Mau Modifikasi Mobil, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

23/03/2021 Abdul Tips & trik mobil

Modifikasi mobil kerap dilakukan oleh beberapa pemilik untuk kendaraan yang dimiliki. Untuk alasannya terbilang beragam seperti tampilan beda dari yang lain, performa mobil lebih meningkat dan hal lainnya. Yang pasti ada konsekuensi yang harus ditanggung saat melakukan modifikasi terlalu berlebih.

Ketika ingin melakukan modifikasi mobil sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar tidak sampai berlebihan dan membuat kerugian harus ditanggung sendiri. Memang hal tersebut sah-sah saja, karena memang milik sendiri. Terlepas dari hal tersebut, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan modifikasi kendaraan yang dimiliki:

1. Garansi Mobil Dapat Hangus

Adanya garansi mobil bertujuan supaya mobil mendapatkan perawatan dengan baik. Umumnya pemilik akan melakukan klaim garansi ketika akan melakukan penggantian oli dan juga terjadi masalah pada mobil seperti rusak. Dengan begitu biaya akan ditanggung oleh pihak pabrikan karena masih dalam masa garansi.

Gambar ini menunjukkan buku garansi mobil Mitsubishi Xpander

Modifikasi ada yang bisa membuat garansi mobil hangus

>>>  Lihat Juga, Makin Keren, Beberapa Aksesoris Mobil Untuk Kendaraan Kesayangan Sobat

Akan tetapi jika masalah yang terjadi pada mobil akibat modifikasi yang dilakukan oleh pemilik, maka klaim garansi tidak bisa di approve. Dalam hal ini bisa karena asal-asalan dalam modifikasi atau melakukan penggantian komponen bawaan dengan komponen yang tidak sesuai.

2. Bisa Membahayakan

Ketika melakukan modifikasi mobil bisa saja berpotensi membahayakan keselamatan bila berhubungan dengan sistem kelistrikan. Ditambah lagi pengubahan dilakukan pada bagian kabel tidak profesional dan cenderung asal-asalan. Maka potensi komponen dengan daya listrik bisa tidak bekerja dengan baik, bahkan sampai tidak bisa bekerja. Oleh sebab itu ketika melakukan modifikasi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya dan kenyamanan dan keselamatan tidak berkurang.

3. Penurunan Performa

Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah membuat performa mobil mengalami peningkatan. Akan tetapi karena tidak profesional serta kurang ahli malah bisa membuat penurunan performa. Sehingga ketika mobil digunakan malah performa yang dimiliki lebih rendah dari bawaan pabrikan.

>>> Baca Juga, Tips Modifikasi Kelistrikan Mobil Supaya Aman Dan Tidak Ditolak Asuransi Saat Klaim

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dengan diberi warna pink

Utamakan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan saat melakukan modifikasi

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Biaya Yang Dikeluarkan Cukup Banyak

Modifikasi mobil memang bisa membuat mobil tampak lebih keren atau bisa juga performa mobil meningkat. Namun satu hal yang penting dan perlu diperhatikan. Bahwasanya biaya juga berpengaruh dengan modifikasi yang dilakukan. Salah satu contohnya adalah melakukan penggantian pelek mobil. Tampak sepele sih, tapi untuk biayanya cukup besar.

5. Proses Berkelanjutan

Jadi saat seseorang terburu-buru dalam melakukan modifikasi maka hasilnya kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan modifikasi kendaraan merupakan sebuah proses yang berkelanjutan. Riset dan melihat mobil yang sudah dilakukan modifikasi menjadi salah satu langkah untuk membuat mobil yang dimiliki jadi tampak lebih baik. Bahkan langkahnya tidak dapat langsung jadi dan menyesuaikan dengan biaya juga.

Adapun contohnya adalah melakukan penggantian jok, upgrade suspensi sampai menambah turbo pada mesin mobil. Pengerjaannya membutuhkan waktu, sehingga pemilik bisa bolak-balik ke bengkel untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. Jika tidak sabar maka potensi terjadi kesalahan bisa saja dialami.

>>> Baca Juga, Kegunaan Adaptor Pelek Dan Spacer Untuk Memodifikasi Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil warna hitam putih

Modifikasi dilakukan secara bertahap tidak bisa kilat 1 hari jadi

6. Pemilihan Bengkel Modifikasi

Bengkel modifikasi banyak tersebar dengan menawarkan beragam kelebihannya sendiri-sendiri. Dalam hal ini pemilihan bengkel menjadi faktor penting untuk membuat mobil menjadi lebih baik bamun keselamatan tetap terjaga. Pilih bengkel yang terpercaya, profesional dan memiliki reputasi baik. Selain itu, jangan lupakan jaminan atau garansi dari bengkel modifikasi yang dituju sehingga saat ada masalah tidak perlu keluar biaya lagi untuk modifikasi yang sama.

Demikianlah informasi mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifikasi mobil. Utamakan keselamatan dan kenyamanan saat melakukan modifikasi sehingga perjalanan sendiri, bersama teman atau keluarga tetap terasa menyenangkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini Abdul Tips & trik mobil

    Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

  • Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil
    Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mengemudikan mobil tidak hanya dalam jarak dekat saja, akan tetapi jarak jauh uga kadang dilakukan. Entah itu ingin pergi ke tempat saudara, pergi wisata atau memang ada acara tertentu. Dalam hal ini mengatur uang sangat diperlukan supaya perjalanan dapat lancar dan kebutuhan di jalan bisa tercukupi.

  • Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?
    Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar? Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

International