Memilih Bengkel Cat Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Begini Tipsnya

08/07/2019 Abdul Tips & trik mobil

Melakukan pengecatan ulang kendaraan biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya goresan atau penyok karena tabrakan. Sehingga membuat bodi mobil butuh perbaikan dan pengecatan kembali agar kondisinya kembali mulus. Dalam hal ini memilih bengkel cat mobil tidak boleh sembarangan supaya hasil yang didapat sesuai harapan.

Seperti yang diketahui, bahwa bengkel cat sekarang banyak tersebar dimana-mana. Setiap bengkel mempunyai trik tersendiri dan inovasi agar dapat menarik hati para pelanggan. Seperti kualitas dari cat dan pegawai professional sehingga hasilnya memuaskan. Namun apakah semuanya begitu, tentu tidak. Oleh sebab itu memilih bengkel cat mobil yang benar-benar professional dan mengedepankan kepuasan pelanggan sangat dibutuhkan.

Supaya tidak salah pilih, kami berikan beberapa tips dalam memilih bengkel untuk melakukan pengecatan ulang pada kendaraan yang sobat miliki.

1. Memperhatikan Fasilitas Yang Dimiliki

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang dilakukan pengecatan di dalam ruangan

Bandingkan bengkel cat satu dengan lainnya

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat fasilitas yang dimiliki dan bandingkan dengan bengkel lain. Dalam hal ini meliputi peralatan pengecatan yang disediakan apakah sudah modern atau belum. Selain itu, apakah tersedia ruang oven dan alat pengelasan atau tidak. Apabila peralatan pengecatan yang dimiliki komplit maka untuk hasil yang didapat tentu akan lebih maksimal.

Selain hal tersebut, riwayat kerja dari bengkel juga bisa menjadi pertimbangan, karena biasanya bengkel yang telah berdiri lama tentunya lebih berpengalaman. Begitu juga teknik yang dimiliki akan lebih mumpuni serta lebih paham akan pengecatan sehingga dampaknya adalah pada hasil akhir dari pengecatan yang dilakukan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Memperhatikan Proses Dan Hasil Pengecatan

Gambar ini menunjukkan seorang montir sedang memegang kain ditempelkan pada bodi mobil

Proses yang baik dan profesional menghasilkan hasil yang baik juga

Kelengkapan fasilitas yang dimiliki bukan berarti hasilnya bagus, hal tersebut dikarenakan terdapat proses kerja yang dapat berpengaruh pada hasil yang didapat. Jika mobil habis kecelakaan tentunya perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu baru dilakukan pengecatan.

Jadi dalam memilih bengkel cat mobil, perhatikan kendaraan yang telah usai dilakukan pengecatan. Lihatlah hasilnya secara mendetail mengenai kesamaan warna baik pada bodi yang mulus dan yang sebelumnya bermasalah. Umumnya bengkel yang sudah professional apabila ada warna belang tidak dibiarkan begitu saja, jadi hasilnya benar-benar baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Memperhatikan Testimoni Pelanggan

Gambar ini menunjukkan 3 orang sedang berdiri di samping mobil warna biru

Bengkel cat yang bagus akan banyak testimoni positif

Pada umumnya bengkel cat akan menyediakan tempat tersendiri untuk testimonial seperti di website ataupun google maps. Jadi sobat perhatikan dahulu review dan testimoni pelanggan mengenai hasil yang didapat usai pengecatan. Tentunya jika bengkel tersebut berkualitas baik dan mumpuni maka testimonalnya juga akan baik.

Jadi semakin banyak testimoni positif maka bisa dijadikan pilihan untuk melakukan pengecatan ulang pada mobil kesayangan sobat.

>>> Baca Juga, Merawat Cat Mobil Itu Mudah! Begini Caranya

4. Memperhatikan Biaya Pengecatan

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memegang alat untuk pengecatan

Sebelum pengecatan sediakan budget yang mencukupi

Dalam memilih bengkel cat mobil tidak hanya itu saja, salah satu hal yang terbilang cukup penting adalah biaya pengecatan. Tentunya budget sangat berpengaruh, karena jika dana yang dimiliki tidak cukup maka tidak akan bisa melakukan pengecatan. Umumnya untuk biaya pengecatan berkisar antara Rp. 400 ribu sampai Rp. 600 ribu untuk pengecatan setiap panel bodi. Sedangkan jika full bodi atau secara penuh maka biasanya dimulai dari angka Rp. 6 juta.

Bahkan saat sobat memilih cat yang memiliki spesifikasi yang khusus seperti misalnya xyralic, candy tone, multitones dan chameleon tentunya harganya akan lebih mahal. Biaya yang harus dikeluarkan akan berada di atas Rp. 20 jutaan. Jadi pertimbangkan segala sesuatunya, menanyakan biaya pengecatan juga diperlukan agar dapat menimbang apakah dana mencukupi atau tidak.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih bengkel cat mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu!
    Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu! Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai banyak fungsi, tidak hanya untuk kendaraan pribadi saja. Seperti yang diketahui, bahwa saat di kantor akan ada kendaraan yang digunakan untuk operasional. Saat ingin membeli mobil operasional kantor tidak boleh sembarangan, karena kendaraan memang digunakan untuk kegiatan perusahaan dan jangka panjang.

  • Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau
    Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau Abdul Tips & trik mobil

    Dunia otomotif memiliki banyak inovasi yang membuatnya terbagi jadi beragam hobi dan keahlian. Seperti misalnya seseorang yang memiliki jiwa petualang akan senang untuk melakukan off road ke tempat yang menantang. Tidak hanya itu saja, ada pula yang menyenangi dunia drifting sehingga membutuhkan mobil yang benar-benar tepat. Lantas apakah ada rekomendasi mobil untuk drifting?

  • Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu
    Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu Abdul Tips & trik mobil

    Dari jaman dahulu sampai sekarang mobil bekas tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor ekonomi ataupun karena mobil yang disukainya sudah tidak dikeluarkan lagi. Tapi adakah perbedaan beli mobil bekas zaman sekarang dengan dahulu?