Langkah Tepat Saat Mobil Mogok Di Jalan Tol

22/03/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Mobil mogok adalah salah satu hal yang sangat menyebalkan dan membuat pusing. Bagaimana tidak, seharusnya kita bisa cepat sampai tujuan namun tidak bisa. Selain hal tersebut, Mobil yang tiba-tiba mogok juga harus mendapatkan perhatian, tidak mungkin bukan kita meninggalkannya di jalan. Hal yang kadang lebih membuat panik adalah saat mogok di jalan tol. Padahal di jalanan tersebut banyak Mobil yang jalannya ngebut.

Jadi di jalan tol merupakan jalanan bebas hambatan yang memang ditujukan untuk pengendara agar cepat sampai tujuan. Meskipun saat masuk diharuskan membayar biaya tapi jalanan yang disuguhkan sangat terawat dan dapat memacu kendaraan dengan lebih cepat. Jika Mobil Anda mogok di jalan tol sebaiknya melakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Tetap dalam kondisi tenang

Ketika Anda mengalami hal yang tidak menyenangkan yaitu Mobil mogok sebaiknya tahan emosi Anda. Tetaplah tenang dan berfikirlah dengan jernih supaya mampu untuk berfikir apa yang harus dilakukan. Kebanyakan orang saat terjadi masalah tersebut malah kebingungan dan panik. Padahal hal tersebut bisa membuat otak kita tidak bisa berfikir dengan jernih.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang meneppon di depan mobil biru dengan kap terbuka

Tetap tenang membuak pengemudi bisa berfikir dengan benar

2. Menepikan Mobil

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menepikan Mobil. Tujuannya adalah tidak menghalangi pengendara lain yang sedang melaju. Saat mesin Mobil mati segera tekan pedal kopling dan tepikan Mobil Anda sampai berada di paling pinggir. Namun jika sudah berhenti di posisi masih di jalan, maka sebaiknya di dorong sampai ke pinggir. Apabila tidak dikhawatirkan dapat ditabrak kendaraan lain yang sedang melaju.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna putih sedang berhenti di pinggir jalan dan segitiga pengaman

Menepikan Mobil saat mogok untuk menghindari tabrakan

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Kapan Waktu Yang Baik Untuk Mengganti Ban Mobil

3. Menyalakan lampu hazard

Setelah menepikan Mobil atau masih berada di jalanan sebaiknya menyalakan lampu hazard. Tujuannya adalah memberitahukan pengendara lain bahwa Mobil Anda sedang mengalami masalah yang serius. Jika kondisi malam hari, sebaiknya menambahkan lampu kecil supaya bisa dilihat pengendara lain yang melintas.

Gambar ini menunjukkan sebuah segitiga pengaman di belakang mobil warna silver dengan lampu hazard menyala

Lampu hazard memberi tanda bahwa mobil sedang bermasalah

Saat Anda menyalakan lampu hazard, maka pengendara lain akan berpindah jalur. Yang sebelumnya di sebelah kiri akan langsung berpindah ke jalur kanan supaya tidak menabrak atau menyrempet Mobil Anda.

4. Memasang segitiga pengaman

Langkah selanjutnya adalah memasang segitiga pengaman. Jadi jangan sampai lupa membawa benda yang terbilang berharga ini. Tujuannya untuk memberi tanda bahwa Mobil Anda sedang mogok. Untuk jarak pemasangannya adalah minimal 10 meter dari bodi belakang. Sedangkan jika di arah samping Mobil jaraknya 30 sampai 50 sentimeter tergantung lebar jalan.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil di belakang mobil warna silver yang terlihat buram

Segitiga memiliki peranan penting saat mobil mogok

Namun hal tersebut tidak berlaku jika jalanan sedang padat. Cukup berikan jarak 5 meter saja untuk belakang supaya tidak memakan banyak ruang, mengingat padatnya kendaraan bisa menjadikan pengendara lain naik darah.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate informasi harga Mobil terbaru

5. Keluar dari Mobil

Hal yang harus dilakukan saat mogok di jalan tol adalah keluar dari Mobil. Pengemudi atau penumpang diharapkan untuk keluar dan menghirup udara segar. Selain itu apabila terjadi tabrakan dari arah belakang maka sudah tidak ada penumpang di dalam kendaraan. Karena resiko yang dihasilkan jika terjadi masalah tersebut sangat parah. Ditambah lagi kadang ada pengendara yang masih menggunakan bahu jalan saat jalanan sedang padat.

Gambar ini menunjukkan seorang polisi bersama sebuah keluarga di pinggir jalan depan mobil warna merah

Keluar dari Mobil saat Mobil mogok di jalan tol demi keamanan

6. Menghubungi Mobil derek

Hal terakhir yang perlu dilakukan apabila Mobil mogok di jalan tol adalah menghubungi Mobil derek. Anda bisa menghubungi pengelola jalan tol. Atau jasa derek yang Anda kenal dan berlokasi di dekat Anda mengalami masalah tersebut.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil derek warna biru dan kuning

Panggil Mobil derek apabila kendaraan anda mogok di jalan tol

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips & trik lainnya

Demikianlah informasi yang dapat Saya sampaikan tentang langkah tepat saat Mobil mogok di jalan tol. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International