Membeli Mobil Bekas Tanpa Perantara, Siapa Takut!

06/12/2018 Abdul Tips & trik mobil

Mobil bekas kian diminati oleh kebanyakan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan beberapa fitur di dalam kendaraan yang cukup lengkap. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas sesuai idaman. Salah satunya adalah lewat sorum mobil bekas yang banyak pilihan model. Bagi sobat yang ingin membeli mobil bekas tanpa perantara bisa mengikuti tips di bawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan jika berniat membeli mobil bekas tanpa perantara.

1. Memperhatikan pinggir jalan

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil jeep dengan tulisan mobil dijual di kaca

Banyak penjual yang memilih cara simpel untuk menjual kendaraannya yakni dengan menempeli kertas tulisan dijual

Pastinya kebanyakan orang pernah melihat mobil terparkir di pinggir jalan dengan ditempelkan kertas bertuliskan dijual. Hal ini biasanya dilakukan oleh pemilik langsung dari kendaraan tersebut. Memang cara ini terbilang cukup sulit, apalagi saat mengemudikan mobil. Jadi jika berniat mencarinya bisa mengajak teman untuk membantu melihat situasi di pinggir jalan, apakah ada mobil dijual atau tidak. Umumnya mobil seperti ini langsung dari pemiliknya, jadi dari segi harga bisa nego dan mendapatkan yang lebih terjangkau.

>>> Lihat juga, Awas Mobil Bekas Curian, Begini Cara Mengetahuinya!

2. Mencari dengan melihat iklan di media massa

Gambar ini menunjukkan potongan koran yang berisi iklan jual beli mobil

Banyak pemilik yang mengiklankan kendaraan bekasnya di koran atau media cetak

Jika berniat mencari mobil bekas bisa dengan melihat media cetak atau koran nasional. Umumnya terdapat halaman sendiri yang mengiklankan penjualan mobil yang dipasang secara langsung oleh penjual. Biasanya berupa iklan baris di halaman belakang, namun kadang ada juga yang dibuat kolom iklan besar untuk lebih menarik pelanggan. Sobat bisa mencari yang diiklankan pemiliknya langsung, karena showroom mobil bekas juga kadang menggunakan cara ini untuk menjual kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap mobil semua merk

3. Mencari lewat internet

Gambar ini menunjukkan sebuah website jual beli di internet yakni Cintamobil.com

Mencari mobil bekas di website jual beli bisa menjadi salah satu pilihan tepat

Di jaman sekarang sudah modern, apa-apa bisa dilakukan secara online seperti beli barang pesan ojek dan lainnya. Begitu juga dalam penjualan mobil, banyak pemilik yang menawarkan mobilnya dengan melalui media sosial ataupun website jual beli. Dengan cara ini memungkinkan calon pembeli membeli mobil bekas tanpa perantara dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu saat berinteraksi lewat media online bisa tawar menawar harga terlebih dahulu dan juga berbagi informasi secara detail mengenai kendaraan yang dijual.

Namun dalam hal ini harap berhati-hati, terutama jika melalui media sosial. Karena ada juga yang menipu untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Jadi yang perlu diperhatikan adalah saat melihat kendaraan yang diincar sebaiknya membawa teman. Selain itu jangan mau jika disuruh transfer terlebih dahulu, jika sudah melihat kondisi mobil dan kelengkapan surat baru bisa mengurus administrasinya.

>>> Baca juga, Penawaran DP Rendah Atau Cicilan Murah Saat Beli Mobil, Sobat Pilih Yang Mana?

 4. Cek langsung ke lokasi dan melakukan pengujian

Gambar ini menunjukkan banyak mobil dan terdapat 2 orang memeriksa 1 mobil warna putih

Mendatangi langsung lokasi mobil untuk mengetahui kondisi sebenarnya kendaraan yang dijual

Selanjutnya jika sudah mendapatkan mobil yang diincar dengan keterangan kendaraan yang lengkap. Maka sebaiknya melakukan pengecekan ke lokasi tempat mobil tersebut berada. Sobat bisa janjian supaya dapat ketemu dan melihat kondisi mobil secara langsung. Dengan begitu akan diketahui kondisi sebenarnya, apakah sesuai deskripsi yang disertakan atau tidak. Lakukan pengecekan mulai bagian eksterior, interior dan juga mesinnya.

Jangan lupa untuk melakukan pengujian atau test drive. Dengan begitu akan dapat dirasakan performa mobil dan juga kenyamanan saat dikendarai. Jangan ragu untuk mencoba fitur di dalamnya, tujuannya adalah untuk memastikan semuanya dalam kondisi yang baik.

>>> Baca juga, Tertarik Membeli Mobil Suzuki Ertiga Bekas, Jangan Lupa Cek Bagian Ini!

5. Cek kelengkapan mobil dan menawar harga

Gambar ini menunjukkan 2 orang dewasa dan 1orang anak sengan berdiri di samping mobil

Tawarlah sewajarnya jangan terlalu rendah karena bisa bikin penjual marah

Adapun tahapan terakhir dalam membeli mobil bekas tanpa perantara adalah dengan melakukan pengecekan pada kelengkapan suratnya. Pastikan semua data pada STNK dan BPKB sama, selain itu nomor mesin, rangka juga dicocokkan dengan data pada BPKB dan STNK. Apabila semuanya cocok dan mobil tersebut sudah pas dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, cobalah untuk menawar harga. Sobat bisa menawar sesuai keuangan yang dimiliki dan disediakan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ingin Liburan Dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupakan Ini!
    Ingin Liburan Dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupakan Ini! Abdul Tips & trik mobil

    Pergi liburan bersama keluarga tentunya akan menyenangkan. Selain untuk menghilangkan rasa penat setelah bekerja, berkumpul bersama keluarga menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri. Namun dalam hal ini kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Apalagi saat liburan dengan mobil pribadi, tentunya terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan supaya tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

  • Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Servis Mobil Secara Rutin!
    Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Servis Mobil Secara Rutin! Abdul Tips & trik mobil

    Memiliki kendaraan dalam keadaan prima tentu saat diinginkan oleh pemiliknya. Namun jika hanya dibiarkan saja tanpa ada perawatan dan pengecekan pada bagian kendaraan tentunya akan sulit didapatkan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membawanya ke bengkel untuk dilakukan servis. Tahukah sobat bahwa manfaat servis mobil secara rutin sangatlah menguntungkan pemilik kendaraan.

  • Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu!
    Bingung Pilih Mobil Sedan Atau MPV Untuk Keluarga Muda, Baca Ini Dulu! Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah keluarga merupakan salah satu impian dari kebanyakan orang. Setelah mendapatkan pasangan dan menikah maka akan dihadapkan dengan berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang mungkin sebagian orang menginginkannya adalah mobil keluarga. Banyaknya jenis kendaraan membuat bingung pasangan yang baru menikah, namun umumnya pilihan tertuju pada jenis MPV dan juga sedan. Lantas apa yang cocok, mobil Sedan atau MPV untuk keluarga muda?