Ketahui Gejala Mesin Mobil Ngelitik Untuk Antisipasi Biar Mobil Tetap Nyaman

08/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Saat mesin mobil ngelitik jangan menghiraukannya. Hal tersebut dikarenakan ada konsekuensi yang didapat dan berhubungan dengan performa, daya tahan mesin sampai ke konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu mengetahui gejala mesin mobil ngelitik diperlukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mesin mobil ngelitik disebut juga dengan nama engine knocking. Kadang masalah ini kerap disepelekan oleh pemilik mobil. Padahal akan ada resiko jangka panjang yang bisa datang akibat masalah tersebut jika dibiarkan mesin dalam kondisi tersebut. Selain itu keausan pada komponen internal juga bisa menjadi lebih parah  sehingga perlu benar-benar membutuhkan perhatian. Dengan mengetahui gejala mesin mobil ngelitik dapat segera dilakukan penanganan sehingga tidak bertambah parah.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi ruang pembakaran yang normal dan knocking

Mesin ngelitik bisa karena pembakaran yang tidak sempurna

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin

Jadi terjadinya mesin ngelitik bisa disebabkan oleh pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak sempurna. Sehingga getaran  akan timbul pada saat mesin mobil melakukan kinerjanya. Memang dengan adanya masalah ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

“Lebih detailnya, ngelitik terjadi akibat bahan bakar terbakar sebelum waktunya di dalam mesin. Sehingga selain tidak optimal, juga membuat kerja mesin semakin berat,” sahut Raihan dari bengkel PF Motorsport di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Adapun efek yang dihasilkan dan langsung terasa ketika terjadi gejala mesin mobil ngelitik adalah performa mesin yang mengalami penurunan. Dampak lainnya yang dirasakan adalah konsumsi bahan bakar yang terasa lebih cepat habis atau boros.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil dengan banyak komponen di dalamnya

Mesin ngelitik akan mengganggu kenyamanan berkendara

>>> Baca Juga, Penyebab Kebocoran Oli Pada Mobil, Sobat Perlu Waspada!

Untuk penyebab gejala mesin mobil ngelitik sendiri bisa terlihat dari berbagai sisi, namun yang paling umum adalah bahan bakar yang digunakan tidak sesuai atau oktan bahan bakar tidak pas dengan kebutuhan mesin mobil. Hasilnya pembakaran yang terjadi di ruang bakar mesin jadi tidak sempurna.

Memang pada mobil modern saat ini telah diberikan teknologi anti knocking yang bisa membuat mesin melakukan adaptasi terhadap bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi. Untuk prosesnya adalah dengan melakukan perhitungan derajat timing mesin secara otomatis yang disesuaikan dengan tingkat oktan bahan bakar yang dipakai. Dengan begitu mesin ngelitik bisa diminimalisir.

“Namun tetap resiko mesin ngelitik tetap terjadi, seperti penurunan performa hingga keausan mesin lebih parah dalam jangka waktu panjang,” ujar pehobi game ini.

Jadi untuk solusinya cukup mudah yaitu dengan memakai bahan bakar dengan tingkat oktan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Hal ini menjadi langkah yang ampuh untuk menghindari masalah mesin ngelitik.

 “Umumnya mesin mobil modern membutuhkan bahan bakar minimum dengan tingkat oktan 92,” pungkas Raihan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa alat pengisi bahan bakar di SPBU

Gunakan bahan bakar sesuai dengan oktan yang direkomendasikan

Tidak hanya itu saja, mesin ngelitik juga bisa dipengaruhi oleh kondisi dari komponen permesinan pada mobil. Oleh sebab itulah disarankan untuk melakukan perawatan mobil secara berkala agar terhindar dari beberapa masalah yang bisa terjadi. Dengan melakukannya maka mobil akan lebih maksimal dalam bekerja dan umurnya juga lebih lama.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala mesin mobil ngelitik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca