Mau Membeli Mobil, Ini Keistimewaan Mobil Bekas Tangan Pertama

29/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Kita kadang menemui informasi mengenai kendaraan yang merupakan tangan pertama. Hal tersebut menunjukkan bahwa penjual dulunya membeli baru dan baru akan dijual saat ini. Sehingga belum berganti pemilik ataupun masuk showroom mobil, lantas apa sih keistimewaan mobil bekas tangan pertama?

Apabila dipikirkan, maka saat usia mobil sudah lama tentunya kondisinya tidak bisa seperti baru. Meskipun kendaraan baru dipakai satu orang saja, tetapi kita juga tidak tahu akan perawatan yang pernah dilakukan. Akan tetapi jika membahas soal keistimewaan mobil bekas tangan pertama, biasanya calon pembeli lebih memilih mobil tersebut dibandingkan dengan yang lain.

Berikut ini beberapa keistimewaan mobil bekas tangan pertama yang bisa membuat calon pembeli lebih yakin dalam memilih kendaraan.

1. Mobil Bekas Mempunyai Riwayat Yang Lebih Jelas

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna biru tampak bagian depan

Mobil bekas tangan pertama riwayatnya jelas

Jika melihat kondisi kendaraan tentunya tidak jauh berbeda dengan pemiliknya. Jadi ketika pemilik mobil kerap melakukan perawatan dengan baik dan penggunaannya untuk beraktivitas juga baik, maka kita bisa menebak bahwa kondisi mobil juga sangat baik, begitu juga sebaliknya.

>>> Baca Juga, Ingin Beli Mobil, Perhatikan Dahulu 2 Hal Penting Dalam  Spesifikasi Mobil

2. Mengetahui Bengkel Dan Mekanik Yang Merawat Mobilnya

Gambar ini menunjukkan sebuah mekanik sedang memeriksa kondisi mobil

Perawatan berkala akan ada catatan servisnya

Apabila pemilik kerap melakukan perawatan, tentunya akan mempunyai bengkel langganan untuk merawat mobil yang dimilikinya. Dengan begitu maka akan ada catatan servis yang dilakukan dan pihak bengkel memiliki riwayat perawatan yang pernah dilakukannya secara lengkap dan mendetail. Bahkan umumnya mobil baru dengan pemilik pertama akan melakukan servis di bengkel resmi.

Jika sudah diberikan info bengkel yang merawat mobilnya, tinggal Sobat mendatangi dan menanyakan kondisi dari mobil bekas yang akan dijual. Dengan begitu Sobat akan mengetahui informasinya secara mendetail sejak pertama kali servis atau semenjak masih dalam kondisi baru.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Mobil Mempunyai Kondisi Yang Relatif Orisinil

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang memeriksa kondisi mobil

Keaslian bagian mobil menjadi salah satu hal yang membuat banyak peminat

Keistimewaan mobil bekas tangan pertama selanjutnya adalah kondisinya masih orisinil. Namun kadang ditemui juga mobil yang telah dilakukan modifikasi seperti mengganti atau menambah parts pada mobil. Meskipun begitu, untuk pat aslinya biasanya akan disimpan oleh pemilik mobil. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu nilai plus tersendiri. Karena saat membeli sebuah mobil bekas dan kondisinya masih serba orisinil maka serasa memiliki mobil baru.

>>> Baca Juga, Jangan Bingung, Ini Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

4. Mengetahui Kekurangannya Dari Segi Teknis

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memeriksa kondisi mesin mobil

Meskipun penjual tangan pertama, mobil tetap perlu diperiksa

Jadi ketika membeli mobil bekas, terjadinya masalah kecil dan juga kekurangan menjadi salah satu hal yang lumrah. Jadi setiap kendaraan biasanya akan mengalami masalah yang berbeda walaupun jenis mobil dan modelnya sama persis. Ketika pemilik sebelumnya mau berkata jujur mengenai masalah yang kadang terjadi pada mobil yang dijual, maka sebagai pembeli bisa mengetahui secara teknis kekurangannya. Sehingga setelah mobil dibeli segera dilakukan penanganan dan masalah bisa diatasi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Mempunyai Dokumentasi Atau Surat Lengkap

Gambar ini menunjukkan dokumen mobil berupa STNK dan BPKB

Kelengkapan surat dan faktur pembelian menjadi dokumen penting kendaraan

Sebagai pemilik pertama tentunya dokumen yang dimiliki akan lebih jelas. Berbeda dengan kendaraan yang sudah berganti pemilik berkali-kali, bisa saja dokumen kendaraan tercecer. Jadi salah satu dokumen yang bisa membuat nilai jual bertambah adalah faktur pembelian. Dokumen ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan, hanya saja saat melakukan pengurusan surat-surat di kepolisian dokumen tersebut sangat berguna. Pemilik pertama umumnya akan lebih teliti dalam hal simpan menyimpan dokumen mobil karena mobil yang dibelinya adalah baru.

Dengan melihat beberapa hal di atas tentunya ada keistimewaan mobil bekas tangan pertama. Meskipun begitu, pemeriksaan tetap diperlukan dan jika tidak paham soal kondisi mobil bisa mengajak teman atau mekanik yang lebih ahli dalam cek mobil.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca