Langkah Tepat Mengatasi Rem Mobil Matic Blong Di Jalan Menurun atau Datar

06/03/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Semakin berkembangnya jaman semakin canggih pula teknologi yang disematkan pada kendaraan. Salah satunya adalah penggunaan sistem transmisi pada Mobil, yang dimana sebelumnya transmisi yang digunakan adalah manual dan sekarang sudah terdapat automatic. Bahkan saat ini kendaraan dengan transmisi matic lebih banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyamanan saat mengemudi Mobil. Namun bagaimana cara mengatasi rem Mobil matic blong saat berkendara.

Rem blong pada Mobil yang terjadi sat dalam perjalanan, pasti dapat menjadikan panik dan merasa kebingungan. Terkadang pengemudi sudah dihantui dengan akibat yang terjadi jika mengalami tabrakan atau terjerumus ke jurang akibat rem blong. Padahal hal tersebut berakibat kurangnya daya konsentrasi saat mengambil langkah yang tepat jika rem pada Mobil matic tidak berfungsi. Dengan melihat kondisi tersebut perlu diketahui langkah yang tepat untuk mengatasi rem Mobil matic blong di tengah jalan.

Gambar ini menunjukkan mobil yang sedang dikemudikan di jalanan menurun dengan angkutan umum warna hijau di depan

Saat rem mobil matic blong yang harus dilakukan pertama kali adalah rileks

Nah berikut ini merupakan langkah supaya dapat menghentikan Mobil matic yang mengalami kegagalan pada fungsi sistem pengereman.

Adapun langkah pertama saat diketahui bahwa rem Mobil blong adalah menghidupkan lampu hazard terlebih dahulu. Hal ini digunakan sebagai tanda bahwa Mobil yang dikendarai sedang mengalami masalah. Namun yang paling penting adalah kondisi pengemudi sendiri. Saat mengetahui bahwa rem Mobil matic tidak berfungsi sebaiknya jangan panik, akan tetapi tetaplah rileks. Karena jika gugup maka pengemudi akan bingung langkah apa yang harus diambil.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil hitam merek Hyundai dengan lampu Hazard menyala

Menyalakan lampu hazard sebagai tanda bahwa mobil sedang dalam masalah

>>> Mungkin tertarik Tips Mengatasi Rasa Bosan Saat Perjalanan Jauh Bersama Keluarga

Tahap selanjutnya setelah menyalakan lampu hazard adalah memindahkan tuas transmisi dari D menuju ke S atau 2. Jadi kalau tidak ada angka 2 pada tulisan di tuas transmisi biasanya digantikan dengan huruf S. Setelah tuas transmisi sudah berada pada posisi 2 maka perlahan kecepatan mesin akan berkurang. Jadi setelah berada pada posisi 2 akan terasa ada penghambat yang membantu mengurangi laju kendaraan.

Gambar ini menunjukkan tangan pengemudi sedang menurunkan tuas perseneling mobil

Memasukkan gigi transmisi pada posisi 2 atau S untuk mengurangi sedikit laju mobil

Pada saat tuas berada pada posisi 2 Mobil akan tetap melaju, hanya saja kecepatannya sudah berkurang. Setelah itu pindahkan posisi tuas transmisi menuju ke gigi terakhir yakni pada posisi L. Yang dimana posisi tersebut merupakan gigi terendah pada Mobil matic. Jika diibaratkan pada Mobil manual adalah gigi 1. Setelah Anda memindahkannya pada posisi L maka kecepatan Mobil akan berkurang. Apabila posisi tuas sudah di L laju Mobil tidak begitu cepat namun masih tetap berjalan.

Gambar ini menunjukkan tangan pengemudi sedang memindahkan posisi tuas transmiosi menuju gigi terendah

Memindahkan posisi tuas transmisi pada posisi L agar dapat melaju dengan pelan

Untuk tahap terakhir dalam mengatasi rem Mobil matic blong adalah dengan menarik hand break atau hand rem secara perlahan. Jika sudah sampai pada tahap ini Anda bisa melanjutkan perjalanan sampai ke bengkel terdekat atau memilih berhenti di pinggir jalan, semuanya terserah Anda. Jika lebih mementingkan keamanan sebaiknya meminggirkan Mobil Anda dan mencari bengkel terdekat supaya dapat memperbaiki rem Mobil Anda.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate info harga Mobil terbaru

Gambar ini menunjukkan tangan pengemudi sedang menarik tuas hand rem

Menarik tuas hand rem secara perlahan untuk memberhentikan laju kendaraan

Cara mengatasi rem Mobil matic blong ini dapat dilakukan baik di jalan lurus ataupun turunan. Mungkin jika dilakukan di jalan yang lurus akan lebih mudah, karena proses pengurangan kecepatan lebih cepat.

Adapun hal paling penting saat mengatasi rem yang tidak berfungsi adalah selalu jaga konsentrasi saat mengemudi dan tetap rileks. Karena jika gugup maka akan kebingungan mengambil langkah yang harus dilakukan supaya dapat memberhentikan mobilnya. Selain itu Anda juga bisa membunyikan klakson Mobil saat terjadi masalah yang cukup gawat tersebut. Hal ini bertujuan supaya dapat memberikan jalan kepada kita dan bisa leluasa melakukan langkah di atas dengan semestinya.

Demikianlah langkah untuk mengatasi rem Mobil matic blong di tengah jalan. Semoga bermanfaan dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips & trik terbaru

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International