Klaim Banjir Tidak Disetujui, Ini Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

12/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Awal tahun 2020 di beberapa daerah dihadapkan dengan banjir. Hal tersebut membuat seseorang yang memiliki mobil dan belum mempunyai asuransi untuk mendaftarkan mobilnya agar dapat dilindungi oleh perusahaan asuransi. Namun sebelumnya pahami dulu tentang asuransi karena bisa saja klaim asuransi mobil ditolak karena beberapa alasan.

Jadi tidak semua klaim diterima, sehingga pemilik yang ingin mendaftarkan mobilnya di perusahaan asuransi sebaiknya bertanya kepada petugas mengenai apa saja yang ditanggung pihak asuransi. Dengan begitu nantinya akan diarahkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik mobil tersebut. Tujuannya agar tidak mengalami klaim asuransi mobil ditolak saat melakukan klaim.

Gambar ini menunjukkan 2 orang dan 2 petugas sedang berbincang

Klaim asuransi kendaraan bisa saja ditolah pihak asuransi

Berkaitan dengan penolakan asuransi saat klaim, berikut beberapa indikator atau alasannya yang dilansir dari laman resmi Toyota:

>>> Baca Juga, Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Rate Asuransi

1. Tidak Melakukan Perluasan Pertanggungan Banjir

Apabila Sobat ingin pertanggungan bencana alam atau yang disebut juga dengan Act of God maka polis asuransi perlu dilakukan perluasan. Dengan begitu saat melakukan klaim ketika mobil terendam banjir tidak akan ditolak. Adapun perluasan yang dilakukan adalah sebuah penambahan, pada umumnya untuk premi asuransinya akan bertambah sekitar 0,3% dari nilai kendaraan yang diasuransikan.

2. Melakukan Pelanggaran Terhadap Pasal Yang Terdapat Dalam Perjanjian Polis Asuransi

Alasan klaim asuransi mobil ditolak saat banjir adalah pemilik mobil melakukan pelanggaran pada pasal dalam perjanjian. Kalau melihat dari polis asuransi  standar kendaraan bermotor yang tertera dalam pasal 4 ayat 4 menyebutkan, bahwasanya dari pihak asuransi sebagai penanggung tidak akan menjamin apabila kerusakan yang terjadi karena kendaraan dikemudikan dengan paksa, meskipun secara teknis tidak layak jalan.

Adapun maksud dari perjanjian tersebut adalah apabila mobil mengalami kerusakan karena pelanggan menerobos banjir dengan sengaja.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil menerjang banjir

Pemilik mobil tidak boleh sengaja menerjang banjir agar asuransi tidak ditolak

>>> Baca Juga, Mobil Yang Diasuransikan Terkena Banjir, Apakah Langsung Di Cover Pihak Asuransi?

3. Dokumen Kurang Lengkap Atau Tidak Ada

Pada saat melakukan pengajuan klaim, salah satu syarat wajibnya adalah dokumen harus lengkap. Apabila dokumennya ternate kurang lengkap dan tidak dapat teridentifikasi maka sebaiknya melakukan pengurusan ke Kepolisian karena dokumen yang dimiliki mengalami kerusakan karena banjir. Tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk memastikan kendaraan yang sedang ingin diklaim asuransi adalah benar milik pelanggan serta dapat keterangan pemilik dan juga sebagai coverage klaim yang dijadikan aset pelanggan.

4. Telah Melewati Batas Waktu

Pada saat klaim dilakukan setelah melebihi batas waktu yang telah ditentukan dalam polis asuransi maka klaim akan ditolak. Dalam hal ini berhubungan dengan pengurusan dan pelaporan klaim yang dilakukan oleh pelanggan. Apabila melihat dari laman Garda Oto, bahwasanya untuk melakukan klaim asuransi perlu dilakukan pengurusan dengan segera, karena untuk batas waktunya hanya diberlakukan dalam 3x24 jam.

5. Polis Yang Dilakukan Tidak Sedang Dalam Masa Tunggu

Dalam hal ini, yang dimaksudkan mata tunggu adalah periode tertentu sesudah polis asuransi diterbitkan. Untuk durasinya umumnya adalah 1 bulan setelah klausal ditandatangani. Jadi maksudnya adalah, setelah melakukan pendaftaran perluasan banjir ada durasi waktu 1 bulan agar klaim dapat disetujui oleh pihak asuransi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil di towing dan 2 orang bersalaman

Saat asuransi di aprove tentu akan lebih tenang

6. Lapse (Polis Sedang Tidak Aktif)

Adapun alasan klaim asuransi mobil ditolak yang terakhir adalah polis sudah tidak aktif. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun salah satunya adalah polis yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak kontraknya telah habis dan belum diperpanjang.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca