Ketahui Syaratnya Sebelum Menyewa Mobil Untuk Mudik Lebaran

21/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Sekarang semuanya dipermudah dengan adanya jalan tol di mana-mana. Kemudahan ini mempunyai dampak positif dan negatif. Adapun hal positif yang didapatkan adalah dapat mencapai tujuan lebih cepat. Apalagi saat mudik lebaran, tentunya ingin segera sampai kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Bagi yang tidak mempunyai mobil jangan berkecil hati, sobat bisa menyewa mobil untuk mudik.

Dalam menyewa mobil untuk mudik terdapat beberapa syarat yang biasanya diberikan oleh perusahaan sewa. Hal tersebut tentunya demi keamanan dan rasa nyaman kedua belah pihak yakni yang menyewakan dan penyewa.

Gambar ini menunjukkan banyak mobil dan terdapat satu orang sedang bediri

Ingin mudik bisa sewa mobil agar lebih nyaman

>>> Baca Juga, Waspada, Puasa Lebih Mudah Mengantuk Saat Mengemudi

Memang saat menjelang lebaran masyarakat lebih memilih hal tersebut, sehingga tidak heran apabila penyewaan kendaraan mengalami peningkatan. Walaupun sebenarnya dari pihak pemberi sewa sudah memberikan syarat yang sangat ketat, apalagi bagi penyewa yang menggunakan sistem lepas kunci atau tidak bersama sopirnya saat menyewa.

Berkaitan masalah tersebut, dari pihak Andi Sulardi selaku pemilik rental mobil PT Cililitan Utama Jaya mengungkapkan. Bahwasanya syarat yang diberikan memang sangat ketat, tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya tindak kriminal seperti mobil yang disewa dibawa kabur.

"Persyaratan sewa mobil, terbagi menjadi dua yaitu lepas kunci dan pakai sopir. Untuk sopir sendiri, foto copy KTP suami dan istri, orang tua, kartu tanda anggota (KTA), tanda pegawai, atau SIM (sesuai alamat tempat tinggal). kemudian fotokopi kartu keluarga," jelas Andi ketika berada di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Dari pihak Andi melanjutkan, bahwasanya untuk menyewa mobil untuk mudik dengan metode lepas kunci persyaratannya meliputi rekening listrik, fotokopi PBB dan rekening telepon. Selain itu persyaratan lainnya adalah penyewa harus mempunyai rumah sendiri atau terdapat pemilik rumah yang mau menjaminnya.

"Nanti, setelah itu baru disurvei, bisa atau tidak menyewa mobil," tegasnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah kunci yang diletakkan di atas kertas

Terdapat persyaratan yang perlu disiapkan untuk kenyamanan

>>> Baca Juga, Tips Berkendara Selama Puasa Ala Dokter

Sedangkan untuk yang memakai sopir syaratnya lebih mudah yakni fotocopy KTP, nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi. Apabila tidak ada maka akan dilakukan survei. Apabila meninggalkan jaminan berupa motor atau mobil maka STNK harus menggunakan  nama penyewa bukan kendaraan milik orang lain.

"Untuk syarat lain, segala kerusakan kendaraan ditanggung penyewa, pemakaian non paket (- lima hari) harga ditentukan kurang lebih satu hari sebelum sewa, dan lainnya," pungkasnya.

Dalam menyewa mobil untuk mudik, penyewa perlu membayar full atau DP. Namun saat melakukan pengambilan mobil perlu melunasi kekurangan uang sewa. Memang terlihat ribet, akan tetapi hal tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama. Namun bagi yang pernah menyewa mobil, hal tersebut terkesan biasa.

Jadi bagi sobat yang baru pertama ingin menyewa sebuah kendaraan untuk digunakan melakukan perjalanan mudik. Sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu syarat-syaratnya. Umumnya setiap perusahaan yang menyewakan kendaraan persyaratannya hampir sama, kadang ada yang lebih ketat dan ada yang lebih ringan.

Selain persyaratan, dana juga perlu disiapkan, mengingat dalam penyewaan tidak hanya 1 hari namun beberapa hari. Oleh sebab itu pertimbangkan dengan matang dan mendatangi beberapa penyedia mobil sewaan untuk dilakukan perbandingan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kunci

Sewa mobil metode lepas kunci dan dengan dengan sopir memiliki syarat berbeda

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai persyaratan menyewa mobil untuk mudik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca