Melihat Fungsi Turbo Timer Pada Mobil Dengan Mesin Turbocharger

15/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil mempunyai banyak komponen di dalamnya yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah turbo timer. Adapun turbo timer terdapat pada mobil yang menggunakan mesin Turbo seperti All New Toyota Fortuner. Lantas apa fungsi turbo timer?

Mobil dengan turbo memiliki laju yang lebih kencang saat melaju di jalanan. Komponen turbo timer sebenarnya merupakan sebuah aksesoris tambahan yang pemasangannya dilakukan sebagai penunjang turbo pada mobil. Jadi bisa dibilang bukan sebagai fitur asli bawaan pabrikan. Lantas apa sih fungsi turbo timer pada kendaraan dengan mesin turbo?

Gambar ini menunjukkan Turbo timer dengan warna hitam dan ada angka 30

Turbo timer bisa dipasangkan pada mobil dengan mesin turbo

>>> Baca Juga, Harap Diperhatikan, Merawat Mesin Turbo Juga Diperlukan

Fungsi Turbo Timer Di Mobil Mesin Turbo

Jika dilihat secara umum, turbo timer berguna sebagai pencegah terjadinya perubahan temperatur pada mesin dan turbocharger secara drastis. Untuk temperatur dalam pembahasan ini merupakan suhu mesin yang terlalu tinggi pada saat mobil melaju di jalanan menuju ke suhu rendah dalam kondisi mobil mulai berhenti di rumah untuk parkir kendaraan. Jika perubahan suhu yang terjadi terlalu drastis dari suhu yang tinggi langsung ke rendah maka bisa membuat perangkat turbo mudah mengalami kerusakan.

Apalagi pada mesin turbo untuk menurunkan suhunya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Oleh sebab itulah saat menggunakan fitur turbo pengendara tidak boleh asal dalam mematikan mesin mobil. Jadi pada saat mesin masih dalam kondisi yang sangat panas dan pengemudi mematikan mesinnya maka resiko turbo bearing mengalami kerusakan bisa terjadi.

Bagaimana Cara Kerja Turbo Timer?

Setekah membahas fungsi turbo timer, saatnya menuju mengenai cara kerjanya. Sebenarnya kalau membahas mengenai cara kerjanya terbilang simpel. Akan tetapi peranannya yang dimiliki cukup besar supaya fitur turbo bisa tetap terjaga performanya. Dengan mengandalkan alat tersebut maka pemilik mobil akan terbantu karena tidak perlu menunggu proses penurunan suhu mesin dalam waktu yang lama.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pemasangan turbo timer pada mobil

Ada alasan mengapa turbo timer tidak jadi standar pabrikan

>>> Baca Juga, Lagi Tren, Ini Keistimewaan Mesin Turbo Pada Mobil

Jadi pada saat pemilik mencabut kuncinya maka kunci kontak akan tetap on karena ditahan turbo timer. Kemudian giliran kapasitor yang diandalkan oleh turbo timer dalam menahan mesin supaya tetap dalam kondisi on sampai suhunya turun. Setelah muatan kapasitor habis maka mesin mobil akan mati dengan sendirinya atau kunci kontak akan off. Melihat cara kerjanya tersebut, turbo timer menawarkan kepraktisan bagi pemiliknya.

Mengapa Tidak Jadi bawaan Pabrik

Setelah melihat fungsi turbo timer dan cara kerjanya tentunya muncul sebuah pertanyaan. Mengapa turbo timer tidak dijadikan sebagai bawaan pabrikan?. Ternyata hal tersebut bukan asal-asalan namun terdapat alasan tersendiri. Yang mana fitur tersebut tidak terlalu dibutuhkan untuk kebiasaan yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Fortuner terbaru

Salah satu mobil dengan mesin turbo

Kita ambil contoh saat seseorang bepergian bersama keluarganya dengan mobil mesin turbo. Sebelum sampai ke rumah dan di parkirkan di garasi mobil kecepatan akan diturunkan saat melewati kompleks perumahan atau jalanan di pedesaan. Bisa juga terlebih dahulu membuka gerbang rumahnya untuk mobil masuk. Jadi telah terdapat jeda mesin untuk melakukan pendinginan karena dalam proses di atas mesin masih tetap menyala. Dalam kondisi tersebut sebenarnya untuk menurunkan mesin sudah memiliki cukup waktu yang dibutuhkan. Oleh sebab itu tidak perlu memakai turbo timer.

Namun apabila mobil mesin turbo digunakan untuk melaju kencang dan melintasi jalanan yang menanjak dan lainnya maka pemilik mobil disarankan sebelum mematikan mesin tunggu beberapa detik hingga menit supaya turbocharger suhunya menurun.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International