Masih Masa WHF, Begini Cara Mencegah Ban Mobil Rusak Karena Flat Spot

04/05/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pandemi virus corona (Covid-19) masih belum berakhir, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati supaya tidak tertular. Nah kali ini pembahasan mengenai ban mobil, yang mana dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mobil akan kerap berdiam di garasi. Jadi mencegah ban mobil rusak sangat diperlukan terutama karena flat spot.

Pada saat mobil diparkir terlalu lama maka bisa beresiko membuat ban flat spot. Jika dibiarkan saja maka bisa beresiko menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itulah perhatian tetap perlu dilakukan selama mobil berdiam saja di rumah. Hal tersebut juga termasuk mencegah ban mobil rusak karena flat spot.

Gambar ini menunjukkan mobil di garasi luar rumah

Mobil didiamkan dalam waktu lama juga butuh perawatan

>>> Baca Juga, Saat Ban Mobil Pecah Di Jalan, Jangan Langsung Injak Rem Mendadak

Saat masa PSBB kali ini bisa sambil melakukan pengecekan pada bagian ban mobil. Mengingat nanti saat digunakan akan mempunyai tugas yang penting dan berhubungan dengan aspal jalanan. Ditambah lagi, bobot kendaraan juga ditahan oleh ban mobil dan jika bagian ini bermasalah maka bisa merepotkan.

Mencegah Ban Mobil Rusak Karena Flat Spot

Berkaitan dengan hal tersebut seperti  dilansir dari laman Toyota Astra, yang mana mobil diparkir terlalu lama maka tekanan angin ban mobil akan berkurang sedikit demi sedikit tanpa disadari. Sehingga saat lama tidak menggunakan mobil akan ditemui ban dalam kondisi kempis saat akan digunakan kembali.

Pada saat angin pada ban mobil berkurang maka dapat menjadikan ban mobil berubah teksturnya. Oleh sebab itulah pengecekan ban mobil seperti tekanan anginnya perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali. Lakukan pengisian angin ban sesuai rekomendasi dari pihak pabrikan, Sobat bisa melihatnya di bagian pintu pengemudi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan mengecek tekanan angin ban mobil

Tekanan angin ban mobil bisa berkurang saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama

>>> Baca Juga, Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya

Selain itu, perubahan tekstur ban juga bisa disebabkan oleh bobot kendaraan. Jika dibiarkan tetap di garasi dalam jangka waktu yang lama maka bisa beresiko mengakibatkan flat spot pada bagian yang dijadikan titik tumpu. Hal tersebut bisa dicegah, jadi pemilik harus mengetahuinya. Tujuannya adalah saat nantinya mobil akan digunakan kembali tidak terjadi masalah yang berarti.

Cara Mencegah Ban Mengalami Flat Spot

Jadi ketika ban mobil mengalami flat spot maka permukaan ban tidak akan rata tapi cenderung datar. Hal tersebut karena menjadi titik tumpu yang lama dari bobot kendaraan. Apabila semakin lama menahannya dan didiamkan saja maka bisa beresiko retak dan saat digunakan kembali rentan meletus.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan guna mencegah ban mobil rusak karena flat spot :

  1. Melakukan perubahan posisi ban ketika mobil diparkirkan dalam jangka waktu yang lama
  2. Memaju mundurkan kendaraan setiap seminggu sekali supaya terjadi perubahan titik tumpu
  3. Membawa mobil keluar sejenak sekalian memanaskan mesin pada kendaraan
  4. Penggunaan nitrogen dapat membuat kualitas ban tetap terjaga karena sifat yang dimiliki adalah mendinginkan
  5. Apabila diisi angin biasa maka lakukan pengecekan tekanan angin ban mobil lebih sering

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ban mobil dalam kondisi kempes

Ban rusak karena flat spot dapat dicegah

Itulah beberapa hal dalam mencegah ban mobil rusak karena flat spot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International