Ketahui Pengertian Fitur Vehicle Stability Control Dan Fungsinya

30/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Setiap mobil seharusnya disematkan dengan fitur yang bernama Vehicle Stability Control (VSC) atau kontrol kestabilan. Pasalnya vehicle stability control memiliki tanggung jawab penting untuk mencegah mobil tergelincir saat dikemudikan terutama ketika musim hujan.

Mencegah terjadinya kecelakaan tidak juga hanya bisa dilakukan dengan menjaga perilaku berkendara, namun harus didukung oleh VSC. Sebenarnya, apa itu fitur Vehicle Stability Control?  Berikut pengertian vehicle stability control seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Gambar ini menunjukkan mobil melaju tampak belakang

Fitur yang diberikan pada mobil mendukung keselamatan berkendara

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur VFC Power Steering Pada Toyota Hilux Dan Fortuner

Pengertian Fungsi Fitur Vehicle Stability Control

Pengertian VSC yaitu sebagai salah satu fitur pada mobil yang mampu mengurangi kesalahan yang dibuat pengemudi dengan cara selektif baik dalam keadaan melaju atau sedang menghadapi kondisi jalan yang tidak bersahabat. Tujuannya menjaga pergerakan mobil tetap stabil.

Detailnya, Vehicle Stability Control berfungsi melindungi putaran roda sehingga tidak terjadi selip ketika mobil berakselerasi. Gejala slip biasanya terjadi karena permukaan aspal yang dilintasi licin sehingga roda yang berputar tidak memiliki daya gesek yang cukup.

Selain itu, VSC juga dapat memegang peranan pada fungsi rem. Ketika roda yang mengalami overspin, alat ini akan memanfaatkan sensor pendeteksi kecepatan putaran roda. Lalu, sensor tersebut akan mengatur torsi agar pas sehingga roda tidak mengalami slip.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara kerja fitur VSC

Fitur VSC mencegah mobil keluar jalur saat melewati belokan

>>> Baca Juga, Mengetahui Fungsi Fitur Isofix Pada Jok Mobil Dan Pengertiannya

Fitur Vehicle Stability Control pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1995 dengan mobil-mobil seperti Mercedes Benz, BMS hingga Toyota yang mencicipi pertama kali. Hingga saat ini setiap mobil memiliki namanya sendiri untuk penyebutan VSC. Ada yang menamai Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Stability Program (ESP) atau VSC. Namun secara fungsi, tetap sama.

Cara kerja Vehicle Stability Control sederhananya memonitoring data melalui sensor kemudi. Data Awal yang diolah sistem adalah input sudut putaran kemudi yang dilakukan pengemudi. Ketika putaran sudut kemudian yang tiba-tiba berubah ketika belok dan ban kehilangan traksi maka sistem VSC akan langsung bekerja.

Dengan mengaktifkan VSC, diklaim dapat mereduksi kecelakaan mobil tunggal hingga 35% pada mobil sedan sedangkan SUV sebanyak 67%, sehingga mobil tidak mudah berada dalam keadaan oversteer atau understeer ketika menikung akibat kesalahan putaran kemudi serta menghadapi jalanan yang licin.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melewati tikungan

Saat VSC diaktifkan maka dapat mereduksi kecelakaan

Biasanya tombol on/off VSC terletak di bagian diletakkan di dekat kotak sekring berdekatan dengan komputer VSC yaitu pada bagian jendela mobil kemudi.

Itulah pengertian dan fungsi fitur Vehicle Stability Control pada mobil. Sehingga dengan fungsi dan manfaat tersebut dapat mengurangi kecelakaan di jalan. Meski memiliki tombol on/off pastikan alat ini tetap nyala ya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya
    Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya Abdul Tips & trik mobil

    Industri otomotif di Indonesia terus mengalami perkembangan. Hal ini didasari dari penjualan kendaraan khususnya mobil yang setiap tahun berkembang pesat. Dari beragam mobil yang tersedia, mobil MPV jadi salah satu mobil yang digemari di Indonesia, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Terlebih, produsen-produsen mobil dari sejumlah negara membanjiri pasar otomotif di tanah air dengan berbagai produk MPV terbaru.

  • Jangan Salah, Ini Tips Jual Beli Mobil Bekas Bisa Untung Dapat Dicoba
    Jangan Salah, Ini Tips Jual Beli Mobil Bekas Bisa Untung Dapat Dicoba Abdul Tips & trik mobil

    Banyak alternatif yang bisa dipilih untuk menambah pundi-pundi rupiah. Selain bekerja kantoran kamu juga bisa membuka usaha sendiri, salah satu pilihan usaha yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang saat ini adalah jual beli mobil bekas.

  • Beberapa Jenis Rem Tangan Pada Mobil Sebagai Tambahan Informasi
    Beberapa Jenis Rem Tangan Pada Mobil Sebagai Tambahan Informasi Abdul Tips & trik mobil

    Keberadaan rem tangan atau rem parkir dalam mobil merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena rem tangan memiliki fungsi yang sangat krusial. Mencegah mobil bergerak dengan sendirinya saat parkir membuat keberadaan rem tangan menjadi alat bantu yang membuat mobil tetap di tempat. Terdapat beberapa jenis rem tangan dengan fungsi yang sama.

International