergelincir Karena Aquaplaning

Dalam memilih talang air selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah warnanya. Talang air mempunyai beberapa pilihan warna yang bisa dipilih oleh para pemilik mobil seperti transparan, hitam pekat ataupun silver. Selain soal selera sobat juga perlu memperhatikan perpaduan warnanya dengan mobil. Ditambah lagi kemungkinan bisa pudar juga dapat terjadi. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh faktor cuaca sehingga warna dapat mengalami perubahan sehingga tampilannya jadi kurang menarik. Jadi pilihlah talang air yang mempunyai warna awet dan tidak mudah pudar.

3. Komponen Pelengkap Talang Air

Pada saat memasangkan talang air biasanya membutuhkan double tape atau perekat antara 2 sisi supaya talang air dapat menempel. Dalam pemilihannya pemilik perlu cermat  supaya mendapatkan yang bagus. Mengingat talang air terkena matahari langsung dan juga terkena angin yang kencang sehingga beban angin perlu ditahannya. Dengan perekat yang berkualitas maka door visor tidak akan mudah terlepas. Berbeda jika sobat memakai talang air injeksi, umumnya perlu mendapatkan baut atau tambahan klip sebagai pendukung double tip. Hal tersebut karena ukurannya yang agak tebal dan mempunyai bobot cukup berat.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Bentuk Fisik Talang Air

Gambar ini menunjukkan 2 tangan memasang talang air di mobil

Pasang talang air sesuai dengan mobilnya

Hal terakhir dalam memilih talang air untuk mobil adalah memperhatikan bentuknya. Mengingat ukurannya ada pilihannya yakni jumbo kemudian semi jumbo dan ultra slim. Dalam pemilihan ini sesuaikan dengan fisik dan juga kebutuhan dari kendaraan. Dengan begitu estetika tetap terjaga dan talang air bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Pada mobil kecil biasanya menggunakan ukuran yang ultra slim, kemudian pada mobil besar pakai yang semi jumbo atau jumbo. Hal tersebut karena penggunaan ukuran yang jumbo pada mobil kecil maka akan terlihat kurang menarik. Kalau sebaliknya maka talang air tidak berfungsi dengan semestinya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International