Kredit Mobil Ditolak, Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

14/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Zaman sekarang semuanya dipermudah seperti saat ingin membeli mobil. Jadi terdapat 2 opsi pembelian yaitu dengan cara cash dan kredit. Namun sekarang banyak yang membeli mobil dengan sistem kredit karena mempunyai banyak kelebihan seperti uang yang dibutuhkan untuk DP sedikit. Tapi kadangkal kredit mobil ditolak karena beberapa alasan.

Kredit mobil merupakan cara cepat membeli mobil, hal tersebut dikarenakan uang yang perlu disiapkan lebih sedikit untuk DP saja. Setelah itu pembeli melakukan pembayaran cicilan bulanan dengan batas waktu yang telah disepakati bersama. Jadi pertimbangan kebutuhan bulanan, bayar cicilan dan gaji harus diatur dengan baik supaya tidak terkendala masalah ekonomi ataupun cicilan yang nunggak. Disamping hal tersebut kredit mobil ditolak bisa dialami oleh siapapun.

Gambar ini menunjukkan 3orang melihat sebuah kertas

Membeli mobil sistem kredit hanya perlu membayar DP di awal dan selanjutnya cicilan bulanan

>>> Baca Juga, Tips Memilih Skema Pembayaran Kredit Saat Beli Mobil

Jika saat mengajukan kredit mobil ditolak, tentunya akan ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan alasan. Daripada penasaran, berikut ini merupakan beberapa penyebab mengapa kredit mobil bisa ditolak.

1. Syarat-Sayarat Yang Dibutuhkan Kurang Lengkap

Pada saat melakukan pengajuan kredit biasanya akan ada syarat yang perlu dipenuhi seperti beberapa dokumen yang dimiliki. Beberapa diantaranya seperti buku rekening, fotocopy KTP, bukti pembayaran pajak numi dan bangunan serta slip gaji. Apabila beberapa syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan kedit tidak terpenuhi maka pengajuan kredit tidak dapat dilakukan pemrosesan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa syarat pengajuan kredit di salah satu diler Honda

Persyaratan yang lengkap dapat berkesempatan besar kredit mobil diaprove

>>> Baca Juga, Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

2. Calon Pengkredit Tidak Koperatif

Selain syarat yang perlu dipenuhi, terdapat beberapa prosedur yang dijalankan  sebelum nantinya proses pengajuan kredit diaprove oleh pihak leasing ataupun bank. Umumnya survey akan dilakukan oleh petugas ke tempat tinggal atau kantor calon kreditur. Dalam hal ini usahakan untuk selalu mengangkat telepon apabila mendapatkan panggilan dari pihak bank atau leasing. Sobat juga perlu meluangkan waktunya sejenak untuk menemui petugas saat melakukan survey di rumah.  Jika tidak maka bisa saja kredit mobil ditolak karena survey tidak dapat dilakukan oleh petugas.

3. Orang Yang Mengajukan Kredit Terkena Blacklist Bank Indonesia

Adapun alasan terakhir bisa membuat pengajuan kredit ditolak adalah adanya masalah yang ditemukan pada sistem Bank Indonesia (BI). Umumnya masalah yang tertera berhubungan dengan keuangan calon kreditur. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh calon kreditur yanhh belum melunasi tagihan kredit atau pernah nunggak cicilan yang dilakukan sebelumnya dan faktor lainnya. Apabila hal tersebut terjadi maka nama seseorang bisa masuk dalam Blacklist Bank Indonesia.

Jika nama sudah tercantum dalam Blacklist BI maka kemungkinan besar saat mengajukan kredit di pihak leasing atau bank akan ditolak. Agar bisa diterima maka perlu melakukan pelunasan hutang yang belum dibayar, setelah itulah baru bisa mengajukan kredit kembali.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang melihat kertas di depan laptop

Hitung kebutuhan bulanan sebelum membeli mobil agar tidak nunggak cicilan

Oleh sebab itu kami sarankan sebelum melakukan pembelian dengan sistem kredit diharapkan memperhitungkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Dengan begitu saat akan melakukan kredit kembali akan diterima tanpa ada masalah dengan memenuhi persyaratan dan prosedur yang diberlakukan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kredit mobil ditolak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International